produk kopi Lebakjabung

Dukung UMKM Lokal, KKNP 59 Umsida Luncurkan Logo Baru Produk Kopi pada UMKM di Desa Lebakjabung

Umsida.ac.id – KKNP 59 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) meluncurkan logo baru untuk produk kopi lokal milik salah satu UMKM di desa Lebakjabung, kecamatan Jatirejo, kabupaten Mojokerto.

Lihat juga: KKNP 43 Umsida Branding Desain UMKM Tejowangi Melalui Pembuatan MMT

Kegiatan ini merupakan bagian dari program penguatan branding produk lokal guna meningkatkan daya saing kopi Lebakjabung di pasar yang lebih luas.  

Tak Banyak Produk Kopi yang Dikenal

produk kopi Lebakjabung

Desa Lebakjabung memiliki salah satu UMKM penghasil kopi berkualitas di Mojokerto.

Namun, banyak produk kopi lokal dari desa ini yang belum memiliki identitas visual yang kuat, sehingga sulit untuk dikenal oleh pasar yang lebih luas. 

Menyadari hal tersebut, KKNP 59 Umsida berinisiatif membantu UMKM dengan menciptakan logo baru yang lebih profesional dan menarik.  

Peluncuran logo ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk kopi lokal serta memperkuat identitas merek agar lebih menarik di pasar. 

Dengan desain yang lebih modern dan profesional, diharapkan produk kopi dari Desa Lebakjabung dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.  

Menurut Ketua KKNP 59 Umsida, Muchmmad Shobakhut Tohirin desain logo baru ini merupakan hasil diskusi dan kerja sama dengan pemilik usaha kopi di desa tersebut. 

Ia menjelaskan bahwa logo lama diganti dengan logo baru agar lebih menarik, mudah dikenali, serta dapat meningkatkan daya saing produk di pasar yang lebih luas.  

“Ketika kami berkunjung pada pertengahan Januari lalu, kami melihat bahwa logo salah satu UMKM kurang menarik, karenanya kami para mahasiswa umsida ingin membantu memperbarui logo tersebut agar memiliki identitas visual yang lebih kuat sehingga dapat bersaing di pasar yang lebih luas,” ujar Shobakhut.  

Lihat Juga :  KKNP 44 Umsida Kembangkan Sumber Kambang, Sebuah Wisata Alam Lokal Sumbersuko

Proses pembuatan logo ini melibatkan beberapa tahapan, mulai dari riset tentang karakteristik kopi Lebakjabung, wawancara dengan pemilik usaha kopi, hingga tahap desain dan penyempurnaan. 

Mahasiswa KKNP 59 Umsida berupaya memastikan bahwa logo baru tidak hanya terlihat menarik, tetapi juga mencerminkan karakteristik unik dari kopi Lebakjabung.  

Logo Baru yang Lebih Relevan

produk kopi Lebakjabung

Desain logo yang baru mengusung elemen-elemen yang mencerminkan keunikan kopi desa Lebakjabung, seperti warna khas biji kopi, elemen kakek sedang minum kopi, serta tipografi yang modern namun tetap memiliki kesan tradisional. 

Dengan kombinasi elemen tersebut, logo baru ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik visual dan membantu UMKM kopi dalam membangun citra merek yang lebih profesional.  

Pelaku UMKM kopi yang menerima logo baru ini menyambut baik inisiatif dari KKNP 59 Umsida. 

Dedik selaku pemilik usaha kopi dari desa Lebakjabung, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan dan begitu senang sekali. 

“Dengan adanya logo baru ini, produk kami memiliki ciri khas tersendiri. Harapannya, semakin banyak orang yang mengenal kopi dari Lebakjabung dan mendukung produk lokal,” ujarnya. 

Selain peluncuran logo, para mahasiswa Umsida juga memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM tentang bagaimana menggunakan logo sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. 

Lihat juga: Branding Kerupuk Ikan Tenggiri Khas Jatisari, KKNP 37 Umsida Manfaatkan Medsos

Dengan adanya branding yang lebih kuat, UMKM dapat menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan nilai jual produk mereka.  

 Penulis : Silfa Natari Lutfianti

Penyunting: Romadhona S.

Berita Terkini

Umsida kampus ramah nonmuslim
Jadi Kampus Ramah Latar Belakang Agama, Ini Cerita Malvin dan Keluarga Tentang Umsida
September 3, 2025By
workshop open data Jawa Timur
Open Data Jadi Kunci Analisis Berbasis Bukti dalam Workshop Statistik Sektoral Seri 11
August 25, 2025By
Umsida dan Pemkab Sidoarjo
Pertemuan Umsida dan Pemkab Sidoarjo, Bahas Kolaborasi Strategis dalam Pengembangan Potensi Daerah
August 20, 2025By
Fikes Expertise
FIKES Xpertise, Program Fikes Umsida Edukasi Kesehatan Remaja
August 19, 2025By
BPH Umsida dan BPH Umri
BPH Umsida Sambut Kunjungan BPH Umri, Bahas 3 Topik Ini
August 19, 2025By
Edukasi Kesehatan Reproduksi Fikes Umsida
Fikes Umsida Galakkan Edukasi Kesehatan Reproduksi di SMA An Nur Malang
August 18, 2025By
petugas upacara Umsida di HUT RI ke-80 2
Jadi Petugas Upacara HUT RI ke-80, Mahasiswa Umsida Tunjukkan Semangat Nasionalisme
August 18, 2025By
kesejahteraan Indonesia 1
80 Tahun Indonesia Merdeka dan Kesejahteraan Masih Menjadi Persoalan, Ini Langkah Solutifnya
August 17, 2025By

Riset & Inovasi

tong sampah ramah lingkungan
KKNT 23 Umsida Rancang Tong Sampah Ramah Lingkungan untuk Kurangi Polusi Asap
September 10, 2025By
inovasi bell kuis
Bell Kuis, Inovasi Tim PKM Umsida Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah 5 Porong
August 14, 2025By
pendampingan UMKM Opak Samiler-min
Tingkatkan Optimasi Produksi Opak Samiler, Tim Abdimas Umsida beri Bantuan Mesin
August 13, 2025By
SFMS dosen Umsida
Dosen Umsida Kenalkan SFMS di ITBAD Lamongan, Permudah Manajemen File
August 8, 2025By
alat pasteurisasi susu
Alat Pasteurisasi Susu, Inovasi Dosen dan Mahasiswa Umsida Bantu Mudahkan Peternak
July 31, 2025By

Prestasi

perguruan tinggi terbaik
Umsida Mantapkan Posisi sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia
September 13, 2025By
mahasiswa Umsida raih 2 medali pencak silat
Belum Puas dengan 2 Medali, Mahasiswa Ini Bidik Prestasi di Pomprov
September 10, 2025By
mahasiswa Umsida jadi pesilat terbaik
Mahasiswa Umsida Raih Juara 1 dan Jadi Pesilat Terbaik di Kejuaraan Nasional
September 8, 2025By
mahasiswa PG PAUD juara pencak silat
Atlet Pencak Silat Umsida Raih 2 Juara Sekaligus dalam Kanjuruhan Fighter Competition II 2025
September 8, 2025By
kilab 2025
Lolos Kilab 2025, Fikes Umsida Kolaborasi Buat Mannequin Akupresur dengan LED dan Audio Indicator
September 7, 2025By