• Alumni
  • Alumni

Dari Tanaman Sereh, KKN-P Gempolan Hadirkan Produk Unggulan Desa

Umsida.ac.id – Guna mencapai salah satu tujuan Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P), yaitu produk unggulan desa, tim KKN-P Desa Gempolan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri ciptakan minuman berbahan sereh, Senin (27/1).

“Ide ini, kami dapatkan ketika kami melakukan observasi ke rumah warga. Kami lihat banyak tanaman sereh di depan rumah warga,” ujar Rizqy Rahmansyah, Koordinator Desa Gempolan

Setelah kami teliti, lanjutnya, ternyata ada warga yang memanfaatkannya sebagai minuman hangat dan juga ada yang membiarkannya sampai kering. “Melihat kondisi ini, kami berinisiatif untuk mengolahnya menjadi minuman yang bermanfaat untuk warga, yaitu wedang uwuh. Apa lagi kita tau kandungan sereh itu bagus bagi tubuh,” tambahnya.

Menurut Rizqy, wedang uwuh merupakan minuman tradisional alami khas Yogyakarta yang terbuat dari rempah-rempah alami dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal yang nikmat dan kaya khasiat untuk kesehatan.

“Kami olah sereh dengan tanaman herbal lainnya seperti kayu secang, kayu manis, jahe, cengkeh, daun salam dan gula batu. Kami menjadikannya menjadi dua macam kemasan. Pertama, kemasan botol yang dapat dinikmati dengan keadaan dingin. Kedua, kemasan pouch yang dapat dinikmati kapan saja dengan keadaan hangat,” terangnya.

Terakhir, Rizqy menyampaikan harapannya, “Dengan adanya produk ini, semoga bisa memberikan manfaat untuk warga, baik kalangan dewasa maupun remaja. Karena wedang uwuh ini banyak sekali khasiatnya, seperti menurunkan kolesterol, kaya akan antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, dan masih banyak lagi.”

Ditulis Oleh: Maulidia Dewi Azhari


Editor: Iis Wulandari

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI