Benchmarking, Pustakawan Unida Gontor di Perpustakaan Umsida

Benchmarking, Pustakawan Unida Gontor di Perpustakaan Umsida

Umsida.ac.id– Dengan tujuan benchmarking, pustakawan Universitas Darussalam (Unida) Gontor mengunjungi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). Rombongan Unida sebanyak 6 orang, Direktur utama perpustakaan Al-Ustadz Syamsul Hadi Untung MA MLS bersama 5 anggotanya Muhamad Taufiq Riza, Muhammad Ridwan, Muhamad Fajar, Amalul Fahrul Handika AMdT, Mawardi Dewantara S Ag disambut oleh kepala perpustakaan Umsida Ainur Rochmania SSos MSi, beserta anggotanya.

Ketika memasuki perpustakaan kepala perpustakaan Umsida menjelaskan sarana dan prasarana yang ada di perpustakaan, bagaimana cara mendapat dana hibah dari pemerintah maupun pihak lain untuk menambah fasilitas perpustakaan, tidak hanya itu di lantai 2 bu Ainur menjelaskan bagaimana cara mengelola website perpustakaan di my umsida sekaligus mengelola jurnal dan skripsi para mahasiswa.

Para pustakawan Unida juga melihat lihat pojok baca seperti di lantai 1 ada BI corner di lantai 2 ada Said Nursi corner. Kemudian mereka berinteraksi dengan bagaimana sistem di Umsida mengelola buku-buku yang akan masuk ke perpustakaan,

Ust Syamsul “buku buku yang tertumpuk ini nanti diarahkan kemana ya bu?,” tanyanya sambil menunjuk buku-buku yang ada di rak.

Benchmarking, Pustakawan Unida Gontor di Perpustakaan Umsida

Bu Ainur” buku ini nanti akan kami digitalisasi pak, dan buku-buku ini akan kami hibahkan kepada yang membutuhkan namun, ada beberapa juga yang tetap kami arsipkan,” jawab kepala perpustakaan bersama para staffnya.

Hingga perjalanan mereka sampailah di lantai 3 gedung perpustakaan kemudian berkumpul di ruang pertemuan dan berdiskusi labih lanjut mengenai bagaimana tips perpustakaan Umsida mendapat banyak hibah bahkan saat ini sudah terakreditasi A.

Ust Syamsul bersama stafnya menanyakan bagaimana cara mendapat fasilitas bahkan hibah sehingga bisa menciptakan perpustakaan yang sudah tertata rapi dengan sistem bahkan nyaman untuk para mahasiswa belajar.

“Tentunya ini semua juga alhamdulillah karena pimpinan kami sangat mendukung, saya sangat bersyukur atas perhatian pimpinan yang sangat mengutamakan kami sehingga beliau sangat membantu dari segi pengalihan dana hingga memprioritaskan pembangunan dan fasilitas perpustakaan terutama saat kami akan akreditasi,” jelas bu Ainur.

Perpustakaan Umsida ini buka mulai pukul 08.00 hingga 21.00 kecuali hari sabtu hanya sampai pukul 12.00, berbeda dengan Unida karena berbasis pesantren maka perpustakaan buka lebih lama untuk melayani mahasiswanya.

Bu Ainur juga menjelaskan mengenai sertifikasai para pustakawannya yang telah berhasil mendapat sertifikasi profesional setelah mengikuti uji sertifikasi dan mendapat nilai sesuai dengan standart keprofesiannya.

Ust Syamsul dalam forum diskusi membuka sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada Umsida yang berkenan menerima kehadirannya dan beliau menjelaskan apa tujuannya berkunjung di Umsida.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Umsida yang telah menyambut kami dengan sangat baik, tujuan kami kesini adalah untuk kunjungan, belajar, ngaji mengenai bagaimana perpustakaan Umsida dan mungkin juga kami berharap tips dari Umsida karna perpustakaan umsida sudah terakreditasi A. Kedatangan kami ini juga seizin pimpinan Universitas, saat saya menanyakan mengenai rencana kunjungan ini beliau langsung mengizinkan dengan pesan setelah ini perpustakaan Unida harus segera akreditasi,” paparnya.

“Tapi kami kira manajemen pengelolaan yang ingin kami cari tau, dan perpus kami disana masih sangat sederhana. Namun saya juga menggerakkan orang orang disana bahwa perpustakaan adalah jantung institusi, Ayok kita besarkan perpustakaan kami,” sambung direktur perpustakaan Unida yang sekaligus sebagai dekan di fakultas ushuludin.

*Humas Umsida

Rani Syahda Hanifa

Berita Terkini

peran perempuan
Dosen Umsida Ceritakan 3 Peran Perempuan: Karir, Studi, dan Keluarga
May 25, 2024By
Umsida Bersama BFI Finance Gelar Campus Hiring
Bertekad Serap Lulusan Di Dunia Kerja, Umsida Adakan Campus Hiring
May 25, 2024By
Thailand Miliki Manajemen Disaster, Dijabarkan Dosen BUU di Umsida
Thailand Miliki Manajemen Disaster, Dijabarkan Dosen BUU di Umsida
May 24, 2024By
Pahami Hukum Kontrak Untuk Bekal Kehidupan Bermasyarakat
Pahami Hukum Kontrak Untuk Bekal Kehidupan Bermasyarakat
May 24, 2024By
konferensi internasional Ikom
Konferensi Internasional Ikom Umsida, 4 Negara Berkumpul di Bali
May 23, 2024By
Eastbound Batch 5 FBHIS Umsida Bersama Thailand, Malaysia dan India
Eastbound Batch 5 FBHIS Umsida Bersama Thailand, Malaysia dan India
May 22, 2024By
proyek kemanusiaan Umsida
Umsida dan 22 Perguruan Tinggi di Indonesia Buat Proyek Kemanusiaan di Malaysia
May 21, 2024By
ISE IKOM 2024
Pemberangkatan ISE 2024 Diikuti Mahasiswa Umsida dan Mahasiswa Internasional
May 21, 2024By

Riset & Inovasi

Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By

Prestasi

Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By