mahasiswa melek akan pelayanan publik 1

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Diskominfo Sidoarjo Ajak Mahasiswa Umsida Berani Bersuara

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Sidoarjo mengajak mahasiswa untuk bersuara terkait hak-hak mereka dalam hal pelayanan publik.

Lihat juga: Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama

Hal tersebut dilaksanakan dalam bentuk diskusi bersama bertajuk Soal Layanan Publik : Kenali SP4N Lapor!, Call Center, dan PPID “Jadi Mahasiswa Melek Informasi, Berani Suara, Peduli Pelayanan Publik”.

Mengundang salah satu Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo, Founder Explore Sidoarjo, dan beberapa pihak Diskominfo sebagai narasumber, kegiatan ini dilaksanakan di Aula KH Mas Mansyur dan dihadiri sekitar 250 mahasiswa.

Pentingnya Literasi Pelayanan Publik di Kalangan Mahasiswa

mahasiswa melek akan pelayanan publik 1

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sidoarjo, M Wildan SS mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai ruang belajar dan diskusi santai namun bermakna.

“Kami ingin mengenalkan kepada mahasiswa tentang hak-hak mereka dalam layanan publik, serta sarana apa saja yang bisa digunakan untuk menyampaikan aspirasi, laporan, dan permintaan informasi,” terangnya.

Lantas, ia menjelaskan lebih rinci maksud dan tujuan menggandeng Umsida dalam menggelar diskusi ini. 

Yang pertama, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan literasi mahasiswa terkait layanan pengaduan dan informasi publik dan mendorong penggunaan SP4N LAPOR!, Call Center, dan PPID oleh kalangan akademisi.

“Kami juga ingin menumbuhkan semangat partisipasi public dalam pengawasan pelayanan publik serta memperkuat sinergi pemerintah dan mahasiswa dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik,” tuturnya dalam memaparkan laporan kegiatan.

Melalui SP4N-LAPOR!, Call Center, maupun PPID, ia mengatakan bahwa  sebagai warga negara, khususnya mahasiswa, memiliki peran penting dalam mengawasi dan ikut serta dalam membangun pelayanan publik yang lebih baik. 

“Kami harap teman-teman semakin melek informasi, tidak ragu bersuara, dan semakin peduli terhadap pelayanan publik,” imbuh Wildan.

Karena menurutnya, perubahan yang besar dimulai dari langkah kecil, dan suara kita adalah salah satu kekuatan itu.

Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

mahasiswa melek akan pelayanan publik 1

Rektor Umsida, Dr Hidayatulloh MSi, menyambut baik adanya diskusi ini. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa pelibatan akademisi dan mahasiswa dalam memahami layanan publik merupakan hal yang sangat penting mengingat keterbukaan informasi saat ini yang tidak bisa dihindari.

Lihat Juga :  Pertemuan Umsida dan Pemkab Sidoarjo, Bahas Kolaborasi Strategis dalam Pengembangan Potensi Daerah

“Kadang-kadang kita juga terlibat dalam arus lalu lintas informasi tersebut. Maka, akan jadi yang penting untuk kita cermati adalah bagaimana informasi yang diterima bisa didistribusikan dengan baik,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa tugas pemerintah adalah memberikan layanan kepada masyarakat. Dan layanan tersebut benar-benar bisa menyentuh kebutuhan masyarakat dan mensejahterakan mereka.

Di antara pemerintah dan masyarakat, katanya, diperlukan peran akademisi dan mahasiswa yang merupakan generasi muda sebagai kelompok agen perubahan.

Menurutnya, masyarakat bisa mengalami transformasi informasi tidak lepas dari peran mahasiswa.

Oleh karena itu, peran mahasiswa sangat penting dalam menjembatani terkait kebijakan pemerintah dengan masyarakat sehingga semua yang dijalankan oleh pemerintah benar-benar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jika ada hal-hal  yang tidak sesuai dengan yang seharusnya di dalam implementasi kebijakan tersebut, maka disitulah pentingnya kehadiran generasi muda untuk berani bersuara.

“Berani bersuara bukan berarti melawan pemerintah. Tapi kita mengkomunikasikan kepada pemerintah bagaimana implementasi kebijakan bisa benar-benar mengangkat kesejahteraan masyarakat,” jelas Dr Hidayatulloh.

Dari diskusi ini, mahasiswa lebih melek informasi dan berani menyuarakan kebenaran. Mereka juga bisa melanjutkan apa yang telah didapatkan dalam diskusi ini agar pemerintah dengan seluruh perangkatnya benar-benar bisa memberikan pelayanan publik yang terbaik.

Jika sinergi antara pemerintah dan lembaga pendidikan bisa dilaksanakan dengan baik maka masyarakat juga akan merasakan dampaknya.  

Selain itu, Rektor Umsida juga berpendapat bahwa Sidoarjo akan bisa menjadi kabupaten yang lebih maju lagi dari daerah lain karena ada sinergitas antara pemerintah lembaga pendidikan.

“Kami harap kerjasama ini bisa dikembangkan lagi. Terlebih saat ini umsida telah menjalin kerjasama dengan banyak dinas yang ada di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo,” ucapnya.

Lihat juga: Umsida dan Perpusnas RI Sepakati MoU, Siapkan Perpustakaan yang Lebih Baik

Menutup sambutan, Dr Hidayatulloh menegaskan bahwa Umsida tidak boleh untuk dirinya sendiri, Umsida harus bisa mendukung kebijakan dan program-program strategis pemerintah yang diproyeksikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

workshop open data Jawa Timur
Open Data Jadi Kunci Analisis Berbasis Bukti dalam Workshop Statistik Sektoral Seri 11
August 25, 2025By
Umsida dan Pemkab Sidoarjo
Pertemuan Umsida dan Pemkab Sidoarjo, Bahas Kolaborasi Strategis dalam Pengembangan Potensi Daerah
August 20, 2025By
Fikes Expertise
FIKES Xpertise, Program Fikes Umsida Edukasi Kesehatan Remaja
August 19, 2025By
BPH Umsida dan BPH Umri
BPH Umsida Sambut Kunjungan BPH Umri, Bahas 3 Topik Ini
August 19, 2025By
Edukasi Kesehatan Reproduksi Fikes Umsida
Fikes Umsida Galakkan Edukasi Kesehatan Reproduksi di SMA An Nur Malang
August 18, 2025By
petugas upacara Umsida di HUT RI ke-80 2
Jadi Petugas Upacara HUT RI ke-80, Mahasiswa Umsida Tunjukkan Semangat Nasionalisme
August 18, 2025By
kesejahteraan Indonesia 1
80 Tahun Indonesia Merdeka dan Kesejahteraan Masih Menjadi Persoalan, Ini Langkah Solutifnya
August 17, 2025By
upacara HUT RI ke 80 Umsida
Upacara HUT RI ke-80, Momen Penguatan Semangat Persatuan dan Kedaulatan
August 17, 2025By

Riset & Inovasi

inovasi bell kuis
Bell Kuis, Inovasi Tim PKM Umsida Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah 5 Porong
August 14, 2025By
pendampingan UMKM Opak Samiler-min
Tingkatkan Optimasi Produksi Opak Samiler, Tim Abdimas Umsida beri Bantuan Mesin
August 13, 2025By
SFMS dosen Umsida
Dosen Umsida Kenalkan SFMS di ITBAD Lamongan, Permudah Manajemen File
August 8, 2025By
alat pasteurisasi susu
Alat Pasteurisasi Susu, Inovasi Dosen dan Mahasiswa Umsida Bantu Mudahkan Peternak
July 31, 2025By
riset dan inovasi DRPM Umsida
Umsida Kembangkan Riset dan Inovasi Melalui Seminar, Pameran, dan Diseminasi dengan 3 Kampus
July 16, 2025By

Prestasi

mahasiswa Umsida juara 2 pencak silat nasional
Raih Juara 2 Nasional, Mahasiswa Ini Tak Hanya Tanding Silat, Tapi Juga Kepemimpinan
August 15, 2025By
Umsida Perguruan Tinggi Swasta Terbaik
Mengenal Umsida, Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Sidoarjo dan Jawa Timur
August 12, 2025By
mahasiswa FPIP Umsida sabet emas pencak silat 6
2 Mahasiswa FPIP Umsida Sabet Emas di Kompetisi Bela Diri Nasional
August 9, 2025By
prestasi atlet psikologi Umsida
Capaian Prestasi Bertambah, Mahasiswa Psikologi Umsida Juara 1 IPSI Malang Championship
August 1, 2025By
FAI Umsida borong juara Malang Championship
3 Mahasiswa FAI Umsida Sabet Juara di Ajang Malang Championship 5
July 30, 2025By