produk kopi Lebakjabung

Dukung UMKM Lokal, KKNP 59 Umsida Luncurkan Logo Baru Produk Kopi pada UMKM di Desa Lebakjabung

Umsida.ac.id – KKNP 59 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) meluncurkan logo baru untuk produk kopi lokal milik salah satu UMKM di desa Lebakjabung, kecamatan Jatirejo, kabupaten Mojokerto.

Lihat juga: KKNP 43 Umsida Branding Desain UMKM Tejowangi Melalui Pembuatan MMT

Kegiatan ini merupakan bagian dari program penguatan branding produk lokal guna meningkatkan daya saing kopi Lebakjabung di pasar yang lebih luas.  

Tak Banyak Produk Kopi yang Dikenal

produk kopi Lebakjabung

Desa Lebakjabung memiliki salah satu UMKM penghasil kopi berkualitas di Mojokerto.

Namun, banyak produk kopi lokal dari desa ini yang belum memiliki identitas visual yang kuat, sehingga sulit untuk dikenal oleh pasar yang lebih luas. 

Menyadari hal tersebut, KKNP 59 Umsida berinisiatif membantu UMKM dengan menciptakan logo baru yang lebih profesional dan menarik.  

Peluncuran logo ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk kopi lokal serta memperkuat identitas merek agar lebih menarik di pasar. 

Dengan desain yang lebih modern dan profesional, diharapkan produk kopi dari Desa Lebakjabung dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.  

Menurut Ketua KKNP 59 Umsida, Muchmmad Shobakhut Tohirin desain logo baru ini merupakan hasil diskusi dan kerja sama dengan pemilik usaha kopi di desa tersebut. 

Ia menjelaskan bahwa logo lama diganti dengan logo baru agar lebih menarik, mudah dikenali, serta dapat meningkatkan daya saing produk di pasar yang lebih luas.  

“Ketika kami berkunjung pada pertengahan Januari lalu, kami melihat bahwa logo salah satu UMKM kurang menarik, karenanya kami para mahasiswa umsida ingin membantu memperbarui logo tersebut agar memiliki identitas visual yang lebih kuat sehingga dapat bersaing di pasar yang lebih luas,” ujar Shobakhut.  

Lihat Juga :  Makin Dikenal! KKNP 61 Umsida Latih Branding Desa Sumberjati Dengan Cara Ini

Proses pembuatan logo ini melibatkan beberapa tahapan, mulai dari riset tentang karakteristik kopi Lebakjabung, wawancara dengan pemilik usaha kopi, hingga tahap desain dan penyempurnaan. 

Mahasiswa KKNP 59 Umsida berupaya memastikan bahwa logo baru tidak hanya terlihat menarik, tetapi juga mencerminkan karakteristik unik dari kopi Lebakjabung.  

Logo Baru yang Lebih Relevan

produk kopi Lebakjabung

Desain logo yang baru mengusung elemen-elemen yang mencerminkan keunikan kopi desa Lebakjabung, seperti warna khas biji kopi, elemen kakek sedang minum kopi, serta tipografi yang modern namun tetap memiliki kesan tradisional. 

Dengan kombinasi elemen tersebut, logo baru ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik visual dan membantu UMKM kopi dalam membangun citra merek yang lebih profesional.  

Pelaku UMKM kopi yang menerima logo baru ini menyambut baik inisiatif dari KKNP 59 Umsida. 

Dedik selaku pemilik usaha kopi dari desa Lebakjabung, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan dan begitu senang sekali. 

“Dengan adanya logo baru ini, produk kami memiliki ciri khas tersendiri. Harapannya, semakin banyak orang yang mengenal kopi dari Lebakjabung dan mendukung produk lokal,” ujarnya. 

Selain peluncuran logo, para mahasiswa Umsida juga memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM tentang bagaimana menggunakan logo sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. 

Lihat juga: Branding Kerupuk Ikan Tenggiri Khas Jatisari, KKNP 37 Umsida Manfaatkan Medsos

Dengan adanya branding yang lebih kuat, UMKM dapat menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan nilai jual produk mereka.  

 Penulis : Silfa Natari Lutfianti

Penyunting: Romadhona S.

Berita Terkini

magister ilmu komunikasi Umsida 1
Launching Magister Ilmu Komunikasi Umsida, Pendaftaran Sudah Dibuka!
October 28, 2025By
muhammadiyah
Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 2026 pada 18 Februari
October 23, 2025By
S2 Ilmu Komunikasi Umsida
S2 Ilmu Komunikasi Umsida Sudah Buka, Siap Cetak Pakar New Media
October 13, 2025By
prodi sains data
Umsida Resmi Buka S1 Sains Data, Siap Buka Peluang Data Analyst
October 11, 2025By
pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By
Umsida dan PT Mellcoir Sport Indonesia
Magang di PT Mellcoir Sport Indonesia, Mahasiswa Umsida Ikut Expo UMKM di Jakarta
October 3, 2025By
Bramasgana di Ponpes Al Khoziny
Bramasgana di Ponpes Al Khoziny: Sekitar 60 Korban Masih Tertimbun
October 2, 2025By
Umsida kampus ramah nonmuslim
Jadi Kampus Ramah Latar Belakang Agama, Ini Cerita Malvin dan Keluarga Tentang Umsida
September 3, 2025By

Riset & Inovasi

lang and tech
Lang and Tech, Inovasi PBI dan PTI Umsida Tunjang Materi secara Daring
October 19, 2025By
renalmu.com
Aplikasi Renalmu.com, Inovasi Dosen Umsida Dorong Transformasi Digital Pelayanan Hemodialisis di Rumah Sakit
October 17, 2025By
alat pemeriksaan kesehatan digital
Umsida Buat Alat Cek Kesehatan Tanpa Jarum, Mudahkan Pemeriksaan
October 9, 2025By
hibah PTTI dan PISN
Dosen Umsida Raih Hibah PTTI dan PISN 2025, Kenalkan Sidoarjo Melalui Film Dokumenter Budaya
October 7, 2025By
inovasi alat pembakaran sampah tanpa asap 3
Alat Pembakaran Sampah Tanpa Asap, Inovasi Dosen Umsida Tekan Masalah Sampah
September 25, 2025By

Prestasi

inovasi laboran MIK Umsida
Inovasi Augmented Reality Laboran MIK Umsida Antarkan Prestasi Gemilang
October 28, 2025By
Umsida perguruan tinggi unggul
Umsida Masuk 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Tahun 2025 Versi SINTA Score 3 Years
October 27, 2025By
Tim fisioterapi Umsida
Tim S1 Fisioterapi Umsida Juara 2 Medical and Health Competition Vol 2 2025
October 21, 2025By
inovasi limbah cangkang kupang 3
Olah Limbah Cangkang Kupang, Mahasiswa TLM Umsida Raih Juara 2 PKP2 PTMA 2025
October 19, 2025By
relawan pajak Umsida
Punya Relawan Pajak Terbanyak 2025, Tax Center Umsida Dapat Penghargaan dari DJP Jatim II
October 18, 2025By