DAIK Umsida

DAIK Umsida Serahkan Dana Kurban Sebesar Rp 15 Juta Kepada PCM Sedati

Umsida.ac.id – Direktorat Al Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (DAIK Umsida) menyerahkan dana kurban sebesar lima belas juta rupiah kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sedati pada Jumat malam, (14/0/2024).

Baca juga: 3 Dosen Umsida Dampingi Sertifikasi Halal dan Keuangan Digital pada Wirausaha Muhammadiyah Sidoarjo

Program DAIK Umsida

Kunjungan tim DAIK Umsida ini disambut hangat oleh ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota PCM Sedati. Bertempat di kantor PCM Sedati, dana kurban ini diserahkan langsung oleh Dr Muadz MAg kepada ketua PCM Sedati, Arifin Hariyanto ST. Penyaluran dana merupakan salah satu rangkaian program Dakwah Terpadu DAIK Umsida.

DAIK Umsida

Dr Muadz mengatakan bahwa penyaluran ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dan mempererat tali silaturahmi antar ikatan Muhammadiyah sekaligus menjalankan visi Umsida. Ia menjelaskan, “Dari program dakwah terpadu ini, ada beberapa kegiatan di didalamnya, salah satunya untuk membantu PCM atau ranting yang membutuhkan,”ucapnya.

Selain itu, sambung Dr Muadz, kegiatan ini juga merupakan implementasi visi Umsida untuk menjadi perguruan tinggi unggul yang diharapkan bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui IPTEKS. 

Terkait penyaluran dana kurban ini terhimpun dari anggaran yang sudah dibuat sebelumnya. Dana tersebut nantinya akan dibagi sesuai dengan program dakwah terpadu lainnya.

“Jadi dana itu berasal dari satu paket anggaran yang kami laksanakan secara rutin. untuk nominalnya, kami akan melihat kondisi sasaran yang dinamis. Komponen-komponennya akan kita hitung berdasarkan kebutuhan tiap daerah sasaran,” tutur Dr Muadz.

Laksanakan Dakwah Terpadu di 2 tempat 

Untuk saat ini, DAIK Umsida menjalankan program Dakwah Terpadu di dua tempat sekaligus, yakni di Sukodono dan Sedati. Di Sukodono, kegiatan difokuskan saat hari raya Idul Adha. Sedangkan di Sedati, rangkaian kegiatan dilaksanakan sekitar satu bulan.

Dalam pemilihan wilayah, Dr Muadz menjelaskan bahwa target utamanya adalah perserikatan yang terdekat dari Umsida, dalam artian di wilayah PCM yang ada di lingkungan Sidoarjo. Sedangkan tahun-tahun sebelumnya, DAIK Umsida telah melaksanakan kegiatan ini di Jabon, Sukodono, dan tahun ini di Sedati.

Baca juga: MBKM KKN-T Umsida di Desa Wonosunyo Hidupkan Lagi Kampung Samiler dan Buat Sertifikat Halal untuk UMKM

Ia mengatakan, “Tentu jika nanti kita berhasil dan konsisten melaksanakan kegiatan ini, maka kami bisa berkontribusi untuk masyarakat lebih luas dan mengembangkan syiar dakwah Muhammadiyah secara umum,”.

DAIK Umsida berencana untuk mengembangkan kegiatan ini hingga di luar daerah Sidoarjo. Sebelumnya, DAIK Umsida sudah merencanakan untuk melakukan dakwah terpadu di daerah Lumajang. Namun karena ada kendala teknis, sehingga pelaksanaannya akan direncanakan ulang secara matang agar bisa terselenggara kedepannya.

DAIK Umsida

Sementara itu, Arifin Hariyanto, kepala PCM Sedati sangat mengapresiasi gerakan dakwah terpadu DAIK Umsida. Terlebih, penyaluran dana ini merupakan kali pertama yang diberikan oleh Umsida.

“Sekitar tiga hari lalu, Umsida menghubungi kami untuk menjalin silaturahmi dalam rangka pelaksanaan Dakwah Terpadu. kami sangat berterima kasih kepada Umsida yang telah memilih kami sebagai sasaran berbagai programnya. Alhamdulillah kedatagan ini sangat kami apresiasi,” ucap Arifin.

Untuk pembagian dana kurban sendiri, Arifin menjelaskan tentang teknis pembagian kepada tiap ranting. “Jadi ketika kami dipilih menjadi sasaran dakwah terpadu, kami langsung mendata ranting mana yang sekiranya membutuhkan program ini. Karena tanpa ranting, PCM tidak bisa berkembang dengan pesat,”

Arifin menjelaskan bahwa di wilayah ini telah memiliki sembilan ranting dari enam belas desa yang ada di Sedati. Sembilan ranting tersebut memiliki enam masjid dan satu buah mushola. Dan hampir semua tempat tersebut tiap tahunnya bisa melaksanakan kurban. 

Dari hal tersebut membuat Arifin menyadari bahwa Muhammadiyah merupakan organisasi yang mandiri, bisa berjalan tanpa ada campur tangan pihak luar. Jamaah internal Muhammadiyah telah memahami arti pengorbanan yang ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Fortawa 2023: Berikan Dana Sebesar 1,4 M Beasiswa untuk Maba

“Mudah-mudahan gerakan Dakwah Terpadu ini bisa menghasilkan kesimpulan yang bagus. Nanti dana ini akan kami alokasikan kepada ranting yang mungkin kurang kami perhatikan agar pelaksanaan kurban bisa merata,” ucapnya.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By