• Alumni
  • Alumni

Inovasi Minuman Jamu Sunyit oleh Tim KKN-P Kelompok 42 Desa Bligo

Umsida.ac.id – Mahasiswa kelompok 42 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang tergabung dalam program KKN-P (Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan) berhasil memproduksi minuman jamu bernama Sunyit (Susu Kunyit Nata de coco) di Desa  Bligo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo,Rabu (10/3).

Produk  minuman  ini menjadi  inovasi baru yang dikembangkan oleh tim KKN-P kelompok 42 untuk menaikkan nilai jual UMKM di desa tersebut. “Produk ini didukung oleh UMKM di Desa Bligo serta telah diterima oleh masyarakat di sini.” ujar Zaenal selaku ketua tim KKN-P 42.

Tiga bahan dasar utama yang digunakan untuk membuat minuman jamu Sunyit yaitu kunyit asam, susu, dan  nata de coco. Kandungan kunyit sendiri sangat bermanfaat, di antaranya untuk menghambat perkembangan sel tumor payudara, memperlancar ASI, dan anti kolesterol.

 Pembuatan minuman jamu Sunyit  tidak perlu memakan waktu yang lama.  Ikhbal, salah satu anggota tim KKN-P 42 mengatakan penyimpanan minuman ini tidak dapat dilakukan lebih dari 3 hari.  “Untuk penyimpanan minuman jamu Sunyit ini hanya sampai 3 hari saja dalam kulkas. Jika lebih dari itu maka sudah tidak bisa dikonsumsi, karena kami hanya menggunakan bahan alami tanpa bahan pengawet,” ujarnya.  

Minuman jamu berbahan dasar kunyit asam yang dipadu padankan dengan campuran susu serta nata de coco ini awalnya hanya diproduksi sebanyak 10 pieces botol. Kemudian, oleh tim KKN-P kelompok 42 minuman jamu Sunyit dipromosikan melalui media sosial seperti Story Whatsapp dan  Instagram.

Setelah dipromosikan melalui media sosial, tim KKN-P kelompok 42 mengaku hasil penjualan naik dan jumlah konsumen semakin bertambah. Lalu untuk penjualan selanjutnya, tim KKN-P kelompok 42 mulai mengadakan sistem PO (Pre-Order). Tak disangka, pesanan  minuman jamu Sunyit dengan sistem Pre-Order ini membuat tim KKN-P kelompok 42 mendapat pesanan sebanyak 70 pieces botol.

Banyak dari konsumen mengaku terpikat dengan kemasan dan label yang menarik di mata. Selain kemasan, cita rasa minuman ini juga telah mencuri perhatian konsumen. Beberapa konsumen mengaku minuman jamu Sunyit menyegarkan, enak, tidak membuat serik di tenggorokan, serta minuman ini  harganya sangat terjangkau, yakni Rp 6.000 untuk ukuran botol 350 ml.

Tim KKN-P kelompok 42 berharap dengan adanya inovasi minuman jamu Sunyit ini dapat membantu meningkatkan  sekaligus mengembangkan UMKM di Desa Bligo.

Penulis : Istanti Nur Fadilah dan Gita Fadlilah Firdaus

Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI