Umsida.ac.id –Dalam menyambut era pendidikan yang inklusif dan upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memahami kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus, Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar Kuliah Tamu spesial dengan tema “Penyusunan Matriks Perencanaan Pembelajaran Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus” pada Selasa (04/06/2024).
Siapkan Mahasiswa Psikologi Hadapi Siswa Special
Narasumber kuliah tamu ini adalah Nishrina Khamida MPsi Psikolog yang menjabat sebagai Kepala UPTD ABK Kabupaten Sidoarjo. Beliau membagikan ilmu dan trik jitu dalam menyusun matriks perencanaan pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Dengan pengalaman yang luas dalam bidang pendidikan inklusi, Nishrina mampu menyampaikan materinya dengan sangat baik dan mudah dipahami. Selain itu, beliau juga memberikan contoh-contoh kasus nyata yang sering dijumpai di lapangan, sehingga mahasiswa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang penerapan matriks perencanaan pembelajaran tersebut.
Sebelum kuliah tamu, prodi Psikologi Umsida telah menjalin kerjasama dengan UPTD ABK Kabupaten Sidoarjo dalam bentuk seat in. Seluruh mahasiswa yang sedang mendalami mata kuliah Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus dikirim untuk melakukan asesmen dan identifikasi awal pada anak-anak berkebutuhan khusus di beberapa TK di Kabupaten Sidoarjo. Hasil seat in ini kemudian dibahas dan ditindaklanjuti melalui kuliah tamu kali ini sebagai upaya mempersiapkan mahasiswa menjadi pendamping pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus.
Baca juga: Sebanyak 143 Mahasiswa FAI Umsida Ikuti Yudisium ke 43
Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh 150 mahasiswa semester 4 prodi Psikologi yang sedang mendalami mata kuliah Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB, mahasiswa aktif pada setiap penjelasan Nishrina yang disertai analogi beliau yang unik. Mereka tampak sangat tertarik dan terlibat dalam diskusi, tak jarang mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis kepada narasumber.
Dalam penjelasannya, Nishrina menekankan pentingnya menyusun matriks perencanaan pembelajaran yang tepat bagi siswa berkebutuhan khusus. “Saya analogikan seperti memilih baju yang pas. Jika pas, tentunya akan terasa nyaman dipakai. Namun, jika kebesaran atau kekecilan, pasti tidak akan nyaman kan? Begitulah pentingnya penyusunan matriks pembelajaran yang sesuai bagi anak berkebutuhan khusus. Masa depan mereka bergantung pada perencanaan yang tepat sasaran, bukan asal-asalan,” terang Nishrina dalam kuliah tamu tersebut.
Beliau menambahkan, penyusunan matriks perencanaan pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus membutuhkan kehati-hatian dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan spesifik setiap anak. Hal ini penting untuk memastikan anak-anak berkebutuhan khusus dapat mengikuti proses belajar dengan optimal dan mencapai perkembangan yang diharapkan.
Kuliah tamu ini mendapat sambutan antusias dari mahasiswa Prodi Psikologi Umsida. Kepuasan juga tampak dari raut wajah para mahasiswa saat meninggalkan ruangan, seolah membawa bekal baru yang sangat berharga bagi pengembangan diri mereka sebagai calon psikolog di bidang pendidikan inklusi. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat terus diselenggarakan agar mahasiswa memiliki bekal yang memadai sebelum terjun ke dunia kerja.
Baca juga: Pakar Umsida Tanggapi RUU Penyiaran Tentang Larangan Siaran Eksklusif
Salah satu mahasiswa, Rizka Ardilah, mengungkapkan antusiasmenya mengikuti kuliah tamu ini. “Saya sangat tertarik dengan topik yang dibahas. Selama ini ilmu tentang penyusunan matriks perencanaan pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus masih terbatas. Kali ini kami mendapat pemahaman yang lebih mendalam dan terperinci dari narasumber yang sangat berpengalaman,” ungkapnya.
“Kerjasama dengan UPTD ABK sangat bermanfaat bagi pengembangan kompetensi mahasiswa kami. Mereka tidak hanya mendapat teori, tapi juga pengalaman lapangan yang akan membentuk kepekaan dan keterampilan dalam menangani anak berkebutuhan khusus,” jelas Zaki Nur Fahmawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog, dosen pengampu mata kuliah Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus.
Ke depan, kuliah tamu dan seat in akan terus diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan. Hal ini dalam rangka memastikan lulusan Prodi Psikologi Umsida benar-benar siap menjadi pendamping pembelajaran yang handal bagi anak berkebutuhan khusus dan berkontribusi dalam mewujudkan pendidikan inklusif yang sesungguhnya.
Editor: Rani Syahda