Umsida.ac.id-Tim Kuliah Kerja Nyata Pencerahan 2020 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo gelar sosialisasi internet marketing dengan mengambil tema “Kiat Sukses Strategi Penjualan Online” di Balai Desa Banyuanyar, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri pada Senin (10/2).
Baharuddin, Koordinator Desa mengungkapkan kegiatan ini berawal dari melihat pemuda di Desa Banyuanyar memiliki kreativitas mengolah limbah pipa dalam mengisi waktu luangnya. “Kami melihat banyaknya pemuda desa ini memiliki kreativitas mengubah limbah pipa menjadi kerajinan, namun hanya digunakan untuk mengisi waktu luang mereka serta hanya digunakan untuk hiasan rumah saja,” ujarnya.
Melihat kondisi seperti itu, Tim KKN-P Banyuanyar 2020 berinisiatif untuk menjadikan kerajinan pipa yang dibuat oleh pemuda Desa Banyuanyar dapat menjadi produk unggulan desa yang bernilai jual tinggi.
Kegiatan ini turut menghadirkan Dosen Umsida sebagai pemateri kegiatan. Dalam kesempatannya, Dosen Manajemen Umsida, Rizky Eka Febriansyah, S MB MSM mengajak masyarakat mengetahui perbedaan pemasaran konvensional dengan pemasaran melalui internet. Kemudian, mengenal ruang lingkup marketplace. Selanjutnya, masyarakat dilatih untuk dapat mengetahui manajemen update status dengan caption, serta strategi membuat foto yang menggiurkan bagi calon konsumen.
Berdasarkan kegiatan tersebut, masyarakat di Desa Banyuanyar menunjukkan sambutan yang antusias terhadap kegiatan dan merasakan kemanfataan pada aspek marketing.
Baharudin berharap, “Kami berharap kegiatan ini dapat membantu dan membuka pengetahuan bagi pemuda-pemudi desa Banyuanyar khususnya mengenai penjualan online agar kreativitas kerajinan yang dibuat dapat menghasilkan nilai komersil,”pungkasnya.
Penulis: Lita Agusniasari Dewi
Editor : Asita Salsabilla M