Menjadikan Sekolah Swasta sebagai Pilihan Calon Peserta Didik

Menjadikan Sekolah Swasta Sebagai Pilihan Calon Peserta Didik

Umsida.ac.id– Adanya kebijakan zonasi yang diselenggarakan sejak tahun 2019, menjadi sebuah kabar baik sekaligus kabar buruk untuk beberapa sekolah swasta. Kabar baiknya, sekolah swasta kembali menjadi pilihan untuk para peserta didik yang jarak rumahnya jauh dari sekolah negeri, Nsmun hal ini menjadi kabar buruk untuk sekolah swasta yang letaknya berdekatan dengan sekolah negeri.

Kebijakan zonasi ini memiliki tujuan untuk pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia, dan peserta didik tidak lagi terlambat ke sekolah. Sehingga dengan adanya kebijakan ini, sekolah swasta kembali mengatur strategi untuk menjadi sekolah pilihan calon peserta didik.

Disinilah, branding sekolah menjadi sangat penting dan menjadi sebuah hal yang wajib, ditambah era teknologi zaman sekarang dapat mempengaruhi banyak masyarakat melalui sosial media. Semakin eksis di kaca handphone masyarakat, maka sekolah tersebut akan menjadi salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan oleh masyarakat di luar sana.

Maka, penulis melakukan wawancara bersama wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo yang menjadi sekolah swasta favorit masyarakat Sidoarjo. Memiliki visi dan misi yang dibuktikan secara nyata, serta memiliki tujuan yang besar, SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo memiliki branding yang kuat di mata masyarakat Sidoarjo hingga luar kota sidoarjo.

Branding yang di bangun oleh SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo menganut 4 konsep, yakni identitas branding, penentu posisi branding, komunikasi branding, dan personality branding.

Identitas branding yang digunakan oleh SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo adalah sekolah Muhammadiyah yang menggunakan pendidikan holistik. Artinya, sekolah tersebut merupakan sekolah yang melibatkan semua aspek, mulai dari jiwa hingga raga dari peserta didik itu sendiri.  Jadi secara singkatnya, identitas branding di mata masyarakat mengartikan bahwa SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo adalah sekolah yang menggunakan semua kecerdasan peserta didik sebagai prioritas utama. Cara yang mereka lakukan adalah dengan melakukan tes minat bakat peserta didik sebelum masuk ke tahap pembelajaran, tes kemampuan dan kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik, yang kemudian diklasifikasikan ke beberapa jenis kelas, seperti kelas unggul di bidang akademik, non akademik dan lain sebagainya.

Dilanjutkan dengan penentu posisi branding yang mana menjadi pembeda dengan sekolah swasta lainnya yaitu memiliki unit usaha yang terus di lakukan, memiliki sportcenter, auditorium dan lain sebagainya.

Kemudian pada personality branding, sekolah SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo memiliki tujuan yang berkemajuan dan memiliki rencana menjadi sekolah bertaraf ASEAN di tahun 2020-2036. Dengan didukung kelas internasional yang dimiliki, menjadikan hal tersebut sebagai langkah awal dalam mencapai tujuan.

Komunikasi branding tidak kalah pentingnya dalam hal ini. Didukung menjadi sekolah yang berada dalam naungan langsung persyarikatan Muhammadiyah, sekolah ini dapat menjalin komunikasi yang baik dengan sekolah-sekolah Muhammadiyah lainnya.

Empat branding tersebut menjadikan SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo menjadikan sekolah swasta yang sukses, ditambah dengan penguatan sosial media yang terus digencarkan oleh sekolah tersebut. Sekolah ini bahkan memiliki banyak peminat di instagram yaitu sebanyak 6.409 pengikut, tiktok sebanyak 4.107 pengikut, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo menjadi salah satu sekolah swasta yang memilki branding melekat di masyarakat Sidoarjo.

Branding tersebut dapat dicontoh oleh sekolah swasta lainnya, sehingga dapat bersaing di tengah kebijakan zonasi. Menjadi sekolah yang lokasinya di tengah kota tentu menjadi tantangan tersendiri, namun dengan membangun branding yang baik di hadapan masyarakat, akan menjadikan sekolah swasta tersebut sebagai pilihan utama peserta didik, dan pasti akan mendapat kepercayaan penuh di lingkungan masyarakat.

Penulis: Najmy Hanifah

Editor: Rani Syahda Hanifa

*Humas Umsida

Berita Terkini

KWU Fest 2025_
KWU Fest 2025, Bentuk Generasi Wirausaha Tangguh di Era Industri 4.0
May 4, 2025By
halbil PWM Jawa Timur 2
Jadi Tuan Rumah Halalbihalal PWM Jawa Timur, Umsida Luncurkan UCS
April 26, 2025By
Dr Alfan lulusa S3 cum laude
Dr Alfan Selesaikan Studi S3 dengan Predikat Cum Laude di Tengah Tugas Struktural
April 24, 2025By
Fakultas Kedokteran UMMAT dan Umsida
Fakultas Kedokteran Lahir Beriringan, UMMAT Berkunjung ke Umsida
April 23, 2025By
strategi branding lembaga oleh Umsida
Kasi Branding Umsida Beri Tips Branding Lembaga Pendidikan di Era Digital
April 23, 2025By
halalbihalal IMM Sidoarjo 4
Halalbihalal IMM Sidoarjo, Rektor Umsida Beri 5 Makna Fastabiqul Khoirot
April 22, 2025By
Seminar FKG Umsida
FKG Umsida Bersama Unair dan PDGI Sidoarjo Edukasi Deteksi Osteoporosis dengan Radiografi Panoramik
April 21, 2025By
Siap-Siap UKOM! LSP Umsida Buka Pendaftaran Periode 1 Tahun 2025
Siap-Siap UKOM! LSP Umsida Buka Pendaftaran Periode 1 Tahun 2025
April 21, 2025By

Riset & Inovasi

Lupa Kata Saat Pidato Bahasa Inggris? Dosen Umsida Kini Punya Strategi Circumlocution
Lupa Kata Saat Pidato Bahasa Inggris? Dosen Umsida Kini Punya Strategi Circumlocution
May 9, 2025By
SAMR Jadi Andalan Umsida Cetak Guru Milenial yang Siap Hadapi Dunia Pendidikan Digital
SAMR Jadi Andalan Umsida Cetak Guru Milenial yang Siap Hadapi Dunia Pendidikan Digital
May 2, 2025By
Kanker Serviks Bisa Dicegah Lebih Dini, Jangan Abaikan!
Kanker Serviks Bisa Dicegah Lebih Dini, Jangan Abaikan!
April 19, 2025By
Trichoderma, Penyelamat Tembakau dari Serangan Layu Bakteri
Trichoderma, Penyelamat Tembakau dari Serangan Layu Bakteri
April 16, 2025By
Tennis Elbow Bukan Lagi Momok, Fikes Umsida Punya Solusinya!
Tennis Elbow Bukan Lagi Momok, Fikes Umsida Punya Solusinya!
April 14, 2025By

Prestasi

juara 3 Pilmapres 2025 2
Jadi Juara 3 Pilmapres PTMA, Mahasiswa Umsida Siap Lanjut ke Tingkat LLDIKTI
March 27, 2025By
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
March 25, 2025By
Umsida Bersinar! Cinthya Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
Umsida Bersinar! Cinthya Putri Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
March 20, 2025By
ASEAN Competition di Sabet Mahasiswa Umsida
Prestasi Gemilang! Aprilia Ayu Harumkan Umsida ke Panggung Internasional AEF 2025
March 10, 2025By
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
March 6, 2025By