• Alumni
  • Alumni

KKN-P 79 Ciptakan Teh Dari Daun Kelor Sebagai Penunjang Imunitas Tubuh Saat Pandemi

Umsida.ac.id – Tim Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo kelompok 79 mengadakan pelatihan pembuatan obat herbal, Sabtu (20/03). Pelatihan tersebut berlangsung di Desa Dukuhsari, Jabon.

Mereka menciptakan produk baru yakni teh kantong berbahan dasar daun kelor karena manfaat daun kelor yang sangat baik untuk tubuh. Tujuan diadakan nya pelatihan ini adalah agar warga Desa Dukuhsari mengetahui manfaat dari tanaman kelor, mulai dari manfaat daun, bunga, batang, hingga akar nya.

Banyak manfaat yang terkandung dalam tanaman kelor ini, salah satu nya dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit bahkan harga tanaman kelor ini terbilang cukup mahal jika diekspor ke luar negeri.

“Harganya bisa mencapai Rp.250.000/Kg padahal di Indonesia tanaman ini bisa tumbuh dimana saja dan sedikit pula orang-orang yang memanfaatkan nya sebagai obat herbal,” Imbuh Dosen Pembimbing Lapangan, Nyoman Suwarta, S.S., M. Hum.

Mahasiswa kelompok KKN 79 memperkenalkan sekaligus memberikan pelatihan kepada warga setempat khususnya para ibu PKK di Desa Dukuhsari. Para mahasiswa menjelaskan tentang bagaimana cara untuk membuat obat herbal berbentuk teh kantong seduhan dengan bahan dasar dari daun kelor. Hal ini dilakukan karena penduduk setempat hanya mengenal daun kelor sebagai sayuran yang bisa dimasak saja.

Tanaman yang kaya akan manfaat ini bisa dijadikan sebuah obat untuk berbagai macam penyakit. Tanaman kelor (Moringa oleifera) merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang mudah dibiakkan karena tidak memerlukan perawatan yang intensif dan memiliki toleransi kekeringan yang tinggi.

Manfaat yang terkandung dalam tanaman daun kelor ini sangat banyak. Tanaman ini dapat menurunkan berat badan, anti diabetes, mencegah penyakit jantung, menyehatkan rambut, menyehatkan mata, mengobati rematik, mengobati herpes/kurap, mengobati penyakit dalam seperti luka lambung, luka usus dan batu ginjal.

Selain itu juga dapat mengobati kanker bahkan melumpuhkan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh, serta menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit tertentu. Mahasiswa KKN berharap, program kerja ini dapat bermanfaat dan memberikan dampak yang baik untuk Desa Dukuhsari.

Penulis : Ayu Inayatul Masruroh

Editor : Ping Darojat Gumilang

Leave a Reply

Berita Terkini

Ketua PWM Jatim: Allah memiliki Skenario
April 10, 2021
Umsida Gelar Takziyah Virtual Kenang Nadjib Hamid
April 10, 2021
Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI