Umsida dan PT Mellcoir Sport Indonesia

Magang di PT Mellcoir Sport Indonesia, Mahasiswa Umsida Ikut Expo UMKM di Jakarta

Umsida.ac.id – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Ikom Umsida) berkesempatan mengikuti event nasional bertajuk 10th Indonesia Tourism & Trade Investment Expo 2025. 

Lihat juga: Kolaborasi Mahasiswa Ikom Umsida dan PT Mellcoir Sport dalam Pendataan dan Display Produk

Acara ini digelar pada Rabu–Sabtu, (24–27/09/2025) di Green Pramuka Square, Jakarta.

Kesempatan tersebut mereka dapatkan lantaran program magang di PT Mellcoir Sport Indonesia.

PT Mellcoir Sport Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang menaungi beberapa brand sepatu lokal seperti Recoir, Quicksand, Alamo, dan Karge.

Di acara ini, PT Mellcoir Sport Indonesia menjadi wakil Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidoarjo.

Mengusung tema “Mari Kita Dukung Produk Indonesia”, expo ini menjadi wadah strategis untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata, ekonomi kreatif, perdagangan, perindustrian, pertanian, perikanan, dan UMKM. 

Ragam Acara Penunjang

Tidak hanya pameran produk, expo ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan penunjang.

Beberapa di antaranya seperti talkshow, pentas seni, hingga awarding. 

Memasuki hari ketiga, expo semakin meriah dengan lomba tari tradisional yang diikuti puluhan peserta. 

Setiap tim menampilkan ciri khas budaya masing-masing daerah.

Pembukaan Meriah dengan Budaya Lokal

Tidak hanya pameran produk, expo ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan penunjang.

Beberapa di antaranya seperti talkshow, pentas seni, hingga awarding. 

Acara expo dimulai dengan seremoni pembukaan yang berlangsung meriah. 

Pengunjung yang hadir disambut dengan suguhan tarian khas Jakarta yang memukau. 

Keberagaman produk yang ditampilkan menggambarkan kekayaan potensi daerah Indonesia, baik dari sisi kuliner, kriya, maupun produk fashion. 

PT Mellcoir Sport Indonesia menjadi salah satu peserta yang menampilkan produk unggulannya di bidang sepatu dan perlengkapan olahraga.

PT Mellcoir Sport Indonesia Hadirkan Brand Lokal Unggulan

Umsida dan PT Mellcoir Sport Indonesia

Sebagai perusahaan yang konsisten mendukung perkembangan industri kreatif, PT Mellcoir Sport Indonesia membawa empat brand andalannya, yaitu Recoir, Quicksand, Alamo, dan Karge. 

Produk-produk tersebut ditampilkan dalam booth yang berhasil menarik perhatian pengunjung.

Pameran ini tidak hanya bertujuan mengenalkan produk ke masyarakat luas, tetapi juga menjadi wadah memperkuat jaringan bisnis antar-UMKM dari berbagai daerah di Indonesia. 

Kehadiran PT Mellcoir Sport Indonesia sekaligus menegaskan bahwa brand lokal memiliki daya saing dari segi kualitas dan desain, sehingga layak dipasarkan secara nasional maupun internasional.

Mahasiswa Dapat Pengalaman Lapangan Berharga

Umsida dan PT Mellcoir Sport Indonesia

Salah satu mahasiswa Ikom Umsida, Faizal Bakhron Adabi, mengungkapkan kebanggaannya bisa terlibat langsung dalam expo nasional tersebut.

Lihat Juga :  Comfis #8 Tampilkan Karya Film Dokumenter dan Pameran Foto Sinematik Mahasiswa Ikom Umsida

Sebagai penanggung jawab dokumentasi dan logistik, Faizal bertugas memastikan setiap momen penting selama acara terekam dengan baik, mulai dari pembukaan hingga interaksi dengan pengunjung.  

Selain itu, ia juga mengatur kebutuhan logistik, seperti kelengkapan display produk dan kesiapan materi promosi di booth.

“Saya bisa melihat langsung bagaimana proses promosi produk dilakukan di event besar, mulai dari menata booth, melayani pengunjung, sampai menjelaskan produk kepada calon pembeli,” ujar Faizal.

Tugas tersebut membuatnya belajar tentang detail teknis di lapangan sangat penting untuk mendukung citra brand. 

“Semua harus rapi dan siap, supaya pengunjung merasa nyaman dan tertarik dengan produk yang kita tampilkan,” tambahnya.

Dengan terjun ke lapangan, ia juga bisa mengasah kemampuan komunikasi, pelayanan, sekaligus menambah wawasan tentang dunia industri.

“Saya belajar bahwa promosi brand bukan hanya soal menjual produk, tapi juga membangun citra dan kepercayaan. Ini pengalaman yang pasti akan sangat berguna di masa depan,” jelasnya. 

Sinergi Perguruan Tinggi dan Industri

Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan expo ini menjadi implementasi adanya sinergi antara perguruan tinggi dan dunia industri. 

M Irwan Wijayanto ST, penanggung jawab magang sekaligus Marketing Communication PT MSI, menegaskan bahwa keterlibatan mahasiswa ke dunia industri sangat penting.

“Event seperti ini sangat strategis, karena mempertemukan langsung pelaku industri dengan masyarakat dan investor,” jelasnya.

Bagi mahasiswa, imbuhnya, ini juga jadi kesempatan berharga untuk belajar bagaimana brand lokal bersaing dan dipromosikan dalam skala besar.

Ia harap kegiatan ini mampu membuka wawasan mahasiswa tentang dunia kerja sesungguhnya, terutama dalam bidang pemasaran dan branding produk lokal. 

Mahasiswa tidak hanya belajar teori di kampus, tetapi juga diberi kesempatan untuk praktik langsung di lapangan.

“Dengan adanya keterlibatan mahasiswa dalam event ini, mereka belajar untuk lebih adaptif, kreatif, dan berani menghadapi audiens secara langsung. Itulah skill yang sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini,” tegasnya.

Kehadiran mahasiswa magang juga memberikan energi baru dalam tim MSI. 

Ide-ide segar yang mereka bawa sering kali memberi masukan positif dalam strategi promosi.

Di hari terakhir, acara ditutup dengan awarding. 

Lihat juga: Lolos Program Magang Berdampak, Mahasiswa Psikologi Umsida Siap Hadapi Dunia Kerja

PT Mellcoir Sport Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai Booth Paling Inovatif, berkat desain stand yang kreatif dan interaktif sehingga menarik banyak pengunjung.

Penulis: Mochamad Satrio Dewa Ndaru

Berita Terkini

SDGs Center Umsida
SDGs Center Umsida Dorong Hilirisasi Riset untuk Pembangunan Berkelanjutan Jawa Timur
November 20, 2025By
Apresiasi sekolah partnership Umsida
Umsida Beri Apresiasi untuk Sekolah Partnership yang Berkontribusi dalam Penerimaan Mahasiswa Baru
November 20, 2025By
kick off penerimaan mahasiswa baru Umsida 4_11zon
Umsida Resmi Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2026/2027
November 19, 2025By
magister ilmu komunikasi Umsida 1
Launching Magister Ilmu Komunikasi Umsida, Pendaftaran Sudah Dibuka!
October 28, 2025By
muhammadiyah
Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 2026 pada 18 Februari
October 23, 2025By
S2 Ilmu Komunikasi Umsida
S2 Ilmu Komunikasi Umsida Sudah Buka, Siap Cetak Pakar New Media
October 13, 2025By
prodi sains data
Umsida Resmi Buka S1 Sains Data, Siap Buka Peluang Data Analyst
October 11, 2025By
pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By

Riset & Inovasi

abdimas Umsidaa desa Gendro 5
Petani dan Peternak Desa Gendro Lebih Maju dengan Pendampingan Umsida
November 14, 2025By
posyandu remaja
Umsida dan Umla Gelar Posyandu Remaja, Pasar Gizi, dan Pencatatan Digital Kohort di Balungtawun Lamongan
November 11, 2025By
Science Techno Park Desa Gendro 2
Desa Gendro Jadi Prototipe Science Techno Park Pertanian Inovatif oleh Dosen Umsida
November 10, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
Program Action FPIP Umsida
Action, Abdimas Gagasan Mahasiswa FPIP Umsida yang Pedulikan Pendidikan Anak Desa
November 1, 2025By

Prestasi

pesan menyentuh wisudawan
Dari Jerih Payah Sang Bunda, Tumbuh Wisudawan Umsida yang Pantang Menyerah
November 17, 2025By
Riset dan Abdimas Umsida raih klaster mandiri
Riset dan Abdimas Umsida Masuk Klaster Tertinggi Perguruan Tinggi Nasional 2026
November 13, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
inovasi laboran MIK Umsida
Inovasi Augmented Reality Laboran MIK Umsida Antarkan Prestasi Gemilang
October 28, 2025By
Umsida perguruan tinggi unggul
Umsida Masuk 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Tahun 2025 Versi SINTA Score 3 Years
October 27, 2025By