Mahasiswa FPIP Umsida Ikuti Kelas Internasional Magister di Universiti Malaya

8 Mahasiswa FPIP Umsida Ikuti Kelas Internasional Magister di Universiti Malaya

Umsida.ac.id– Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berkesempatan mendapati momen langka dengan mengikuti kelas magister internasional di Universiti Malaya Malaysia yang bertempat di Bilik Sumber, Fakulti Pendidikan Universiti Malaya, Kamis (02/05/2024).

Cerita Mahasiswa FPIP

Sebanyak 8 mahasiswa dari FPIP Umsida berkesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dengan antusiasme tinggi, jalannya perkuliahan diikuti dengan seksama oleh para mahasiswa FPIP, yakni Dwi Prastyo (Prodi Pendidikan IPA), Hikmah Ikrimatul Lail (Prodi PG-PAUD), Angelia Sofi (Prodi PTI), Riza Mafiroh dan Dwiky Ahmad (Prodi PBI), Fahdianti Anggraeni (Prodi PGSD), serta Khasyya Aulia dan Aisyah Putri Juniraga (Prodi Psikologi) bersama dengan beberapa mahasiswa lain dari Universitas Negeri Malang (UM).

Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berkesempatan mendapati momen langka dengan mengikuti kelas magister internasional di Universiti Malaya Malaysia

Adapun kelas yang di ikuti oleh kedua Universitas tersebut merupakan kelas Magister Psikologi Pendidikan yang di isi oleh Dr Ahmad Shamsuri Bin Muhamad. Jalannya perkuliahan pun dimulai dari perkenalan setiap pihak, baik dari mahasiswa Umsida, UM, dan Universiti Malaya. Yang kemudian langsung dilanjut penyampaian materi oleh Dr Syamuri, dilanjut sesi praktik dari hasil pemaparan materi yang mendapatkan feedback langsung dari Dr Shamsuri.

Baca juga: 7 Hal yang Mewarnai Aksi Kemanusiaan Bela Palestina PTMA Se-Indonesia di Umsida

Selama proses perkuliahan, seluruh mahasiswa dianjurkan untuk selalu aktif dalam setiap sesi pembelajaran. Meskipun Dr Shamsuri merupakan Dosen tunanetra, namun jalannya sesi perkuliahan sama sekali tidak menemukan hambatan yang berarti, nuansa yang erat antar mahasiswa dan dosen juga sangat kental terasa,seluruhnya pun aktif menyimak dengan seksama materi-materi yang disampaikan oleh Dr Shamsuri.

Materi yang dibawakan kali ini adalah seputar Teknik Konseling, dimana pada materi tersebut mempelajari tentang kemampuan-kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang Konselor, Dr Shamsuri pun menyampaikan beberapa hal penting yang meliputi :

  1. Dalam kemampuan melayani, seorang Konselor hendaknya selalu menjaga kontak mata yang baik, postur badan dan jarak yang memberikan kenyamanan, nada suara yang tidak bertendensi negatif dan mengerti keadaan klien, raut wajah serta gerak gerik badan yang mampu meningkatkan kedekatan dengan lawan bicara, kensenyapan untuk menjaga kondusifitas percakapan, dorongan minimal agar klien bisa mengutarakan segala keluh kesahnya secara apa adanya dan bukannya menimbulkan blokade secara tidak langsung dalam sebuah percakapan.
  2. Dalam kemampuan mendengar, seorang Konselor juga diharapkan mampu mendengar secara utuh dengan empati, mendengar isi dan tidak mengalami distraksi pada cara penyampaian klien, mendengar dengan seksama, kritis dan analitis.
  3. Kemampuan memberikan feedback, kemampuan parafase, respon tepat dengan refleksi perasaan dan pengalaman, mahir dalam bertanya dan meringkas, meminta penjelasan untuk telaah spesifikasi masalah, mahir dalam konfrontasi, mahir dalam mendukung, mahir dalam Interpretasi serta mahir dalam memberikan informasi.

Harapan baik disampaikan oleh Dr Shamsuri, bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya dalam bidang kajian dan implementasi pendidikan.

Baca juga: Pentingnya STEM Untuk Anak, Dijelaskan Dosen Umsida

Hal ini juga sejalan dengan pernyataan dari salah satu mahasiswa umsida Dwiky Ahmad Effendi, bahwa adanya kegiatan ini dirasa sangat memberikan banyak. Selain dapat merasakan kelas magister, dia juga mendapat pengalaman baru terkait pembelajaran psikologi bersama mahasiswa asing yang ramah dan bersahabat.

Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berkesempatan mendapati momen langka dengan mengikuti kelas magister internasional di Universiti Malaya Malaysia

Dwiky berharap kegiatan semacam ini akan selalu terjalin, mengingat banyak manfaat yang dapat diambil. Bukan hanya perihal mengunjungi Malaysia, namun juga pembelajaran tentang budaya, social culture, education system serta menambah relasi.

Di lain sisi, salah satu mahasiswa UM, M Daffa Pradana menyampaikan bahwa mengikuti kelas magister adalah suatu pengalaman yang baru baginya. Apalagi kelas magister yang diikuti dipandu langsung oleh sosok Dosen yang begitu inspiratif, yang tak menjadikan suatu kekurangan sebagai sebuah kelemahan, sehingga membuatnya merasa terkagum dengan pendidikan di Universiti Malaya.

Daffa pun berharap pendidikan inklusi dapat dirasakan oleh semua pihak secara menyeluruh dan merata di berbagai tempat, baik secara nasional dan Internasional.

Sumber: fpip.umsida.ac.id

Berita Terkini

peran perempuan
Dosen Umsida Ceritakan 3 Peran Perempuan: Karir, Studi, dan Keluarga
May 25, 2024By
Umsida Bersama BFI Finance Gelar Campus Hiring
Bertekad Serap Lulusan Di Dunia Kerja, Umsida Adakan Campus Hiring
May 25, 2024By
Thailand Miliki Manajemen Disaster, Dijabarkan Dosen BUU di Umsida
Thailand Miliki Manajemen Disaster, Dijabarkan Dosen BUU di Umsida
May 24, 2024By
Pahami Hukum Kontrak Untuk Bekal Kehidupan Bermasyarakat
Pahami Hukum Kontrak Untuk Bekal Kehidupan Bermasyarakat
May 24, 2024By
konferensi internasional Ikom
Konferensi Internasional Ikom Umsida, 4 Negara Berkumpul di Bali
May 23, 2024By
Eastbound Batch 5 FBHIS Umsida Bersama Thailand, Malaysia dan India
Eastbound Batch 5 FBHIS Umsida Bersama Thailand, Malaysia dan India
May 22, 2024By
proyek kemanusiaan Umsida
Umsida dan 22 Perguruan Tinggi di Indonesia Buat Proyek Kemanusiaan di Malaysia
May 21, 2024By
ISE IKOM 2024
Pemberangkatan ISE 2024 Diikuti Mahasiswa Umsida dan Mahasiswa Internasional
May 21, 2024By

Riset & Inovasi

Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By

Prestasi

Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By