problem based learning (PBL)

Proses Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran

Umsida.ac.id – Ada banyak metode pembelajaran yang bisa diterapkan para guru kepada siswanya agar suasana belajar lebih menarik dan tidak membosankan. Salah satu metodenya yakni problem Based Learning (PBL).

Salah satu dosen Umsida bernama Vanda Rezania SPsi MPd yang melakukan penelitian berjudul Problem Based Learning: Gambaran Umum Tentang Proses dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran.

problem based learning (PBL)

Apa itu Problem Based Learning?

Problem Based Learning (PBL) merupakan metode pembelajaran yang memungkinkan siswanya untuk belajar melalui pemecahan masalah kontekstual yang realistis. PBL berbeda dengan metode pembelajaran tradisional seperti pembelajaran berbasis ceramah atau tugas. Dalam metode belajar ini, siswa terlibat langsung untuk aktif selama belajar.

Lihat juga: Dampak Buruk Digitalisasi, Ini Contoh Degradasi Moral

Tujuan metode PBL

Fokus utama metode pembelajaran ini adalah adanya masalah yang ada di lingkungan dan melibatkan siswa untuk menemukan jalan keluar dari masalah tersebut secara bersama-sama.

Tujuannya adalah untuk mengenalkan pemecahan masalah, cara berpikir kritis, cara bekerja sama, dan kemampuan komunikasi siswa. Dengan metode ini, siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih detail tentang konsep yang dipelajari. Selain itu, mereka juga mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan ketika mereka berada di situasi yang nyata.

Oleh karena itu, metode Problem Based Learning dapat digunakan sebagai pendekatan pembelajaran yang adaptif dan fleksibel sehingga siswa bisa terus belajar di lingkungan yang tidak teratur atau berubah-ubah.

problem based learning (PBL)

PBL memiliki 4 kunci karakteristik yaitu:

1. Topik masalah

Metode pembelajaran PBL diawali dengan merancang masalah untuk memperluas pengetahuan siswa. Masalah yang dirancang dengan kreatif dan berkualitas merupakan salah satu kunci suksesnya metode PBL. Selain itu, masalah tersebut dirancang dari sudut pandang pengajar dan juga siswa, jadi bisa memproyeksikan bagaimana tingkat kesulitan dan solusi yang bisa dilakukan siswa.

Lihat juga: Mengenal E-Comic, Salah Satu Fun Learning untuk Siswa Agar Tidak Bosan

2. Tutotial PBL

Metode PBL juga memiliki urutan kegiatan agar bisa berjalan dengan lancar masal. Yang pertama yaitu membaca masalah, hal ini bisa diawali dengan dengan cara siswa menyebutkan apa yang mereka tidak ketahui sehingga hal tersebut bisa memunculkan inti masalah.

Selanjutnya, dari adanya masalah tersebut siswa bisa bertukar pikiran dan berdiskusi tentang masalah atau ketidaktahuan tersebut, lalu meringkasnya.

Setelah mendapatkan solusi dari masalah tersebut, mereka bisa mengutarakan pendapat atau solusi melalui debat akademik dan praktek klinis. Dari situlah mahasiswa aktif untuk menyelesaikan masalah dari sudut pandang masing-masing.

3. Proses Penemuan

Dengan menyediakan topik permasalahan yang dikembangkan oleh siswa melalui pengetahuan dan kreativitas, itu bisa menjawab suatu permasalahan. Dari hal tersebut dapat mendorong mereka bekerja keras, melakukan yang terbaik untuk memecahkan suatu masalah dengan kreativitas masing-masing. Inilah yang dinamakan dengan pengalaman yang mengalir.

4. Belajar menyenangkan

Metode pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu cara untuk menjadikan suasana belajar lebih menyenangkan. Hal ini dikarenakan metode PBL melibatkan level tinggi dari aktivitas dan keterlibatan di level berpikir kritis serta kreatif. PBL memang sedikit sulit, namun juga menyenangkan di saat yang bersamaan.

Dari hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa metode pembelajaran PBL bisa diterapkan kepada pelajar di berbagai jenjang sebagai alternatif dari metode pembelajaran tradisional yang cenderung mengutamakan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. PBL juga secara signifikan berdampak pada pembelajaran yang dapat meningkat prestasi, motivasi, aktivitas belajar, memunculkan inovasi pembelajaran, dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Lihat juga: Kenali Penyebab dan Dampak Karyawan yang Over Time dan Shift Kerja dari Riset Dosen Umsida

Sumber: Problem Based Learning: Gambaran Umum Tentang Proses dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran oleh Vanda Rezania SPsi MPd
Penulis: Romadhona S

Berita Terkini

160 PTS Ikuti Klinik SPMI LLDikti 7 Jatim di Umsida
May 16, 2024By
pusat studi SDGs
Pusat Studi SDGs Umsida Gelar Studi Banding Perdana di 2 Kampus Sekaligus
May 16, 2024By
Dosen Umsida Bersama UMS Tingkatkan UMKM Kerupuk Samiler Pasuruan
Dosen Umsida Bersama UMS Tingkatkan UMKM Kerupuk Samiler Pasuruan
May 15, 2024By
media visit radio elshinta
Lakukan Media Visit ke Radio Elshinta, Mahasiswa Umsida Intip Serunya Siaran 24 Jam Nonstop
May 15, 2024By
Visit Otsuka Factory Oleh Mahasiswa Psikologi Umsida
Pahami Tata Laksana SDM, Prodi Psikologi Umsida Adakan Factory Visit di PT Amerta Indah Otsuka
May 14, 2024By
Abdimas Umsida
Kolaborasi 2 Prodi Umsida dalam Abdimas Meningkatkan Digital Marketing dan Branding Sekolah
May 14, 2024By
Bangun Jembatan Harapan, Dosen Psikologi Umsida Berbagi Ilmu di Asosiasi Anak Spastik Malaysia
Bangun Jembatan Harapan, Dosen Psikologi Umsida Berbagi Ilmu di Asosiasi Anak Spastik Malaysia
May 13, 2024By
Edukasi atlet sepatu roda
Fisioterapi Umsida Bersama Praktisi RSUD Sidoarjo Edukasi Atlet Sepatu Roda Atasi Cedera
May 13, 2024By

Riset & Inovasi

Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By

Prestasi

Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By