Tips Bahagia dan Cepat Sehat Saat Terserang Sakit

Oleh : Eko Hardi Ansyah

 

 

 

 

Bahagia, sabar, dan semangat itu pada dasarnya akibat dari petunjuk Allah. Manusia sebenarnya tidak bisa mengontrolnya secara langsung. Namun, kebahagiaan bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Efeknya bisa meningkatkan imunitas tubuh sehingga proses kesembuhan bisa segera didapat.

Berikut ini ada beberapa kiat yang bisa meningkatkan kebahagiaan secara Holistik, terutama saat kita dalam kondisi sakit, termasuk karena covid19 :

  1. Yakin akan kasih sayang Allah; cobalah fokuskan fikiran dan yakin bahwa sakit saat ini adalah kebaikan yang diberikan Allah. Yang Maha Pengasih dan Penyayang tidak mungkin memberikan hal yang buruk bagi hambanya, semuanya pasti yang terbaik. Termasuk sakit, karena ini adalah salah satu cara Allah mengangkat dosa seseorang. (cara untuk mulai berpositive thinking pada Allah)
  2. Setiap muncul rasa tidak nyaman, rasa sakit, cobalah ucapkan hamdalah alhamdulillah sambil membayangkan rasa sakit dan tidak nyaman ini adalah kebaikan Allah. Kemudian lanjutkan dengan istighfar astaghfirullah. Sambil membayangkan ampunan Allah atas setiap dosa dan kesalahan.
  3. Yakin bahwa Allah itu adalah Tuhan semesta alam yang Maha terpuji. Saking kuasanya Allah tidak ada satu helai daunpun yang jatuh tanpa seizin Allah. Termasuk sakit kita saat ini. Kita perlu meyakini bahwa sakitnya kita adalah taqdir yang terjadi karena izin Allah. Jangan yakini hal-hal belum terjadi, karena itu belum menjadi taqdir dan itu adalah rahasia Tuhan semesta Alam. Karena itu, kembalikan pada poin 1 bahwa yang sedang kita alami adalah takdir Allah dan itu adalah yang terbaik karena Allah Maha Pengasih dan Penyayang, kita perlu berusaha menyambut takdir Allah yang lain, semoga itu menyenangkan.
  4. Yakin bahwa Allah itu menguasai hari pembalasan dan segala macam akibat atau konsekuensi bukan manusia. Amalan baik akan dibalas berkali lipat, amalan buruk akan dibalas sesuai porsinya. Yakin bahwa tidak akan ada yang sia-sia. Jadi meskipun sakit cobalah berfikir bahwa akan ada akibat baik pada perbuatan baik meskipun saat kondisi sakit.
  5. Lakukan hal-hal baik yang diperintah Allah dan rasul. Mulai dari ibadah wajib. Apabila tidak sanggup dengan berdiri, lakukan sambil duduk. Jika masih terasa berat bisa dilakukan sambil tiduran. Demikian juga dengan berwudlu dengan air, apabila tidak bisa lakukan dengan tayamum.
  6. Jika masih ada kesempatan, lanjutkan dengan berdzikir pada Allah, bisa sholat sunnah, atau dengan membaca al-qur’an. Bacalah al-qur’an dengan terjemahannya.
  7. Salah satu berbuat baik adalah berusaha memenuhi kebutuhan fisik, jadi makanlah makanan yang tersedia meskipun terasa tidak enak. Setiap mau makan lakukan poin 1-4.
  8. Makanlah obat-obatan atau suplemen yang direkomendasikan bisa membawa kesehatan meskipun terasa berat. Lakukan dengan didahului poin 1-4.
  9. Jika masih mampu berkomunikasi, lakukan komunikasi dengan keluarga dekat. Sampaikan cerita yang menyenangkan dan ungkapan positif. Semangat melakukan poin 1-8.
  10. Jika rekan sakit, telponlah dia. Saling memberikan berita yang menyenangkan. Bagikan kepadanya poin 1-9.
  11. Jika masih memungkinkan membantu orang yang sedang kesusahan dengan bershodaqoh, lakukanlah hal itu. Jika terasa berat, lakukan mulai poin 1-4.
  12. Setiap melaksanakan poin 5-11 berdoalah pada Allah untuk segala hal yang menyenangkan terkait urusan dunia dan akhirat. Lakukanlah tawassul diberi kesembuhan, ketenangan hati, kesabaran, semangat untuk menjadi lebih baik, kebahagiaan di akhirat, kesehatan keluarga, dan untuk rekan kerja.
  13. Jadikan ini sebagai kebiasaan sehari-hari. Insya Allah imunitas tubuh meningkat dan kesehatan bisa segera kita raih. Wallahua’lam bissowab.

 

Berita Terkini

kuliah tamu UTAR
2 Dosen Umsida Jadi Pembicara pada Kuliah Tamu di UTAR Malaysia
April 19, 2024By
Muliakanlah tetanggamu
Memuliakan Tetangga Dapat Meningkatkan Keimanan Kita?
April 18, 2024By
belajar Kemuhammadiyahan
Walau Heterogen, Semua Orang Perlu Tahu Pentingnya Belajar dan Bersyukur
April 17, 2024By
maaf dan syukur
Makna Halalbihalal, Rasa Saling Memaafkan, dan Bersyukur
April 17, 2024By
halalbihalal Umsida 2024
Halalbihalal Umsida dan Syukuran Akreditasi Institusi Unggul
April 16, 2024By
belajar
Belajar Saja Tidak Cukup Raih Kesuksesan, Kamu Perlu Tau Ini!
April 14, 2024By
seni
Haramkah Seni Dalam Perspektif Islam?
April 12, 2024By
khotbah pentingnya kejujuran
Pentingnya Kejujuran Disampaikan Rektor Umsida Dalam Khotbah
April 11, 2024By

Riset & Inovasi

stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By
kecenderungan media sosial
Pengguna Aktif Media Sosial Cenderung Kesepian, Kata Riset
March 26, 2024By
bullying pada siswa SD
Riset Dosen Umsida Jelaskan 8 Peran Sekolah untuk Mengatasi Bullying
March 25, 2024By

Prestasi

Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By