Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokātuh

Syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. atas limpahan rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya sehingga kita mampu menjalankan tugas dan tanggungjawab dalam pengelolaan dan pengembangan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida).

Dalam sejarahnya, Umsida dirintis sejak tahun 1984 dengan membuka Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Sidoarjo, selanjutnya pada tahun 1990 bertambah lagi dengan turunnya SK Kemendikbud tentang ijin pendirian Sekolah Tinggi Teknik Informatika (STTI) dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP). Pada tahun 2000, semua Sekolah Tinggi yang ada secara resmi digabung menjadi Umsida.

Sampai dengan tahun akademik 2018/2019 Umsida memiliki 5 Fakultas dan 26 Program Studi. Pertama, Fakultas Tarbiyah dan Muamalah, dengan Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam (MMPI), S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI), S-1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA), S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), S-1 Perbankan Syariah (PS). Ada pula Ma’had Umar Bin Khattab, dengan Program Studi D-2 Bahasa Arab dan Studi Islam. Kedua, Fakultas Sains dan Teknologi memiliki S-1 Informatika, S-1 Teknik Mesin, S-1 Teknik Industri, S-1 Teknik Elektro, S-1 Agroteknologi, dan S-1 Teknologi Hasil Pertanian (THP).

Ketiga, Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial memiliki Program Studi S-2 Manajemen (MM), S-1 Manajemen, S-1 Akuntansi, S-1 Ilmu Komunikasi (Ikom), S-1 Administrasi Publik (AP), dan S-1 Hukum. Keempat, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan memiliki Program Studi S-1 Pendidikan Guru – Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S-1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P-IPA), dan S-1 Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) dan S-1 Psikologi. Kelima, Fakultas Ilmu Kesehatan, memiliki Program Studi S-1 Pendidikan Profesi Bidan, D-4 Teknologi Laboratorium Medis (TLM), dan D-4 Manajemen Informasi Kesehatan (MIK).

Berbagai inovasi dan pengembangan telah dilakukan demi meningkatkan mutu layanan pendidikan, untuk mencapai visi Menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan Inovatif dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni Berdasarkan Nilai-Nilai Islam untuk Kesejahteraan Masyarakat. Dengan visi itu, Umsida secara terus-menerus melakukan pembaharuan dan pengembangan di berbagai bidang mulai dari kurikulum pendidikan, sumber daya manusia, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kerjasama, sarana prasarana, dan penguatan tata kelola berbasis teknologi informasi.

Umsida telah menjadi salah satu Perguruan Tinggi bermutu di Indonesia. Sebagai bukti pencapaian universitas bermutu, secara institusi sejak tahun 2015 Umsida telah Terakreditasi dengan Predikat Sangat Baik. Dari 26 prodi itu, dua prodi yaitu Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab telah terakreditasi A. Selebihnya, 18 prodi telah terakreditasi B, dan 6 prodi sedang dalam proses re-akreditasi.

Pada tahun 2018, Umsida meraih berbagai pemeringkatan tingkat nasional. Dalam Anugerah Kampus Unggul (AKU) Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah Kopertis 7, Umsida meraih Predikat Utama dalam urutan ke-10 dari hampir 400 PTS di Jawa Timur. Selain itu, Umsida termasuk Kategori Utama pada penilaian Kemenristek Dikti RI bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Semoga apa yang telah kita lakukan dalam pengembangan lembaga pendidikan tinggi ini menambah kepercayaan masyarakat luas serta menjadikan UMSIDA sebagai pilihan utama bagi semua pihak yang akan menempuh jenjang pendidikan tinggi. Semoga Allah meridhoi.

Wassalāmu’alaikum Warohmatullohi Wabarokātuh

 

Sidoarjo, 1 Februari 2019

Rektor,
Dr. Hidayatulloh, M.Si.