• Alumni
  • Alumni

KKN-P Umsida Rebranding Peninggalan Prasejarah Menjadi Wisata Baru

Umsida.ac.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan rebranding desa wisata di Dusun Telogowono, Desa Nglumbang, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, pada Rabu (22/1).

Dulu, tempat itu diberi nama Bulu-Bulu. Akan tetapi wisata tersebut tidak terawat. Sehingga oleh warga dan tim KKN Umsida dilakukan normalisasi kembali untuk menghidupkan wisata itu dengan inovasi terbaru.

Pada akhirnya, sekarang tempat wisata itu diberi nama baru oleh Kepala Desa Nglumbang, Mudjitrisno, dengan sebutan Telaga Husada. “Nama Husada diambil dari peninggalan sejarah milik Mbah Empu, yang menurut cerita, dulu dipakai untuk mencuci keris/pusaka. Dan, tempat ini dulunya terkenal sangat sakral oleh warga sekitar,” paparnya saat ditanya seputar asal-usul Telaga Husada.

Mudjitrisno menuturkan bahwa air telaga ini memiliki khasiat untuk menyehatkan tubuh. “Air telaga itu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia,dan digunakan apa saja atas ridho Allah SWT,” terangnya.

Dari pengamatan itu, Tim KKN Umsida tertarik untuk membuat beberapa spot foto yang nantinya bisa menjadi destinasi wisata yang indah, menarik, dan kekinian. “Beberapa spot foto yang dikerjakan oleh Tim KKN-P Umsida di desa Nglumbang antara lain seperti taman payung, taman kincir angin, sepeda klasik, dan pembuatan gapura masuk ke daerah wisata Telaga Husada,” jelas Moch Fais Zalul Afif, Koordinator KKN desa Nglumbang.

“Sehingga yang nantinya bisa menarik warga dan pengunjung dari luar kota untuk datang mengunjungi Telaga tersebut,” imbuh Fais, sapaan akrabnya.

Tim KKN bekerjasama dengan warga setempat untuk merenovasi tempat tersebut. Rencananya, Telaga Husada akan selesai selama sebulan, dengan waktu pengerjaan setiap Sabtu dan Minggu.

Fais berharap, “Harapannya, wisata baru ini dapat menjadi tempat untuk memperkanalkan budaya dan meningkatkan UKM di desa Nglumbang. Dan diharapkan warga setempat dapat merawat Telaga Husada itu agar tetap terjaga keindahanya,” ungkapnya.

Ditulis Oleh : Muhammad Fedy Rifki
Editor : Erika Mulia Arsy

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI