• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa KKN-P 76 Manfaatkan Limbah Kayu menjadi Rak Pot Bunga

Umsida.ac.id – Mahasiswa KKN-P (Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan) kelompok 76 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memanfaatkan limbah kayu yang sudah tidak digunakan menjadi rak pot bunga untuk menambah nilai ekonomi masyarakat di Desa Legok, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Senin (22/03). Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama dua hari, hingga tanggal 24 Maret 2021.

Adanya ide ini berawal dari sekretaris desa yang memberikan informasi bahwa di Desa Legok terdapat sebuah pabrik. Namun limbah kayu di pabrik tersebut dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, tim KKN-P kelompok 76 membuat inovasi dengan mengolah limbah kayu tersebut menjadi barang yang bermanfaat dan mempunyai nilai jual tinggi.

Proses pengolahan limbah kayu yang dimanfaatkan kembali tersebut dilakukan di rumah Rafli, salah satu anggota tim KKN-P kelompok 76. Untuk proses pembuatan limbah kayu menjadi rak pot bunga pun cukup singkat, hanya membutuhkan waktu sehari saja.

Prosesnya dimulai dengan membentuk limbah kayu agar bentuknya seperti rak pot bunga. Setelah terbentuk menjadi rak pot bunga, maka dilakukan pengamplasan agar lebih halus. Kemudian diberi pewarnaan coklat dan mengukir nama tim KKN-P kelompok 76 pada rak pot bunga tersebut.

Tak hanya itu, pemanfaatan dari limbah kayu sebagai kreasi dari tim KKN-P kelompok 76 menggunakan desain yang baik. Sehingga limbah tersebut juga dapat menghasilkan karya seni yang bernilai jual.

Selain itu, limbah kayu juga banyak memberikan peluang bagi para pengusaha di masa pandemi. Sebagaimana kondisi saat ini, masyarakat dituntut untuk bisa berinovasi secara luas, salah satunya dengan memanfaatkan limbah kayu menjadi barang yang memiliki nilai jual.

Selanjutnya, rak pot bunga yang sudah jadi langsung disosialisasikan oleh tim KKN-P kelompok 76 ke Balai Desa Legok agar anak muda bisa memanfaatkan limbah kayu tersebut. Program ini dilaksanakan dengan melihat potensi Desa Legok yang memiliki kawasan pabrik kayu. Dalam pemanfaatan limbah kayu tersebut, masyarakat Desa Legok cenderung menggunakannya sebagai bahan bakar untuk memasak. Oleh karena itu, tim KKN-P kelompok 76 mengadakan sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan informasi dan praktik pemanfaatan limbah kayu menjadi rak pot bunga.

Melalui adanya sosialisai pemanfaatan limbah kayu menjadi rak pot bunga ini diharapkan dapat menjadikan masyarakat Desa Legok lebih kreatif.

Penulis : Safinatuz Zuhriyah
Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI