• Alumni
  • Alumni

Fikes Umsida Adakan Pelatihan Layanan Akupresur di Klinik Aisyiyah Pandaan

Umsida.ac.id – Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dan Klinik Aisyiyah Pandaan melakukan kerjasama membuka layanan akupresur untuk ibu dan anak. Pelayanan baru ini mulai diberikan pada pasien Klinik pada bulan januari 2021.

Kerjasama kedua belah pihak terkait dengan peyediaan sumber daya manusia (SDM)  kompeten dalam layanan akrupresur yang pandemi mengalami penurunan pasien.

Tim dosen fikes Umsida yang tergabung dalam kelompok abdimas, terdiri Sri Mukhodim Faridah Hanum SST MM M Kes, Hesty Widowati M Keb Bd, Widiarti S Fis M Kes dan mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan Fikes Umsida memberikan pelatihan akupresur pada perawat dan bidan Klinik Rawat Inap Aisyiyah Pandaan.

Dalam pelatihan itu, para bidan dan perawat diajarkan titik-titik akupresur menurut  ilmu Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berguna untuk meningkatkan stamina dan merangsang produksi ASI pada ibu nifas.

Ketua Tim Dosen Fikes Umsida Sri Mukhodim Faridah Hanum SST MM M Kes menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menambah kompetensi pada bidan dan perawat, seihngga diharapkan dapat memberikan pelayanan baru yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan Klinik. “Kami harapkan kompetensi akupresur ini dapat bermanfaat bagi diri para tenaga kesehatan dan juga menambah jenis pelayanan yang diberikan pada pasien di klinik Aisyiah Pandaan,” Jelasnya saat dihubungi umsida.ac.id, Rabu (17/3).

Setelah mendapatkan pelatihan akupresur dari tim abdimas UMSIDA dan dinilai sudah kompeten, para bidan dan perawat Klinik Aisyiah merasa percaya diri untuk dapat memberikan pelayanan akupresur kepada pasien. Pelayanan akupresur ini, sudah mulai diberikan pada pasien yang bersalindi Klinik sejak bulan januari 2021.

Siti Fatimah, salah satu pasien yang bersalin di Klinik Asyiyah Pandaan saat diwawancarai pada Senin (15/03/21) mengaku senang mendapatkan pelayanan akupresur. “Saya senang melahirkan disini sekarang diberikan terapi pijat untuk memperlancar ASI, saya merasa rileks saat dipijat dan semakin bersemangat untuk menyusui,” ujar ibu dua anak ini.

Ditulis : Hesty Widowati M Keb Bd

Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI