• Alumni
  • Alumni

Melalui Digital Marketing, Tim KKN-T Umsida Bantu UMKM Kembangkan Usaha Saat Pandemi

Umsida.ac.id – Perluas pemasaran melalui digital marketing, Isnaini, mahasiswa KKN-T Kelompok 3 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bantu UMKM Desa Pungging, Mojokerto kembangkan usaha saat pandemi covid-19, Rabu (23/9).

Pengembangan usaha ini dilakukan oleh Isnaini dengan melakukan pemasaran secara online melalui media sosial. “Pemasaran online ini saya lakukan dengan membuatkan akun instagram khusus dan juga whatsapp business guna memudahkan merekap pesanan online untuk penjualan jajanan Millenial milk Bu Aini seperti martabak usus, martabak ayam, dan lumpia,” terangnya.

Isnaini menambahkan, “Selain itu juga saya jelaskan mengenai cara upload atau mengaplikasikan social media sebagai lapak penjualan guna memperoleh laba maksimal di masa pandemi.”

Tak hanya melalui instagram, mahasiswa prodi Akuntansi ini juga menambahkan merk dagang hingga mempercantik display produk. “Sebelumnya, usaha milik Bu Aini belum memiliki label produk. Saya lakukan penambahan label dan mengedukasi pemilik usaha mengenai editing foto produk,” paparnya.

salah satu inovasi dalam pembuatan digital branding oleh mahasiswa KKN-T Umsida

Sisi lain, pendampingan pemasaran yang dilakukan oleh mahasiswi KKN-T Umsida ini mendapatkan apresiasi oleh pemilik usaha. “Saya sangat beruntung dan berterima kasih sudah di bantu mbak Isnaini, saya bisa mempromosikan produk jajan millennial saya melalui online yang sebelumnya saya gaptek (gagap teknologi) terutama di sosial media. Tentunya dengan adanya pemasaran online ini membuat dagangan saya semakin rame dan maksimal,” ungkap Bu Aini.

Isnaini mengaku bangga karena dapat menjalani tantangan di masa pandemi untuk melakukan pendampingan usaha secara digital menuju customer online. “Saya sendiri bangga dalam hal ini yang merupakan salah satu tantangan dan pengalaman baru untuk menebus pasar online guna mengembangkan usaha UMKM pada masa pandemic Covid-19. Positif thinking sebelumnya juga diperlukan untuk dapat mengedukasi pemilik usaha menuju customer online,” pungkasnya.

Ditulis : Erika Mulia Arsy

Edit : Etik Siswati Ningrum

Leave a Reply