kurikulum merdeka dan kurikulum 2013

Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, Apa Perbedaan Hasil Belajarnya?

Umsida.ac.id – Dunia pendidikan di Indonesia banyak mengalami pergantian kurikulum yang menyesuaikan era generasi. Hingga sampai pada saat ini dibentuknya Kurikulum Merdeka yang diterapkan sejak Februari 2022.

Namun, masih ada sekolah dasar yang masih menerapkan kurikulum 2013 yang dikombinasikan dengan kurikulum merdeka seperti pada SD Muhammadiyah Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Seperti pada penelitian Vanda Rezania S Psi M Pd. 

Lihat juga: Dosen Umsida Buat Inovasi Mesin Steam Otomatis untuk Batik Eco Printing

Ia merupakan dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (PGSD Umsida) yang membuat penelitian berjudul Analisis Perbandingan Hasil Belajar pada Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kecamatan Tulangan. Penelitian ini ia lakukan di SD Muhammadiyah 2 Tulangan dan SD Muhammadiyah 8 Tulangan.

Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan dua kurikulum yang berbeda, yakni kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka.

Sebanyak 80 siswa kelas 1 dan 4 dipilih untuk menjadi subjek penelitian ini. Mengapa? karena di sekolah ini, peserta didik kelas 1 dan 4 pada bulan Juli tahun ajaran 2021/2022 diberlakukan penerapan kurikulum 2013 dan pada bulan Juli tahun ajaran 2022/2023 diberlakukan kurikulum merdeka.

Nilai rata-rata semester siswa menjadi acuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil penerapan kurikulum 29013 dan kurikulum merdeka.

Pengertian

kurikulum merdeka dan kurikulum 2013

Kurikulum 2013 merupakan metode belajar dengan menggunakan mata pelajaran terpadu, pendekatan saintifik, serta penilaian autentik. 

  • Beberapa mata pelajaran diintegrasikan menjadi satu mata pelajaran
  • Pendekatan saintifik dilakukan melalui keaktifan peserta didik, percobaan dan penalaran
  • Penilaian autentik diterapkan pada siswa agar mampu menunjukan kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mampu mencari solusi dari permasalahan yang terdapat di kehidupan sehari-hari.

Sedangkan kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang memiliki berbagai pendekatan intrakurikuler dengan yang dapat memaksimalkan peserta didik untuk mendalami konsep dan kompetensi yang membentuk karakter siswa dalam pembelajaran. Kurikulum ini dirancang agar siswa bisa belajar dengan suasana yang menyenangkan tanpa terbebani oleh nilai capaian pembelajaran.

Lihat Juga :  Dr Hidayatulloh: 111 Tahun, Usia yang Sangat Matang Bagi Organisasi Sosial Kemasyarakatan

Lihat juga: Umsida dan Desa Wedoroklurak Lakukan Pemeriksaan Kepada 80 Lansia Menggunakan Metode Non-Invasive

Perbedaan hasil belajar penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka

kurikulum merdeka dan kurikulum 2013

Berdasarkan data yang dihasilkan pada penelitian ini, Vanda menemukan beberapa perbedaan hasil antara penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah 2 dan SD Muhammadiyah 8 Tulangan, diantaranya:

  • Penerapan

Pada kurikulum 2013 tidak ada peserta didik yang dominan dalam pembelajaran tertentu, melainkan mengkombinasi tema di kehidupan sehari-hari. Sedangkan pada kurikulum merdeka, sangat mendukung peserta didik untuk meningkatkan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam penggunaan teknologi

  • Penilaian

Berdasarkan data dan hasil analisis terdapat perbedaan evaluasi kurikulum 2013 dan kurikulum yang sekarang adalah setiap mata pelajaran dinilai secara otentik dalam kurikulum 2013 yang dibagi menjadi 3 yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sedangkan pada kurikulum saat ini, penilaian autentik dilakukan untuk menguatkan dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila yang dalam penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan tidak dipisahkan. Kurikulum merdeka menggunakan lebih dari 2 penilaian, khususnya evaluasi perkembangan dan menggunakan penilaian hasil untuk mengambil konfigurasi sesuai tahap pencapaian siswa.

Lihat juga: Ini 6 Luaran Pengmas Dosen Umsida Tentang Digitalisasi UMKM

  • Mata pelajaran 

Terdapat perbedaan antara mata pelajaran yang disajikan di dua kurikulum ini. Pada kelas 1 kurikulum merdeka, lebih banyak mata pelajaran yang mana terdapat Kemuhammadiyahan. Sedangkan pada kurikulum 2013, tidak menggunakan mata pelajaran Kemuhammadiyahan. 

Sumber: Analisis Perbandingan Hasil Belajar pada Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kecamatan Tulangan oleh Vanda Rezania S Psi M Pd

Penulis: Romadhona S

Berita Terkini

rektor Umsida saat penguatan visi misi PPI AMF
Pesan Rektor Umsida untuk PPI AMF dalam Mewujudkan Pesantren Berkemajuan
December 21, 2024By
commsport 2024
Commsport 2024, 30 Tim Futsal Sekolah se-Jatim Meriahkan Event Tahunan Ikom Umsida
December 21, 2024By
kunjugan ITKES Musidrap ke Umsida_11zon
ITKES Musidrap Kunjungi Umsida, Ingin Belajar Lebih Tentang FKG
December 17, 2024By
pelantikan kepala sekolah SMAM 2 Sumberpucung
Pesan Rektor Umsida di Pelantikan Kepala Sekolah dan Perubahan Nomenklatur SMAM 2 Sumberpucung
December 17, 2024By
Stundent Mobility Umsida dan UniSZA
Lanjutkan Program Student Mobility dengan UniSZA Malaysia, Umsida Sambut dan Lepas 19 Mahasiswa
December 16, 2024By
Umsida dan MHH PWM Jatim Kumpulkan Pakar Hukum Indonesia
Umsida dan MHH PWM Jatim Kumpulkan Pakar Hukum Indonesia, Bahas Refleksi Akhir Tahun 2024
December 15, 2024By
Kisah Inspiratif Alumni Istimewa Umsida, Semangat Tak Terbatas
Kisah Inspiratif Alumni Istimewa Umsida, Semangat Tak Terbatas
December 15, 2024By
5 Poin Kolaborasi Hebat, Umsida dan Ombudsman RI Teken MoU untuk Masyarakat Lebih Maju
5 Poin Kolaborasi Hebat, Umsida dan Ombudsman RI Teken MoU untuk Masyarakat Lebih Maju
December 14, 2024By

Riset & Inovasi

Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
September 16, 2024By
ekonomi sirkular
Dosen Umsida Beri Pelatihan Penerapan Manajemen Usaha Berbasis Ekonomi Sirkular pada Proses Produksi Pangan Halal
September 14, 2024By
Pembelajaran Melalui E-Modul (4)
Umsida Dorong Inovasi Pembelajaran Melalui E-Modul Literasi Berbasis Etnopedagogi
September 11, 2024By
Mesin Perajang dan Pengaduk Sambal
Inovasi Mesin Perajang dan Pengaduk Sambal Otomatis 3 Dosen Umsida
September 8, 2024By
legalitas BUMDesa
Tim Abdimas Umsida Akan Urus 5 Legalitas BUMDesa di 2 Kabupaten Usai Bantu 2 Desa Ini
August 29, 2024By

Prestasi

Dr Tarman jadi guru besar 1
Rekam Jejak Dr Tarman Hingga Resmi Jadi Guru Besar Umsida
December 20, 2024By
warek 1 Umsida jadi guru besar 4
Jadi Guru Besar, Wakil Rektor 1 Umsida Buat Road Map Karir Sejak S3
December 19, 2024By
riset dan abdimas Umsida meningkat 1
Riset dan Abdimas Umsida Meningkat, 65 Proposal Penelitian Lolos Program Risetmu 2024
December 11, 2024By
MFQ FAI Umsida Sabet Juara Nasional Lagi
Semangat Tanpa Batas, Tim MFQ FAI Umsida Sabet Juara Nasional Lagi
December 8, 2024By
Mahasiswa PBA Umsida Raih Juara Video Kreatif Bahasa Arab di DLA Fair 2024
Mahasiswa PBA Umsida Raih Juara Video Kreatif Bahasa Arab di DLA Fair 2024
December 1, 2024By