Ikuti Bandung Lautan Api International Championship, Tapak Suci Umsida Sabet 4 Kejuaraan

Ikuti Bandung Lautan Api International Championship, Tapak Suci Umsida Sabet 4 Kejuaraan

Umsida.ac.id– Bandung Lautan Api International Championship merupakan kompetisi di bidang pencak silat yang cukup bergengsi di Indonesia. Tahun ini diselenggarakan kembali kompetisi tersebut dan dilaksanakan pada 6-9 Januari 2023. Selama 4 hari tersebut 4 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) di lingkungan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), mewakili Pimpinan Cabang Tapak Suci Putera Muhammadiyah Umsida.

Dengan semangat dan kerja kerasnya, mereka tidak kembali ke Umsida dengan tangan kosong melainkan membawa kejuaraan di masing masing kategori. Mereka ialah Syihabudin Robbani Mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan meraih Juara 3 Kelas B Putra Dewasa, M. Baidhowi Mahasiswa prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Pend. IPA) yang meraih Juara 1 Kelas E Putra Dewasa, Laila Rohma Larasati Mahasiswi prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) meraih Juara 1 Kelas F Putri Dewasa dan yang terakhir Zahra Novianti Mahasiwi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) berhasil menduduki Juara 2 Seni Tunggal Tangan Kosong Putri Dewasa.

M. Baidhowi, ketua umum Tapak Suci Umsida periode 2021-2022 yang juga bertanggung jawab sebagai official tim pada perlombaan kali ini menerangkan bahwa persiapan lomba memerlukan beberapa penyesuaian yang lebih intens, hal tersebut dikarenakan seluruh anggota tim juga harus membagi waktu secara optimal dengan Ujian Akhir Semester (UAS) yang ada di kampus, sehingga mulai dari persiapan administrasi, sesi latihan sampai dengan pemberangkatan dan pelaksanaan perlombaan harus benar-benar direncanakan secara matang.

“Pelaksanaan perlombaan yang bersamaan dengan kegiatan akademik akhir semester tidak menyurutkan semangat teman-teman, malah dengan adanya hal tersebut kita sebagai satu tim memaksimalkan diri untuk saling support satu sama lain,” ungkap Baidhowi.

“Kita juga tidak teralihkan dengan adanya kemungkinan menang ataupun kalah dalam suatu laga pertandingan, fokus kita adalah bagaimana caranya agar semua persiapan yang telah kita lakukan sedari awal sampai dengan ujung perlombaan ini bisa kita tampilkan secara optimal, adapun hasil setelah itu kita tetap berdoa yang terbaik,” imbuh Baidhowi.

Baidhowi bersama tim juga berharap agar hasil kemenangan yang mereka bawa kali ini dapat menjadi gebrakan serta kado manis di awal tahun, dan agar nantinya dapat memberikan inspirasi kepada seluruh mahasiswa Umsida khususnya FPIP supaya lebih giat lagi menggali potensi diri dan ikut bersama-sama menyebarluaskan nama universitas agar lebih dikenal dengan segala potensi dan prestasi yang dimiliki.

Terakhir, segenap tim Tapak Suci Umsida pada Perlombaan kali ini juga menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi kepada pihak universitas yang telah memberikan segala dukungan dan fasilitas, segenap jajaran pengurus Tapak Suci Cabang Umsida yang telah memeberikan support administratif serta tak lupa pada segenap Dewan Pelatih yang selalu mendampingi segala prosesi dari awal sampai dengan ujung perlombaan beserta rekan-rekan mahasiwa lainnya.

Sumber: *Admin FPIP Umsida, Arya Bimantara

Editor: *Humas Umsida, Rani Syahda Hanifa