mahasiswa melek akan pelayanan publik 1

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Diskominfo Sidoarjo Ajak Mahasiswa Umsida Berani Bersuara

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Sidoarjo mengajak mahasiswa untuk bersuara terkait hak-hak mereka dalam hal pelayanan publik.

Lihat juga: Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama

Hal tersebut dilaksanakan dalam bentuk diskusi bersama bertajuk Soal Layanan Publik : Kenali SP4N Lapor!, Call Center, dan PPID “Jadi Mahasiswa Melek Informasi, Berani Suara, Peduli Pelayanan Publik”.

Mengundang salah satu Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo, Founder Explore Sidoarjo, dan beberapa pihak Diskominfo sebagai narasumber, kegiatan ini dilaksanakan di Aula KH Mas Mansyur dan dihadiri sekitar 250 mahasiswa.

Pentingnya Literasi Pelayanan Publik di Kalangan Mahasiswa

mahasiswa melek akan pelayanan publik 1

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sidoarjo, M Wildan SS mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai ruang belajar dan diskusi santai namun bermakna.

“Kami ingin mengenalkan kepada mahasiswa tentang hak-hak mereka dalam layanan publik, serta sarana apa saja yang bisa digunakan untuk menyampaikan aspirasi, laporan, dan permintaan informasi,” terangnya.

Lantas, ia menjelaskan lebih rinci maksud dan tujuan menggandeng Umsida dalam menggelar diskusi ini. 

Yang pertama, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan literasi mahasiswa terkait layanan pengaduan dan informasi publik dan mendorong penggunaan SP4N LAPOR!, Call Center, dan PPID oleh kalangan akademisi.

“Kami juga ingin menumbuhkan semangat partisipasi public dalam pengawasan pelayanan publik serta memperkuat sinergi pemerintah dan mahasiswa dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik,” tuturnya dalam memaparkan laporan kegiatan.

Melalui SP4N-LAPOR!, Call Center, maupun PPID, ia mengatakan bahwa  sebagai warga negara, khususnya mahasiswa, memiliki peran penting dalam mengawasi dan ikut serta dalam membangun pelayanan publik yang lebih baik. 

“Kami harap teman-teman semakin melek informasi, tidak ragu bersuara, dan semakin peduli terhadap pelayanan publik,” imbuh Wildan.

Karena menurutnya, perubahan yang besar dimulai dari langkah kecil, dan suara kita adalah salah satu kekuatan itu.

Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

mahasiswa melek akan pelayanan publik 1

Rektor Umsida, Dr Hidayatulloh MSi, menyambut baik adanya diskusi ini. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa pelibatan akademisi dan mahasiswa dalam memahami layanan publik merupakan hal yang sangat penting mengingat keterbukaan informasi saat ini yang tidak bisa dihindari.

“Kadang-kadang kita juga terlibat dalam arus lalu lintas informasi tersebut. Maka, akan jadi yang penting untuk kita cermati adalah bagaimana informasi yang diterima bisa didistribusikan dengan baik,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa tugas pemerintah adalah memberikan layanan kepada masyarakat. Dan layanan tersebut benar-benar bisa menyentuh kebutuhan masyarakat dan mensejahterakan mereka.

Di antara pemerintah dan masyarakat, katanya, diperlukan peran akademisi dan mahasiswa yang merupakan generasi muda sebagai kelompok agen perubahan.

Menurutnya, masyarakat bisa mengalami transformasi informasi tidak lepas dari peran mahasiswa.

Oleh karena itu, peran mahasiswa sangat penting dalam menjembatani terkait kebijakan pemerintah dengan masyarakat sehingga semua yang dijalankan oleh pemerintah benar-benar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jika ada hal-hal  yang tidak sesuai dengan yang seharusnya di dalam implementasi kebijakan tersebut, maka disitulah pentingnya kehadiran generasi muda untuk berani bersuara.

“Berani bersuara bukan berarti melawan pemerintah. Tapi kita mengkomunikasikan kepada pemerintah bagaimana implementasi kebijakan bisa benar-benar mengangkat kesejahteraan masyarakat,” jelas Dr Hidayatulloh.

Dari diskusi ini, mahasiswa lebih melek informasi dan berani menyuarakan kebenaran. Mereka juga bisa melanjutkan apa yang telah didapatkan dalam diskusi ini agar pemerintah dengan seluruh perangkatnya benar-benar bisa memberikan pelayanan publik yang terbaik.

Jika sinergi antara pemerintah dan lembaga pendidikan bisa dilaksanakan dengan baik maka masyarakat juga akan merasakan dampaknya.  

Selain itu, Rektor Umsida juga berpendapat bahwa Sidoarjo akan bisa menjadi kabupaten yang lebih maju lagi dari daerah lain karena ada sinergitas antara pemerintah lembaga pendidikan.

“Kami harap kerjasama ini bisa dikembangkan lagi. Terlebih saat ini umsida telah menjalin kerjasama dengan banyak dinas yang ada di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo,” ucapnya.

Lihat juga: Umsida dan Perpusnas RI Sepakati MoU, Siapkan Perpustakaan yang Lebih Baik

Menutup sambutan, Dr Hidayatulloh menegaskan bahwa Umsida tidak boleh untuk dirinya sendiri, Umsida harus bisa mendukung kebijakan dan program-program strategis pemerintah yang diproyeksikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

penyuluhan PIK-M Umsida tentang kesehatan mental remaja
Sadar Akan Kesehatan Mental Remaja, PIK-M Umsida Datangi SMA Muhammadiyah 4 Porong
August 5, 2025By
Baitul Arqom Umsida
Baitul Arqom Dosen Umsida Tak Hanya Pelajari Muhammadiyah, Ini Makna di Dalamnya
August 4, 2025By
Baitul Arqom Dosen Umsida
Baitul Arqom Dosen Umsida, Perkuat Ideologi dan Etos Kerja Islami untuk SDM Unggul
August 2, 2025By
UMG belajar sistem informasi dan akademik Umsida 2
Tingkatkan Kualitas Sistem Informasi dan Sistem OBE, UMG Kunjungi Umsida
July 30, 2025By
fkg Umsida dukung kesehatan gigi Indonesia 3
Wujudkan Pemerataan Kesehatan Gigi di Indonesia, FKG Umsida Terima Dental Clinic Mobile
July 29, 2025By
penyuluhan TB paru
Wujudkan Indonesia Bebas TB Paru, FK Umsida Lakukan Penyuluhan di Pondok Pesantren
July 29, 2025By
selebrasi kelulusan FST Umsida
Menilik Serunya Selebrasi FST Umsida Lepas Wisudawan 2025
July 28, 2025By
Prof Haedar jelaskan sistem kalender
Prof Haedar Ungkap Urgensi Sistem Kalender Hijriyah Global Tunggal dalam Orasi Ilmiah Wisuda ke-45 Umsida
July 27, 2025By

Riset & Inovasi

alat pasteurisasi susu
Alat Pasteurisasi Susu, Inovasi Dosen dan Mahasiswa Umsida Bantu Mudahkan Peternak
July 31, 2025By
riset dan inovasi DRPM Umsida
Umsida Kembangkan Riset dan Inovasi Melalui Seminar, Pameran, dan Diseminasi dengan 3 Kampus
July 16, 2025By
pengganti agregat kasar Teknik Sipil Umsida 2
Ragam Inovasi Pengganti Agregat Kasar dari Teknik Sipil Umsida, Siap Diterapkan ke Lapangan
July 13, 2025By
civil day 2025
Civil Day 2025, Ajang Mahasiswa Teknik SIpil Tunjukkan Inovasinya
July 9, 2025By
pentingnya keamanan pangan 1
Ajak Melek Literasi Keamanan Pangan, Warek 1 Umsida Andil di Pendampingan PSAT
June 30, 2025By

Prestasi

prestasi atlet psikologi Umsida
Capaian Prestasi Bertambah, Mahasiswa Psikologi Umsida Juara 1 IPSI Malang Championship
August 1, 2025By
FAI Umsida borong juara Malang Championship
3 Mahasiswa FAI Umsida Sabet Juara di Ajang Malang Championship 5
July 30, 2025By
wisudawan berprestasi Umsida 2
Kisah Wisudawan Umsida, dari Korban Peluru Nyasar Hingga Prestasi, Double Degree, dan Karir Menjanjikan
July 28, 2025By
atlet taekwondo Umsida dapat emas di Porprov Jatim 2025 1
Target Porprov Akhirnya Diraih Anin Setelah Kegagalan di Tahun 2022
July 25, 2025By
mahasiswa AP Umsida raih perak di Porprov Jatim 2025
Raih Medali Perak Porprov Jatim 2025, Jovan Tampil Unggul dan Makin Terpacu ke PON
July 22, 2025By