halalbihalal Umsida 2024

Halalbihalal Umsida dan Syukuran Akreditasi Institusi Unggul

Umsida.ac.id – Hari raya Idul Fitri menjadi salah satu momen untuk saling memaafkan, tak terkecuali dalam tradisi Halalbihalal. Hal ini juga dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang melaksanakan kegiatan Halalbihalal bertemakan Syukuri Prestasi, Pantaskan Diri, Raih Ridho Illahi. 

Lihat juga: Produktivitas Kerja di AUM Harus Ditingkatkan, Ungkap Rektor Umsida

Bertempat di Aula KH Mas Mansyur Lt 7 GKB 2 Umsida pada Selasa, (16/04/2024), Dr Hidayatulloh MSi, rektor Umsida dalam sambutannya menyampaikan bahwa momen Halalbihalal ini berbarengan dengan acara tasyakuran atas capaian akreditasi perguruan tinggi Umsida yang terakreditasi unggul pada tanggal 19 Maret lalu.

Makna tema Halalbihalal

halalbihalal Umsida 2024

“Tema yang kita usung pada Halalbihalal kali ini memiliki makna bahwa kita semua telah melakukan ikhtiar yang luar biasa. Secara kelembagaan di masing-masing Prodi, kita telah berhasil mencapai akreditasi unggul di 12 program studi hingga hari ini,” tuturnya.

Kemudian, sambung wakil ketua PWM Jatim itu, pada AIPT, Umsida juga telah meraih akreditasi unggul setelah melewati proses yang cukup sulit. Capaian ini merupakan sebuah rasa syukur bahwa Janji Allah itu nyata. Dari capaian ini, tentu ada konsekuensi yang harus diterima Umsida.

Ia berpesan, “Jangan sampai akreditasinya unggul tapi tampilan dan tindakan kita belum pantas. Oleh karena itu masing-masing harus memantaskan diri. Dan rasa bahagia atas capaian itu, juga harus diorientasikan menghadap ridho Allh SWT,”.

Perjalanan menuju unggul

halalbihalal Umsida 2024

Melanjutkan sambutan pada momen Halalbihalal ini, Rektor Umsida menceritakan peristiwa ketika ia melakukan presentasi dihadapan asesor, Dr Hidayatulloh menyampaikan bahwa hasil analisis yang telah dilakukan oleh tim task force, Umsida berada di kuadran 1 yaitu kuadran pengembangan. Dengan mensinergikan sumber daya yang cukup besar dengan peluang yang besar pula, maka dari hasil analisis itu, Umsida memiliki 9 rekomendasi. Lalu ia menjelaskan beberapa diantaranya.

Lihat juga: Mensucikan Diri dan Membersihkan Harta, Ini Manfaat Zakat Fitrah

“Yang pertama, setelah kita mencapai akreditasi unggul, kita akan melanjutkan perjuangan menuju milestone berikutnya, yaitu national competitiveness. Kita ingin Umsida menjadi perguruan tinggi yang memiliki daya saing yang setara dengan perguruan tinggi besar di tanah air. Hingga berikutnya, Umsida akan mengembangkan jaringan kerja sama tingkat ASEAN terutama di bidang joint research dan publikasi internasional” ucap Dr Hidyataulloh.

Yang kedua, tuturnya, terdapat peluang yang dimiliki Umsida setelah terakreditasi unggul. Seperti pembukaan prodi-prodi baru yang saat ini sudah ada sepuluh prodi baru yang akan diajukan. Dari sepuluh prodi tersebut, ada dua prodi yang sudah diajukan, yakni prodi Kedokteran Umum Program Sarjana dan prodi Kedokteran Umum Program Profesi. Prodi ini direncanakan akan  dibuka pada tahun akademik 2024-2025. Dan semua fakultas yang ada di Umsida juga telah mengajukan  usulan prodi baru yang akan dibahas lebih lanjut.

Selain itu, Dr Hidayatulloh menyampaikan agenda Umsida di 2024 melanjutkan perjuangan untuk meningkatkan capaian akreditasi program studi. Sudah ada tujuh prodi yang diproyeksikan terakreditasi unggul pada tahun ini. Prodi tersebut adalah Manajemen Pendidikan Islam, Magister Manajemen, Informatika, Teknik Industri, Teknologi Laboratorium Medis, Hukum, dan Perbankan Syariah.

Dalam momen Halalbihalal itu Dr Hidayatulloh berpesan, “Kita berharap semua tim yang ada di Prodi dan fakultas yang berkaitan bisa mengambil semangat  aipt Saya benar-benar merasakan luar Biasanya kita berhasil menjalankan 5k itu yakni  kekompakan kekuatan kontribusi, konsistensi, dan komitmen. Walau para asesor mengatakan bunga presentasi saya kala itu sudah bagus tapi saya merasa itu bukan dari saya melainkan pertolongan Allah SWT. Itulah  orientasi dari tema Raih Ridho Illahi,”.

Lihat juga: Komunikasi Saat Idul Fitri: Tak Hanya Silaturahmi Fisik Saja

Hal terakhir dalam penyampaian sambutannya yang tak kalah penting adalah terakreditasinya Umsida oleh masyarakat luas. Bukti bahwa Umsida telah  terakreditasi oleh masyarakat adalah capaian mahasiswa yang selalu meningkat. Karena tidak ada artinya prodi atau institusi yang unggul tapi tidak ada mahasiswanya. Oleh karena itu, diperlukan banyak pihak untuk meyakinkan kepada masyarakat melalui publikasi sehingga mereka memberikan kepercayaan dan memilih Umsida sebagai kampus pilihan.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

peran perempuan
Dosen Umsida Ceritakan 3 Peran Perempuan: Karir, Studi, dan Keluarga
May 25, 2024By
Umsida Bersama BFI Finance Gelar Campus Hiring
Bertekad Serap Lulusan Di Dunia Kerja, Umsida Adakan Campus Hiring
May 25, 2024By
Thailand Miliki Manajemen Disaster, Dijabarkan Dosen BUU di Umsida
Thailand Miliki Manajemen Disaster, Dijabarkan Dosen BUU di Umsida
May 24, 2024By
Pahami Hukum Kontrak Untuk Bekal Kehidupan Bermasyarakat
Pahami Hukum Kontrak Untuk Bekal Kehidupan Bermasyarakat
May 24, 2024By
konferensi internasional Ikom
Konferensi Internasional Ikom Umsida, 4 Negara Berkumpul di Bali
May 23, 2024By
Eastbound Batch 5 FBHIS Umsida Bersama Thailand, Malaysia dan India
Eastbound Batch 5 FBHIS Umsida Bersama Thailand, Malaysia dan India
May 22, 2024By
proyek kemanusiaan Umsida
Umsida dan 22 Perguruan Tinggi di Indonesia Buat Proyek Kemanusiaan di Malaysia
May 21, 2024By
ISE IKOM 2024
Pemberangkatan ISE 2024 Diikuti Mahasiswa Umsida dan Mahasiswa Internasional
May 21, 2024By

Riset & Inovasi

Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By

Prestasi

Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By