• Alumni
  • Alumni

Prodi THP Umsida Hadirkan Inovasi Makanan Sehat

umsida.ac.id – Kesadaran Masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat di masa pandemi membuat dua orang mahasiswa prodi Teknologi Hasil Pangan (THP) mengembangkan daun kelor menjadi makanan siap konsumsi. Produk makanan yang diberi nama melor ini merupakan terobosan inovasi terbaru untuk pengolahan daun kelor.
Dua orang mahasiswa prodi THP tergabung dalam tim D2 yang berasal dari penggabungan kedua nama mereka yaitu Desi dan Deni. Menurut Desi Utami salah satu anggota tim, ide ini muncul karena melihat minat masyarakat yang masih rendah terhadap produk olahan daun kelor yang dianggap masih monoton sehingga kurang diminati.
Selain itu, masyarakat juga masih belum sadar terhadap manfaat dari daun kelor tersebut “Inovasi kami muncul untuk memenuhi kebutuhan gizi dan memperbaiki taraf kesehatan masyarakat, selain itu sebenarnya kita ikut lomba mau nunjukin ini loh karya dari anak teknologi pangan, soalnya banyak kan orang yang mandang sebelah mata bahkan tidak mengetahui kalau misalnya ada jurusan teknologi pangan” ujarnya, Kamis (26/11).
Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah untuk didapatkan seperti daun kelor, tepung terigu, telur, garam, tepung tapioka dan bawang putih saja. Dalam pemilihan daun kelor juga harus yang terbaik yaitu daun yang tidak terlalu tua karena dapat menyebabkan rasa yang pahit.
Pada proses pengolahannya universitas muhammadiyah memfasilitasi alat alat yang di butuhkan, salah satunya seperti lemari pemanas dengan suhu yang telah di atur karena akan menghasilkan warna yang lebih baik, menjaga kandungan gizi agar tidak hilang, serta mencegah adanya partikel partikel seperti polusi udara yang menempel pada produk. Selain itu, mie sehat dari bahan daun kelor ini non-msg. Keunggulan produk ini adalah kekenyalan mienya yang sangat bagus.
Deni Windarti menjelaskan motivasi dalam berkarya dan mengikuti lomba, “Awalnya kami penasaran gimana menciptakan inovasi baru dari daun kelor. Sempat mencoba berkali-kali dan gagal terus hingga H-1 kita membuat mie dengan perasaan pasrah. Alhamdulillah bisa menang,” jelasnya saat ditemui tim khazanah.
Mereka berharap dari produk ini semakin banyak masyarakat yang mengkonsumsi makanan sehat, seperti mie kelor. Karena sejatinya, pembuatan mie sehat ini bisa dilakukan sendiri dim rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar dengan pengolahan yang mudah.

*Etik Siswati Ningrum

Leave a Reply

Berita Terkini

Sarpras Umsida Siap Menghadapi Perkuliahan Tatap Muka
February 25, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Memahami Fintech dan Digital Marketing Lewat Webinar
February 25, 2021
Umsida Optimalkan Perkuliahan Tetap Berjalan Saat Pandemi lewat Fasilitator dan e-learning
February 24, 2021
Lewat Webinar, Umsida Ajak Masyarakat lebih dekat kenali Fintech Syariah
February 24, 2021
Umsida Gelar Webinar Kebijakan Pendidikan di Amerika Serikat Masa Covid-19 dan Munculnya Fenomena Self Education
February 24, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI