• Alumni
wellreplicas for sale in usa recognized command with dining room table ceremony.
  • Alumni

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (selanjutnya disebut UMSIDA) dengan semboyannya “Dari Sini Pencerahan Bersemi” termasuk salah satu universitas swasta di Jawa Timur yang berkomitmen menjadi salah satu perguruan tinggi unggul dan inovatif dalam pengembangan IPTEKS berdasarkan nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan masyarakat di mana UMSIDA menjadi pusat pencerahan melalui pengembangan sumber daya manusia yang berorientasi pada iman, ilmu, dan amal serta pengembangan tradisi intelektual untuk mewujudkan masyarakat yang berkemajuan. UMSIDA akan terus berperan aktif dalam proses pembangunan nasional dengan melahirkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidangnya, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dilandasi nilai- nilai keimanan dan akhak mulia. Harapannya, mereka menjadi insan yang mandiri, berwawasan luas, sadar akan keberadaannya dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, serta ikhlas dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas amar ma’ruf nahi munkar. Untuk mencapai cita tersebut, UMSIDA selanjutnya melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pembinaan al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

UMSIDA di usianya yang ke-35 telah menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Jumlah program studi saat ini sebanyak 27 program studi dan terdapat penambahan 2 program studi baru di tahun 2019 ini yaitu Pendidikan Profesi Bidan (Sarjana Kebidanan dan Profesi Bidan) serta Fisioterapi (Diploma III). Jumlah fakultas dari yang awalnya 9 Fakultas berubah menjadi 5 Fakultas yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Sains dan Teknologi (penggabungan Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian), Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (penggabungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (penggabungan Fakultas Psikologi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). 

Sekitar 8972 mahasiswa kini tengah menempuh studi di masing-masing prodinya. Peringkat akreditasi institusi UMSIDA yaitu B berdasarkan SK nomor 229/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015. Hal ini merupakan suatu capaian dari komitmen sivitas akademika untuk memajukan lembaga. Hal ini diwujudkan UMSIDA melalui kerja keras meningkatkan pelayanan pendidikan tinggi yang memenuhi standar mutu baik aspek tenaga pendidik, layanan administrasi akademik, dan sarana-prasarana pendidikan.

Layanan administrasi akademik di UMSIDA hampir seluruhnya sudah dapat diakses dan dilakukan secara online. Ini memungkinkan proses layanan berlangsung lebih cepat dan mudah. Seiring hal tersebut, penyediaan fasilitas belajar yang representatif juga terus dikembangkan melalui pembangunan gedung baru untuk ruang perkuliahan dan pengadaan peralatan bagi laboratorium. Termasuk di dalamnya adalah pengembangan layanan perpustakaan di tiap kampus UMSIDA yang menjadi salah satu nadi bagi kehidupan sebuah universitas. Perpustakaan UMSIDA saat ini telah menyediakan lebih kurang dari 25.951 eksemplar buku dari 13.591 judul buku serta  jurnal-jurnal terakreditasi nasional dan internasional lbh kurang 4082 eksemplar dari 717 judul jurnal.

Akreditasi Institusi

SK nomor 229/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015

Saat ini UMSIDA sedang bersiap menyongsong re-akreditasi institusi dan insya Allah pada tahun 2020 bisa mendapatkan peringkat akreditasi institusi A.

Fakultas

5

Program Studi

27

Webometrik

201

Perkuliahan & Seminar

Perkuliahan tatap muka dilakukan dengan menggunakan ruang kuliah yang terdapat di empat kampus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Ruangan nyaman dan kondusif dengan kelengkapan alat bantu mengajar seperti whiteboard,, inFocus dan LCD Proyektor, Wireless, Speaker Active, serta peralatan audio visual lain dalam menunjang perkuliahan di kelas. Selain itu, terdapat auditorium besar di kampus I

Sarana dan Prasarana

Untuk menunjang secara optimal pelaksanaan kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo telah membangun fasilitas-fasilitas berupa:

Gedung Kampus I

Gedung kampus terdapat di jantung kota Sidoarjo tepatnya di jalan Mojopahit 666-B Sidowayah. Gedung kampus I terdiri dari 5 bangunan 3 gedung berlantai 3 dan 2 gedung berlantai 7 yang difungsikan sebagai gedung perkantoran, perkuliahan, dan perpustakaan pusat. Sebagai pusat administrasi utama yang memfasilitasi berbagai layanan administrasi, baik yang bersifat akademik maupun non akademik, mulai dari Rektorat, Direktorat Akademik (DA), Direktorat Keuangan dan Bisnis (DKB), Direktorat Pengelolaan Aset dan Lingkungan (DPAL), Badan Penjamin Mutu (BPM), Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia (DPSDM), Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI), Direktorat Kerjasama Kemahasiswaan dan Alumni (DKKA), Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Sekretariat Universitas dan Urusan Internasional, Badan Perencanaan, Pemeliharaan dan Pengendalian Pembangunan (BP4), Lembaga Al-Islam Kemuhammadiyahan (LIK), Pusat Bahasa, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), dan UPT Perpustakaan. Di kampus I juga terdapat berbagai pusat studi di bawah tanggung jawab DRPM. Di kampus I juga terdapat Unit Kegiatan dan Organisasi Kemahasiswaan sebagai wadah kreativitas mahasiswa dalam bidang akademik dan non-akademik. Aula KH Mas Mansur dan Auditorium KH Ahmad Dahlan serta Mini Theatre juga melengkapi fasilitas di Kampus I. Lahan Parkir lantai 6 yang representatif digunakan sebagai parkir kendaraan mahasiswa, dosen, dan karyawan UMSIDA.

Gedung Kampus II

Gedung kampus II terletak di Jalan Raya Gelam 250 Candi Sidoarjo, digunakan untuk perkuliahan Fakultas Sains dan Teknologi. Bangunan kembar yang berdiri megah dengan 4 lantai ini, dilengkapi sarana belajar berupa Laboratorium Komputer dan Internet untuk Fakultas Sains dan Teknologi dan Green House, Laboratorium Bahasa, Laboratory Center, Bussines Center, Lembaga Layanan dan Bimbingan Konseling, Lembaga Konsultan Bantuan Hukum (LKBH), Perpustakaan, dan Ruang Diskusi.

Gedung Kampus III

Gedung kampus III adalah tempat perkuliahan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan Program Studi D-III Kebidanan, D-IV Teknologi Laboratorium Medis, D-IV Manajemen Informasi Kesehatan (Rekam Medis), S1 Pendidikan Profesi Bidan, dan D-III Fisioterapi yang terletak dikawasan Lebo, Wonoayu – Sidoarjo. Sarana prasarana di kampus ini dilengkapi dengan gedung perkuliahan, laboratorium lengkap untuk setiap prodi, gedung Rusunawa serta saat ini dalam proses pembangunan gedung terpadu At Tanwir 23 lantai, Klinik, gedung untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan serta sarana pendukung lainnya

Laboratorium

Selain Laboratorium Komputer dan Internet Terpadu, UMSIDA mempunyai Laboratorium Bahasa Inggris yang terdapat dikampus I dan II. Setiap Fakultas maupun program studi masing-masing juga mempunyai laboratorium yang disesuaikan dengan arah pengembangan konsentrasi yang dimiliki, seperti: Laboratorium AIK, Pusat Studi Pembelajaran, Laboratorium Micro Teaching, dan Laboratorium Bahasa, Laboratorium Manajemen, Laboratorium Akuntansi (manual atau komputer), Mini Bank dan Laboratorium Komputer, Laboratorium Elektro, Laboratorium Mekanik, Studio Audio Visual, Radio, Laboratorium Psikologi, Green House, Laboratorium Desain Grafis, Laboratorium e-Governance, Laboratorium Studio Radio Televisi, Laboratorium Play Teraphy, Obsesvasi dan Pusat Terapi ABK, Laboratorium Konseling, Laboratorium Klasikal, Laboratorium Eksperimen, Laboratorium Individu, Laboratorium Pembelajaran PAUD, Laboratorium Bengkel Kerja, Laboratorium SAC, Laboratorium Pengadilan Semu, Laboratorium Kontrak Bisnis, Laboratorium Kebidanan, Laboratorium Teknologi Laboratorium Medik, serta Laboratorium Manajemen Informasi Kesehatan.

Perpustakaan

Di samping perpustakaan di tiap-tiap fakultas, UMSIDA memiliki perpustakaan pusat yang terdiri dari 3 lantai bertempat di kampus I. Di dalamnya terdiri atas berbagai koleksi buku, mulai dari text book, reference book, buku populer, kamus dan ensiklopedia, jurnal (nasional dan internasional), laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, majalah jurnal ilmiah, serta surat kabar. Di perpustakaan pusat juga terdapat koleksi literatur dalam berbagai bentuk maupun bahasa yang dikelola dan dikembangkan dengan sistem komputer yang sudah terkoneksi dengan PTM se-indonesia melalui digital library www.elib.umsida.ac.id guna memudahkan pencarian informasi. Selain di Kampus I, perpustakaan juga ada di Kampus II dan III.

Informasi dan Bursa Kerja

Dalam menunjang kegiatan selepas kuiiah, Direktorat Kerjasama, Kemahasiswaan dan Alumni selalu mengembangkan dan memperluas informasi maupun bursa kerja guna membantu pencarian kerja bagi mahasiswa secara umum. Selain itu program lain yang dapat menunjang kegiatan diantaranya melalui program KBPK (Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja), pemagangan kerja mahasiswa melalui kegiatan Magang Kewirausahaan (MKU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), maupun Kuliah Kewirausahaan (KWU).

Dosen dan Staf Teknis

Dosen UMSIDA memiliki kualifikasi akademik S2 dan S3 baik dari dalam maupun luar negeri. Mereka juga berprestasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga UMSIDA diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi termasuk kategori perguruan tinggi kluster Utama.

Dibidang akademik, UMSIDA terus mengembangkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan didukung dosen yang berkualifikasi. Saat ini UMSIDA mempunyai dosen tetap sebanyak 218 orang dengan kualifikasi: 32 lulusan S3, 188 lulusan S2, dan 29 dosen proses penyelesaian studi S3, yang terdiri dari akademisi dan praktisi dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, baik dalam maupun luar negeri. Hal ini membantu dan menjalin link and matchantara UMSIDA, perusahaan dan pemerintahan, UMSIDA juga didukung oleh 103 orang yang terdiri dari staf adminitrasi, teknisi, dan laboran yang masing masing ahli dalam bidangnya, Untuk meningkatkan keahlian dan kualitas SDM, UMSIDA memberikan kesempatan pada staf teknis dan dosen untuk meningkatkan jenjang pendidikan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Mahasiswa

Saat ini UMSIDA mendidik 8990 mahasiswa dari berbagai wilayah, mulai Aceh sampai Nusa Tenggara Timur, Jumlah tersebut termasuk mahasiswa asal Thailand. Dengan latar belakang yang berbeda, menjadikan kuliah di UMSIDA ibarat menapak sebuah “dunia kecil” tempat berinteraksi informasi antara individu dan komunitas yang beragam.

Organisasi & Kegiatan Mahasiswa

Dalam mengembangkan kemampuan personal tidak cukup hanya ditempuh melalui perkuliahan, mahasiswa perlu melibatkan diri dalam organisasi mahasiswa. UMSIDA mendukung mahasiswa memgembangkan diri melalui organisasi. Organisasi mahasiswa yang dapat dijadikan tempat melatih kepemimpinan maupun mengaplikasikan segala kemampuan yang dimiliki, diantaranya organisasi intra mahasiswa yang menjalankan fungsi sebagai “student government” mulai dari Majelis Permusyawaratan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM-U), BEM Fakultas hingga ditingkat prodi yaitu: Himpunan Mahasiwa Prodi (Himaprodi) yang berfungsi juga sebagai wadah pengembangan keprofesian sesuai dengan disiplin ilmunya. Disamping itu, terdapat juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti McV, Ikabama, Teater Gedhek, PSM Suryanada, PiKM, Olahraga, LSMK, Hisbul Wathan, Tapak Suci, Ju-Jitsu, Kewirausahaan, dan Himpas. IMM sebagai organisasi otonom organisasi intra kampus. Organisasi dan kegiatan kemahasiswaan berada di Kampus I, II, dan III.

Lembaga dan UPT

Untuk lebih siap di kancah perguruan tinggi nasional, UMSIDA telah membentuk 4 lembaga, yaitu: Lembaga Al Islam Kemuhammadiyahan (LIK), Lembaga Bahasa, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Selain itu juga terdapat beberapa Pusat Studi, yaitu : Pusat Studi Al-lslam dan Kemuhammadiyahan, Pusat Studi Kawasan dan Kebijakan, Pusat Studi Lingkungan, Pusat Studi Wanita, dan Pusat Studi Kewirausahaan. Selain itu, UMSIDA juga memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT) yaitu: UPT Perpustakaan.