• Alumni
  • Alumni

KKN-P Umsida Dirikan Pojok Baca : Guna Tumbuhkan Minat Baca Di TPQ Az-Zahra Dan Al-Hidayah Desa Kebonsari

Umsida.ac.id – Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) kelompok 43 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dirikan pojok baca yang bertujuan menumbuhkan minat baca di kalangan generasi muda di tingkat pelajar. Pojok baca ini terletak di Taman Pendidikan Al – Qur’an (TPQ) Az-Zahra & Al-Hidayah di Kebonsari, Candi Sidoarjo, pada Jumat (05/03).

Pojok baca tersebut dilakukan guna meningkatkan minat baca. Mengingat di masa pandemi menyebabkan semua kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif. Hal tersebut memunculkan inisiatif mahasiswa KKN-P Umsida agar siswa dapat menambah informasi atau wawasan melalui buku yang disediakan di pojok baca.

Koordinator KKN-P 43 Umsida, Prisca Ananda Putra mengungkapkan bahwa demi menyukseskan pojok baca melakukan open donasi buku. “Open donasi disebarkan melalui media sosial Instagram dan WhatsApp,” ungkapnya. Ia juga menambahkan kriteria buku yang bisa didonasikan. “Adapun kriteria buku yang layak di donasikan seperti buku doa, buku Pendidikan, buku cerita, dan buku Agama,” imbuhnya. Hasil open donasi tersebut diberikan ke pojok baca yang ada di dua lokasi TPQ.

Prisca juga menyampaikan bahwa pojok baca memiliki manfaat. “Dengan adanya pojok baca membuat pelajar menjadi lebih tertarik dan gemar membaca serta memiliki daya pikir yang baik. Pojok baca selalu dikunjungi mahasiswa KKN-P Kebonsari, sehingga membuat tempat pojok baca menarik dengan memberi hiasan pada dinding dari kain flannel,” tandasnya.

Dengan adanya pojok baca di TPQ Az-Zahra & Al-Hidayah ini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan membangun budaya literasi khususnya para pelajar tingkat sekolah dasar serta dapat menambah ilmu pengetahuan.

Ditulis : Devi Selvia Ramadhanni
Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI