mahasiswa melek akan pelayanan publik 1

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Diskominfo Sidoarjo Ajak Mahasiswa Umsida Berani Bersuara

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Sidoarjo mengajak mahasiswa untuk bersuara terkait hak-hak mereka dalam hal pelayanan publik.

Lihat juga: Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama

Hal tersebut dilaksanakan dalam bentuk diskusi bersama bertajuk Soal Layanan Publik : Kenali SP4N Lapor!, Call Center, dan PPID “Jadi Mahasiswa Melek Informasi, Berani Suara, Peduli Pelayanan Publik”.

Mengundang salah satu Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo, Founder Explore Sidoarjo, dan beberapa pihak Diskominfo sebagai narasumber, kegiatan ini dilaksanakan di Aula KH Mas Mansyur dan dihadiri sekitar 250 mahasiswa.

Pentingnya Literasi Pelayanan Publik di Kalangan Mahasiswa

mahasiswa melek akan pelayanan publik 1

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sidoarjo, M Wildan SS mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai ruang belajar dan diskusi santai namun bermakna.

“Kami ingin mengenalkan kepada mahasiswa tentang hak-hak mereka dalam layanan publik, serta sarana apa saja yang bisa digunakan untuk menyampaikan aspirasi, laporan, dan permintaan informasi,” terangnya.

Lantas, ia menjelaskan lebih rinci maksud dan tujuan menggandeng Umsida dalam menggelar diskusi ini. 

Yang pertama, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan literasi mahasiswa terkait layanan pengaduan dan informasi publik dan mendorong penggunaan SP4N LAPOR!, Call Center, dan PPID oleh kalangan akademisi.

“Kami juga ingin menumbuhkan semangat partisipasi public dalam pengawasan pelayanan publik serta memperkuat sinergi pemerintah dan mahasiswa dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik,” tuturnya dalam memaparkan laporan kegiatan.

Melalui SP4N-LAPOR!, Call Center, maupun PPID, ia mengatakan bahwa  sebagai warga negara, khususnya mahasiswa, memiliki peran penting dalam mengawasi dan ikut serta dalam membangun pelayanan publik yang lebih baik. 

“Kami harap teman-teman semakin melek informasi, tidak ragu bersuara, dan semakin peduli terhadap pelayanan publik,” imbuh Wildan.

Karena menurutnya, perubahan yang besar dimulai dari langkah kecil, dan suara kita adalah salah satu kekuatan itu.

Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

mahasiswa melek akan pelayanan publik 1

Rektor Umsida, Dr Hidayatulloh MSi, menyambut baik adanya diskusi ini. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa pelibatan akademisi dan mahasiswa dalam memahami layanan publik merupakan hal yang sangat penting mengingat keterbukaan informasi saat ini yang tidak bisa dihindari.

Lihat Juga :  Pertemuan Umsida dan Pemkab Sidoarjo, Bahas Kolaborasi Strategis dalam Pengembangan Potensi Daerah

“Kadang-kadang kita juga terlibat dalam arus lalu lintas informasi tersebut. Maka, akan jadi yang penting untuk kita cermati adalah bagaimana informasi yang diterima bisa didistribusikan dengan baik,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa tugas pemerintah adalah memberikan layanan kepada masyarakat. Dan layanan tersebut benar-benar bisa menyentuh kebutuhan masyarakat dan mensejahterakan mereka.

Di antara pemerintah dan masyarakat, katanya, diperlukan peran akademisi dan mahasiswa yang merupakan generasi muda sebagai kelompok agen perubahan.

Menurutnya, masyarakat bisa mengalami transformasi informasi tidak lepas dari peran mahasiswa.

Oleh karena itu, peran mahasiswa sangat penting dalam menjembatani terkait kebijakan pemerintah dengan masyarakat sehingga semua yang dijalankan oleh pemerintah benar-benar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jika ada hal-hal  yang tidak sesuai dengan yang seharusnya di dalam implementasi kebijakan tersebut, maka disitulah pentingnya kehadiran generasi muda untuk berani bersuara.

“Berani bersuara bukan berarti melawan pemerintah. Tapi kita mengkomunikasikan kepada pemerintah bagaimana implementasi kebijakan bisa benar-benar mengangkat kesejahteraan masyarakat,” jelas Dr Hidayatulloh.

Dari diskusi ini, mahasiswa lebih melek informasi dan berani menyuarakan kebenaran. Mereka juga bisa melanjutkan apa yang telah didapatkan dalam diskusi ini agar pemerintah dengan seluruh perangkatnya benar-benar bisa memberikan pelayanan publik yang terbaik.

Jika sinergi antara pemerintah dan lembaga pendidikan bisa dilaksanakan dengan baik maka masyarakat juga akan merasakan dampaknya.  

Selain itu, Rektor Umsida juga berpendapat bahwa Sidoarjo akan bisa menjadi kabupaten yang lebih maju lagi dari daerah lain karena ada sinergitas antara pemerintah lembaga pendidikan.

“Kami harap kerjasama ini bisa dikembangkan lagi. Terlebih saat ini umsida telah menjalin kerjasama dengan banyak dinas yang ada di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo,” ucapnya.

Lihat juga: Umsida dan Perpusnas RI Sepakati MoU, Siapkan Perpustakaan yang Lebih Baik

Menutup sambutan, Dr Hidayatulloh menegaskan bahwa Umsida tidak boleh untuk dirinya sendiri, Umsida harus bisa mendukung kebijakan dan program-program strategis pemerintah yang diproyeksikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

magister ilmu komunikasi Umsida 1
Launching Magister Ilmu Komunikasi Umsida, Pendaftaran Sudah Dibuka!
October 28, 2025By
muhammadiyah
Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 2026 pada 18 Februari
October 23, 2025By
S2 Ilmu Komunikasi Umsida
S2 Ilmu Komunikasi Umsida Sudah Buka, Siap Cetak Pakar New Media
October 13, 2025By
prodi sains data
Umsida Resmi Buka S1 Sains Data, Siap Buka Peluang Data Analyst
October 11, 2025By
pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By
Umsida dan PT Mellcoir Sport Indonesia
Magang di PT Mellcoir Sport Indonesia, Mahasiswa Umsida Ikut Expo UMKM di Jakarta
October 3, 2025By
Bramasgana di Ponpes Al Khoziny
Bramasgana di Ponpes Al Khoziny: Sekitar 60 Korban Masih Tertimbun
October 2, 2025By
Umsida kampus ramah nonmuslim
Jadi Kampus Ramah Latar Belakang Agama, Ini Cerita Malvin dan Keluarga Tentang Umsida
September 3, 2025By

Riset & Inovasi

lang and tech
Lang and Tech, Inovasi PBI dan PTI Umsida Tunjang Materi secara Daring
October 19, 2025By
renalmu.com
Aplikasi Renalmu.com, Inovasi Dosen Umsida Dorong Transformasi Digital Pelayanan Hemodialisis di Rumah Sakit
October 17, 2025By
alat pemeriksaan kesehatan digital
Umsida Buat Alat Cek Kesehatan Tanpa Jarum, Mudahkan Pemeriksaan
October 9, 2025By
hibah PTTI dan PISN
Dosen Umsida Raih Hibah PTTI dan PISN 2025, Kenalkan Sidoarjo Melalui Film Dokumenter Budaya
October 7, 2025By
inovasi alat pembakaran sampah tanpa asap 3
Alat Pembakaran Sampah Tanpa Asap, Inovasi Dosen Umsida Tekan Masalah Sampah
September 25, 2025By

Prestasi

inovasi laboran MIK Umsida
Inovasi Augmented Reality Laboran MIK Umsida Antarkan Prestasi Gemilang
October 28, 2025By
Umsida perguruan tinggi unggul
Umsida Masuk 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Tahun 2025 Versi SINTA Score 3 Years
October 27, 2025By
Tim fisioterapi Umsida
Tim S1 Fisioterapi Umsida Juara 2 Medical and Health Competition Vol 2 2025
October 21, 2025By
inovasi limbah cangkang kupang 3
Olah Limbah Cangkang Kupang, Mahasiswa TLM Umsida Raih Juara 2 PKP2 PTMA 2025
October 19, 2025By
relawan pajak Umsida
Punya Relawan Pajak Terbanyak 2025, Tax Center Umsida Dapat Penghargaan dari DJP Jatim II
October 18, 2025By