Galakkan Filantropi Berbasis Kampus, KLL Umsida Tuan Rumah Workshop Lazismu Se-Indonesia

Umsida.ac.id – Prestasi Kantor Layanan Lazismu (KLL) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dalam gerakan filantropi berbasis kampus menjadikan Umsida terpilih sebagai tuan rumah kegiatan Workshop Membangun Inovasi Sosial Berbasis Kampus yang diselenggarakan oleh Badan Pengurus Pusat Lembaga Amal, Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu), Kamis (6/10).  Kegiatan ini diselenggarakan Kamis-Jumat (6-7/10) dengan peserta undangan 50 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah se-Indonesia.

Wakil Ketua Lazismu Jawa Timur Imam Hambali MEI menyampaikan 2 hal yang menjadi potensi umat islam yaitu aspek perdagangan atau bisnis dan aspek perzakatan. “Karena dua hal ini merupakan satu darah dalam gerakan apapun, baik gerakan dakwah, gerakan bisnis, ataupun dalam pengelolaan negara. Karena finansial adalah sesuatu yang utama,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Ia menyebut lahirnya gerakan perzakatan ini berawal dari mimpi untuk menggerakan dakwah sehingga gerakan ini dianggapnya sebagai peluang untuk mengembalikan potensi umat dan potensi islam yang telah terkuburkan. “Seandainya zakat ini benar-benar tumbuh dan dilaksanakan dengan sebenarnya, tentu akan banyak sekali,” tambahnya.

“Karena itu pekerjaan yang mulia ini, pekerjaan yang penuh dengan barokah ini harus kita laksanakan dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan ini menjadi embrio dalam gerakan zakat sekaligus gerakan Universitas Muhammadiyah di Indonesia. Mudah-mudahan kawan-kawan semua bisa mengikuti dengan sebaik-baiknya dan bisa memberikan satu sharing pengalaman-pengalaman di tempatnya sehingga kegiatan kantor layanan Lazismu di masing-masing perguruan Muhammadiyah ini akan semakin memberikan warna dalam gerakan filantropi Lazismu di Indonesia ini,” lanjutnya.

Peserta workshop lazismu Umsida

Rektor Umsida Dr Hidayatulloh MSi juga menyambut baik program Lazismu goes to campus. “Ini menjadi bagian dari ikhtiar kita untuk memberikan penguatan dari sisi keuangan lembaga,” ungkapnya. Ia menyampaikan, peran Lazismu yang ada di Umsida telah menunjukkan perkembangan yang baik dan telah membantu menyokong keuangan lembaga di Umsida. “Ada sekian ribu mahasiswa yang kami beri beasiswa dan itu sumbernya dari Lazismu Umsida,” imbunya.

Sementara Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Dr M Saad Ibrahim MA menyampaikan bahwa kegiatan zakat ini menjadi salah satu urusan negara.”Tentu kita memandang bahwa Muhammadiyah  ini juga memiliki kekuasan yang secara substansial sama dengan negara yaitu terkait dengan soal zakat ini,”ujarnya. Maka kegiatan ini sebagai upaya untuk memadukan sinergi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan Lazismu.

Lebih lanjut,  Dr M Saad Ibrahim MA menyebut kegiatan ini tidak cukup hanya dilakukan di PTMA, akan tetapi juga membidik amal usaha lain, khususnya rumah sakit. “Kalau di surat At-Taubah itu menyebut ayat 60 itu lebih menyebut untuk beberapa itu bersifat personal, walaupun ada konteks kelembagaan seperti amil, sabilillah dan sebagainya, itu lebih bersifat kelembagaan. Tapi barangkali untuk konteks kita ini prioritas utamanya adalah untuk kelembagaan,” ungkapnya.

Hasil pendanaan dari zakat, infaq, shadaqah ini akan diberikan kepada lembaga berbasis kampus yang masih merintis. “Maka yang ini artinya kita membangun ekosektoral kita dalam konteks perguruan tinggi dan itu kemudian kita melaksanakan tuntutan dari Allah,” sambungnya. Ia kemudian mendorong agar Lazismu melebarkan sayap dalam menggerakkan kegiatan zakat ini di rumah sakit dan sekolah.

Konsep Lazismu goes to campus dan sinergi antara Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) dengan Lazismu  ini dihadiri oleh Rektor Umsida Dr Hidayatulloh MSi, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Dr M Saad Ibrahim MA, Ketua BP Lazismu Pusat Dr Mahli Zainuddin, Dr Nuryadi Widjiharjono SE MSi, Dr KH Hamim Ilyas Dewan Syariah, Prof Hilman Latief MA PhD, serta seluruh perwakilan peserta dari PTMA se-Indonesia.

 

(Shinta Amalia Ferdaus)

*Humas Umsida

Berita Terkini

Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By