• Alumni
  • Alumni

Hobi Story Telling, Antarkan Mahasiswa Prodi PBA Umsida Raih Juara 3 Nasional

Umsida.ac.id – Fariz Sayyidan harumkan nama Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dengan meraih juara 3 Lomba Taqdimul Qishah (lomba bercerita menggunakan bahasa arab) di Kalijaga Arabic Fest (KAF) Tingkat Nasional, Selasa (23/11). Event KAF (Kalijaga Arabic Fest) diselenggarakan oleh PBA Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sang juara kali ini merupakan mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Agama Islam (FAI) Umsida. ia berhasil bersaing dengan beberapa kampus perguruan tinggi negeri maupun swasta yang bergengsi. “Setelah saya mendapatkan informasi lomba tersebut, saya tertarik untuk mengikutinya,” ujarnya.

Lebih lanjut, mahasiswa semester 3 menjelaskan alur lomba KAF. “Pendaftaran hingga Technical Meeting (TM) dilakukan secara daring, diawali dengan pembukaan zoom pembukaan lomba, dilanjutkan persiapan lomba, pengumpulan teks, pengumpulan video, penutupan lomba dan pengumuman pemenang,” tuturnya.

Selanjutnya, dia mengungkapkan menyukai bahasa arab dan interaksi menggunakan bahasa arab. “Kebetulan lomba taqdimul qissoh adalah hal baru bagi saya, dan saya yakin atas kemampuan berbahasa arab bisa memenangkan lomba tersebut, karena sesuai dengan bidang saya di Umsida,” ungkap Fariz.

Mahasiswa hobi traveling itu mengatakan proses latihannya selama lomba berlangsung. “Mencari referensi cerita pendek, membuat teks yang baik, menghafal teks, dan latihan gerakan, yang paling penting adalah membuat properti, persiapan shooting, dan mengumpulkan video,” terangnya.

Adapun suka dan dukanya pada saat mengikuti lomba KAF. “Sukanya saya mendapat beberapa kosa kata baru bahasa Arab, dapat teman baru dari kampus luar, dukanya tidur kemalaman karena persiapan membuat properti, dan karena lombanya individu saya kewalahan saat melakukan shooting dan pembuatan properti, akan tetapi itu semua terbayarkan atas prestasi yang saya raih,” kata Fariz.

Yang terakhir, ia berharap akan berpartisipasi event selanjutnya. “Kedepannya saya berharap dapat lebih baik lagi. Saya bersyukur dengan apa yang saya dapatkan, namun di sisi lain saya terus belajar untuk menjadi lebih baik dan bisa membanggakan Umsida, yang terpenting minat mahasiswa bahasa arab terus berpotensi besar karena bahasa arab kedepannya dibutuhkan,” pungkasnya.

Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

Leave a Reply

Berita Terkini

LKBH Umsida Laksanakan Pelatihan Paralegal dan Ansos
November 27, 2021
Raih Prestasi Beruntun, Mahasiswa Prodi Psikologi Berhasil Sukses Kejuraan Karate Nasional
November 27, 2021
Sambut Mahasiswa Program PMM-DN, Umsida Kenalkan Budaya Sidoarjo
November 25, 2021
Tanamkan Mindset Juara, Antarkan Mahasiswa Prodi PGMI Jadi Juara III Kerjunas Karate Undiksa Cup 2021
November 25, 2021
Umsida Raih Prestasi Terbaik II Kinerja Kemahasiswaan dalam AKU 2021
November 24, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI