• Alumni
  • Alumni

Inovasi Tim Dosen Umsida Lewat Diseminasi Pompa Air Disinfektan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Umsida.ac.id – Dusun Pucu’an adalah bagian dari Desa Gebang di Kabupaten Sidoarjo.  Dusun ini cukup terpencil dilihat dari kordinat areanya. Berada pada ujung timur Kabupaten sidoarjo.  Memiliki 178 jiwa dengan 57 KK dan ada 45 rumah. Mata pencaharian masyarakat Dusun Pucu’an mayoritas dari mereka bermata pencaharian sebagai nelayan. Disana terdapat sebuah masjid yang cukup representatif untuk pelaksanaan ibadah maupun kegiatan masyarakat yang lainnya. Masjid Baitul Muttaqqin.

Masjid ini cukup strategis sebagia sarana peningkatan Iman taqwa dan pengembangan mental rohani. Sehingga keberadaannya harus semakin dimakmurkan. Pada kesempatan tahun 2021 ini tim Pengabdian Masyarakat yang dipimpin oleh Dr. Ir. Jamaaluddin, MM dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melaksanakan kegiatan pada Masjid Pucu’an dengan tajuk “Diseminasi Pompa Air Disinfektan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Masjid Baitul Muttaqiin Pucu’an”.

“Langkah pengabdian masyarakat ini dilaksanakan untuk memperkuat ketahanan masyarakat terhadap musibah pandemi COVID-19” Ujar Jamaaluddin, Kamis (21/1) . Dosen Program Studi Teknik Elektro ini meneruskan pelaksanaan program pengabdian masyarakatnya pada 2020 lalu untuk memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya pada Masjid Baitul Muttaqiin Pucu’an.

Disamping pencegahan COVID -19 secara pribadi dengan melakukan 3 M (Mencuci tangan, Menggunakan Masker dan Menjaga Jarak) juga diperlukan penjagaan lingkungan dengan melakukan pemberian dis infektan. Pemberian dis infentan ini menggunakna pompa yang memiliki catu daya dari PLTS sehingga tidak membebani masyarakat dengan biaya PLN. Masyarakat juga mendapat pelatihan bagaimana mengoerasionalkan PLTS termasuk pembuatan larutan dis infektannya. Sehingga kapanpun dapat diaplikasikan pembuatan larutan dan penyemprotannya sehingga ketahanan masyarakat terhadap COVID-19 akan terjaga.

ditulis : fitria

edit : Anis salsabila

Leave a Reply

Berita Terkini

Sarpras Umsida Siap Menghadapi Perkuliahan Tatap Muka
February 25, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Memahami Fintech dan Digital Marketing Lewat Webinar
February 25, 2021
Umsida Optimalkan Perkuliahan Tetap Berjalan Saat Pandemi lewat Fasilitator dan e-learning
February 24, 2021
Lewat Webinar, Umsida Ajak Masyarakat lebih dekat kenali Fintech Syariah
February 24, 2021
Umsida Gelar Webinar Kebijakan Pendidikan di Amerika Serikat Masa Covid-19 dan Munculnya Fenomena Self Education
February 24, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI