• Alumni
  • Alumni

Dosen Saintek Dukung Masyarakat Lewat Pembinaan Desa

ajax loader

Umsida.ac.id – Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan kegiatan PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) sebagai salah satu program yang digagas oleh Dikti (Direktorat Pendidikan Tinggi) yang merupakan bagian dari kegiatan Kampus Merdeka. Kegiatan ini bertujuan sebagai suatu program pembinaan desa yang dilakukan mahasiswa Umsida. untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman secara nyata kepada mahasiswa Umsida melalui pemberdayaan suatu desa, yang dianggotai dari BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Saintek dan Boy Isma Putra ST MM sebagai dosen pembimbing kegiatan PHP2D, Selasa (11/01).

Kegiatan PHP2D merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan BEM Mahasiswa Umsida dari Fakultas Saintek terhadap masyarakat untuk memberikan kontribusi secara nyata yang bertujuan agar kehidupan perekonomian masyarakat semakin meningkat melalui adanya program php2d dengan membangun desa wisata atau mengoptimalkan eko wisata berbasis pertanian terpadu serta memberikan pemahaman mengenai perkembangan teknologi.

Terpilihnya desa Sukolilo sebagai tempat pembinaan dan pemberdayaan desa adalah ditemukannya potensi besar yang dimiliki desa Sukolilo untuk dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui upaya untuk mengoptimalkan lahan sebagai sarana wisata, dengan memanfaatkan suber daya alam daerah kabupaten pasuruan yang di kenal sebagai City of Mountain.

Program kerja yang dilakukan php2d untuk memberdayakan desa sukolilo antara lain, Program pertama adalah pembentukan tim untuk pembangunan fasilitas sebagai penunjang eko wisata, Program kedua pembangunan fasilitas ekowisata berbasis pertanian terpadu, Program ketiga dengan pembuatan wahana spot foto yang menarik atau instagramable, program keempat dengan melakukan workshop untuk mengoptimalisasi pengembangan ekowisata terpadu yang dinarasumberi oeh dinas pariwisata, Program kelima dengan melakukan pengelolaan dan perawatan eko wisata berbasis pertanian terpadu. Demi untuk mewujudkan Desa Wisata Sukolilo dengan perpaduan wisata dan edukasi serta dapat meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Desa) dan UMKM melalui obyek pariwisata.

Eko wisata dengan berbasis Pertania terpadu adalah untuk menciptakan wisata edukasi menanam padi yang memberikan daya tarik wisataan untuk mencoba pengalaman baru dengan membuat Mina Padi dan Demplot Herbal, untuk menanam padi hingga pemanenannya, tim BEM PHP2D juga membuatkan kolam ikan agar dapat mengurangi hama, kemudian membuat tempat berfoto yang menarik atau instgramable agar dapat mengabadikan momen selama berkunjung di Desa Sukolilo. Program PHP2D juga sangat didukung oleh masyarakat beserta perangkat desa Sukolilo.

“Saya berharap agar lebih banyak mahasiswa Umsida khususnya dari Fakultas Saintek yang dapat berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan seperti salah satunya program PHP2D yang dimana kita bisa langsung bersentuhan secara langsung dengan masyarakat untuk mengolah, mengatur dan memberikan kontribusi yang cukup nyata bagi masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta dapat secara langsung memberikan pengalaman bagi para mahasiswa Umsida untuk melatih soft skill dan hard skill mereka.” Terang Boy pada akhir wawancara

Penulis: Zhahlya Amaldha Sahara
Editor: Fitria Trisna Sisiliania

Berita Terkini

Umsida Berikan Pembekalan KKN Kepada 700 Mahasiswa
June 25, 2022
Prodi PTI Umsida Laksanakan Asesmen Lapangan
June 24, 2022
Umsida Terima Kunjungan Deltras
June 22, 2022
Tim Himatika Umsida Lolos Pendanaan Program PPK Ormawa
June 22, 2022
Fisioterapi Umsida Berkolaborasi dengan PERFI Sidoarjo Berikan Tes Kesehatan Gratis
June 19, 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI