• Alumni
  • Alumni

Gelar International Guest Lecture, Prodi Ilmu Komunikasi Berbagi Kiat Daur Ulang Sampah

Umsida.ac.id Program Studi Ilmu Komunikasi Gelar International Guest Lecture, kuliah tamu berskala Internasional membahas tentang konsep daur ulang sampah plastik yang menjadi polutan laut (18/12).

Acara yang mengusung tema Clean Blue Alliance “Synergy in East Java” ini adalah output dari mata kuliah Psikologi Komunikasi yang diampu oleh Poppy Febriana M Med Kom. Dalam acara ini turut dihadiri langsung oleh Dr Didik Harianto MSi, Wakil Dekan FBHIS sebagai pembicara. Dalam kesempatannya, ia membahas tentang psikologi komunikasi dimana salah satunya mindset masyarakat yang memiliki kebiasaan membuang sampah di perairan atau laut. Masyarakat masih beranggapan bahwa popok harus di hanyutkan ke air, tidak boleh dibakar karena mitosnya akan menyebabkan kulit bayi mengalami iritasi. “Kita pasti akrab lah dengan hal hal seperti itu yang zaman dahulu sangat dipercayai. Nah, hal hal ini saatnya kita rubah,” ujarnya.
Sementara itu, Direktur Common Seas Country, Bhimo Aries Diyanto berkesempatan membahas lebih lanjut tentang pelestarian laut. Hal ini dikarenakan banyaknya sampah plastik menjadikan air tercemar. Bahkan sungai Brantas yang merupakan sumber air utama masyarakat Jawa Timur sudah tercemar oleh plastik. Ditambah sampah diapers yang tidak bisa didaur ulang dan tidak memiliki nilai jual.
Lebih lanjut, Ragnheidur Gudmundsdottir, Manajer Kinerja Teknis Perusahaan Veolia, juga hadir dalam acara ini. Veolia adalah Perusahaan daur ulang khusus botol plastik yang pusatnya berada di Perancis. Saat ini sudah memiliki anak cabang di Pasuruan. Veolia mengelola botol plastik agar dapat digunakan kembali sebanyak empat kali daur ulang. Mulai dari proses peleburan, pencairan, pencampuran dengan bahan kimia lain untuk menjaga higien produk, sampai pada proses pencetakan menjadi botol recycle.
International Guest Lecture ini diharap mampu membuka wawasan mahasiswa bagaimana sampah itu didaur ulang khususnya sampah plastik. Ditemui usai acara, Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi, Nur Maghfirah M Med Kom berharap Internetional Guest Lecture ini mampu membuka wawasan mahasasiswa tentang bagaimana daur ulang sampah, khususnya sampah plastik. Ia mengatakan, “Harapannya mahasiswa nantinya bisa, memengaruhi masyarakat sekitar agar sadar sampah,” ujarnya.

Penulis : Hurum Maqshurotul Filkhiyam
Editor : Realita Tataguna CB

Leave a Reply