Ma’had Umar Bin Khattab Umsida Luluskan 19 Wisudawan

Umsida.ac.id – Sebanyak 19 wisudawan dikukuhkan dalam kegiatan Wisuda ke-39 Ma’had Umar Bin Khattab Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang bertempat di Ruang Mini Teater, Kampus 1 Umsida, Kamis (15/9).  Hadir dalam acara tersebut Dekan FAI Umsida Dr Istikomah MAg dan Rektor Umsida Dr Hidayatulloh MSi.

Kepada tim jurnalis Umsida, Dekan FAI Umsida Dr Istikomah MAg menyampaikan kebanggaannya atas proses yang telah dilalui mahasiswa Umsida dalam menyelesaikan pendidikan hingga ke jenjang Diploma 2 (D-2). Ia menyebut, sebagian besar lulusan FAI tersebut berasal dari beragam latar belakang dan pengalaman.

“Karena memang mahasiswa FAI dari berbagai macam prodi ini sudah 30% yang sudah bekerja, kalau yang pasca sarjana hampir 100% sudah bekerja. Rata-rata mereka sebagai guru, ada yang sebagai kepala sekolah, ada yang sebagai sebagai pengawas, ada yang sebagai pengelola lembaga dan sebagainya. Untuk mahasiswa PAI rata-rata mereka mengajar di lembaga baik pendidikan formal maupun non formal, maka harapan saya bahwa setelah lulus mereka akan memiliki ilmu yang lebih luas dan mampu mendedikasikan keilmuannya itu lebih profesional terutama dalam menghadapi tantangan global ini,” jelasnya.

Diakuinya, alumni FAI Umsida telah banyak yang berkiprah di berbagai bidang, baik itu di ranah pendidikan maupun non pendidikan. “Rata-rata memiliki kompetensi yang lebih bagus, karena memang pembelajaran di FAI sudah didesain sesuai dengan perkembangan zaman dan anak-anak alhamdulillah yang belum bekerja tidak lama menunggu, mereka juga terserap dalam dunia kerja,” lanjutnya.

para peserta wisuda ma’had umar bin khattab

Sementara melalui sambutannya, Rektor Umsida Dr Hidayatulloh MSi, menyampaikan dukungan bagi mahasiswa yang telah lulus untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ia menyinggung kebijakan baru Kemendikbud terkait Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sebagai penguatan terhadap pengalaman belajar bagi siapa saja yang akan meneruskan pendidikannya.

“Anda semua punya pengalaman belajar 2 tahun di Ma’had, kalau anda ingin melanjutkan ke S-1, maka anda tidak perlu 4 tahun kuliahnya, anda cukup 2 tahun, karena perkuliahan anda 2  tahun ini diakui, itu namanya RPL. Ini merupakan kebijakan baru dari Kemendikbud yang baru diberlakukan tahun ini dan Umsida akan membuka tahun depan,” jelasnya.

Selain itu, fleksibilitas kebijakan pemerintah juga diberlakukan bagi mahasiswa baru yang memiliki keahlian tertentu. Mereka akan mendapat pengakuan dari institusi pendidikan. “Misalnya saja teknisi yang sudah punya keahlian, dia  lulus SMA, kerja di sebuah bengkel, dia expert sekali di situ, dia mau kuliah mau mengambil jalur RPL ini, kemampuan dia ini akan dihitung, ini setara dengan berapa SKS, sehingga nanti dia tidak harus kuliah penuh, nanti diverifikasi kemampuannya itu,” paparnya.

Rektor Umsida juga mengatakan, peraturan sudah dinyatakan resmi dan sudah terbit, sehingga sistem dan jalur RPL ini akan tertaut ke laman Kemendikbud.

“Setelah mengucapkan selamat kepada adik-adik para mahasiswa yang lulus D-2 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam ini, kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak ibu wali mahasiswa dan sekaligus menyampaikan permohonan maaf jika layanan kami selama ini kurang berkenan, inilah Umsida, terus berbenah, terus meningkatkan, insya allah semangat kita hari ini lebih baik dari kemarin, besok lebih baik dari hari ini dan itu semua akan mengantarkan keberhasilan dan kesuksesan kita bersama,” pungkasnya.

(Shinta Amalia Ferdaus)

*Humas Umsida

 

Berita Terkini

PAI Umsida Siap Hantarkan Mahasiswa Lulus Cepat dan Berkualitas
PAI Umsida Siap Hantarkan Mahasiswa Lulus Cepat dan Berkualitas
June 19, 2024By
Rektor Umsida Hadiri Purnawiyata SMK Mutia dan Sampaikan Rasa Bangganya
Rektor Umsida Hadiri Purnawiyata SMK Mutia dan Sampaikan Rasa Bangganya
June 18, 2024By
Penyembelihan hewan kurban
Umsida Sembelih 19 Ekor Hewan Kurban di 2 Tempat
June 18, 2024By
DAIK Umsida
DAIK Umsida Serahkan Dana Kurban Sebesar Rp 15 Juta Kepada PCM Sedati
June 17, 2024By
Semangat Berkurban dan Kesadaran Memajukan Masyarakat
Semangat Berkurban dan Kesadaran Memajukan Masyarakat
June 17, 2024By
PTI Umsida Berikan Peluang Kerja Lebih Luas
PTI Umsida Berikan Peluang Kerja Lebih Luas
June 16, 2024By
yudisium FST 2024
Yudisium FST 2024, Angkatan Pertama yang Berpedikat Institusi Unggul
June 15, 2024By
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
June 15, 2024By

Riset & Inovasi

prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By

Prestasi

PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By