• Alumni
  • Alumni

Tips Bahagia dan Cepat Sehat Saat Terserang Sakit

Oleh : Eko Hardi Ansyah

Bahagia, sabar, dan semangat itu pada dasarnya akibat dari petunjuk Allah. Manusia sebenarnya tidak bisa mengontrolnya secara langsung. Namun, kebahagiaan bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Efeknya bisa meningkatkan imunitas tubuh sehingga proses kesembuhan bisa segera didapat.

Berikut ini ada beberapa kiat yang bisa meningkatkan kebahagiaan secara Holistik, terutama saat kita dalam kondisi sakit, termasuk karena covid19 :

  1. Yakin akan kasih sayang Allah; cobalah fokuskan fikiran dan yakin bahwa sakit saat ini adalah kebaikan yang diberikan Allah. Yang Maha Pengasih dan Penyayang tidak mungkin memberikan hal yang buruk bagi hambanya, semuanya pasti yang terbaik. Termasuk sakit, karena ini adalah salah satu cara Allah mengangkat dosa seseorang. (cara untuk mulai berpositive thinking pada Allah)
  2. Setiap muncul rasa tidak nyaman, rasa sakit, cobalah ucapkan hamdalah alhamdulillah sambil membayangkan rasa sakit dan tidak nyaman ini adalah kebaikan Allah. Kemudian lanjutkan dengan istighfar astaghfirullah. Sambil membayangkan ampunan Allah atas setiap dosa dan kesalahan.
  3. Yakin bahwa Allah itu adalah Tuhan semesta alam yang Maha terpuji. Saking kuasanya Allah tidak ada satu helai daunpun yang jatuh tanpa seizin Allah. Termasuk sakit kita saat ini. Kita perlu meyakini bahwa sakitnya kita adalah taqdir yang terjadi karena izin Allah. Jangan yakini hal-hal belum terjadi, karena itu belum menjadi taqdir dan itu adalah rahasia Tuhan semesta Alam. Karena itu, kembalikan pada poin 1 bahwa yang sedang kita alami adalah takdir Allah dan itu adalah yang terbaik karena Allah Maha Pengasih dan Penyayang, kita perlu berusaha menyambut takdir Allah yang lain, semoga itu menyenangkan.
  4. Yakin bahwa Allah itu menguasai hari pembalasan dan segala macam akibat atau konsekuensi bukan manusia. Amalan baik akan dibalas berkali lipat, amalan buruk akan dibalas sesuai porsinya. Yakin bahwa tidak akan ada yang sia-sia. Jadi meskipun sakit cobalah berfikir bahwa akan ada akibat baik pada perbuatan baik meskipun saat kondisi sakit.
  5. Lakukan hal-hal baik yang diperintah Allah dan rasul. Mulai dari ibadah wajib. Apabila tidak sanggup dengan berdiri, lakukan sambil duduk. Jika masih terasa berat bisa dilakukan sambil tiduran. Demikian juga dengan berwudlu dengan air, apabila tidak bisa lakukan dengan tayamum.
  6. Jika masih ada kesempatan, lanjutkan dengan berdzikir pada Allah, bisa sholat sunnah, atau dengan membaca al-qur’an. Bacalah al-qur’an dengan terjemahannya.
  7. Salah satu berbuat baik adalah berusaha memenuhi kebutuhan fisik, jadi makanlah makanan yang tersedia meskipun terasa tidak enak. Setiap mau makan lakukan poin 1-4.
  8. Makanlah obat-obatan atau suplemen yang direkomendasikan bisa membawa kesehatan meskipun terasa berat. Lakukan dengan didahului poin 1-4.
  9. Jika masih mampu berkomunikasi, lakukan komunikasi dengan keluarga dekat. Sampaikan cerita yang menyenangkan dan ungkapan positif. Semangat melakukan poin 1-8.
  10. Jika rekan sakit, telponlah dia. Saling memberikan berita yang menyenangkan. Bagikan kepadanya poin 1-9.
  11. Jika masih memungkinkan membantu orang yang sedang kesusahan dengan bershodaqoh, lakukanlah hal itu. Jika terasa berat, lakukan mulai poin 1-4.
  12. Setiap melaksanakan poin 5-11 berdoalah pada Allah untuk segala hal yang menyenangkan terkait urusan dunia dan akhirat. Lakukanlah tawassul diberi kesembuhan, ketenangan hati, kesabaran, semangat untuk menjadi lebih baik, kebahagiaan di akhirat, kesehatan keluarga, dan untuk rekan kerja.
  13. Jadikan ini sebagai kebiasaan sehari-hari. Insya Allah imunitas tubuh meningkat dan kesehatan bisa segera kita raih. Wallahua’lam bissowab.

Leave a Reply

Berita Terkini

Bank Syariah Indonesia Serahkan satu Ekor Sapi ke Umsida
July 22, 2021
Umsida Bagikan Paket Daging Kurban
July 20, 2021
Prodi Teknik Mesin Adakan Webinar Kuliah Tamu Nasional, Wakil Dekan Sampaikan Ini
July 18, 2021
Prodi Ikom Umsida Ajak Mahasiswa Kreatif Lewat Digital Marketing
July 17, 2021
Mantan Menko Kesra Sampaikan Inovasi di Masa Pandemi
July 17, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI