• Alumni
  • Alumni

Marketing Online, Solusi Ketidakstabilan Ekonomi Pelaku Usaha

Umsida.ac.id – Mahasiswa KKN-P klaster mandiri Lamongan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mengadakan acara sosialisasi, pendataan, serta pembuatan toko online untuk beberapa pelaku usaha yang berada di pasar dusun Kruwul, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Rabu (17/3).

Khususnya untuk para pelaku usaha yang mengeluh akan menurunnya perekonomian namun memiliki toko dengan harga jual  grosir dan stok barang yang banyak. Sosialisasi dilakukan pada malam hari setelah sholat maghrib, sedangkan pendataan serta pembuatan toko online dilakukan pagi hari hingga jam buka pasar habis. Tepatnya pada pukul 12.00 WIB di Pasar Kruwul dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan.

Diadakannya kegiatan pembuatan toko online ini, dikarenakan banyak pelaku usaha yang mengeluh akan menurunnya omset serta penumpukan stok barang akibat pandemi covid-19 yang mana mereka belum menemukan cara yang lain dalam memasarkan barang. Menurut hasil temuan lapangan, pedagang dipasar kruwul rata-rata hanya berjualan dilingkungan pasar saja jadi sumber ekonomi mereka hanya mengandalkan pendapatan dari pasar. “Dikondisi saat ini jam 9 pagi saja pasar sudah sepi dari pembeli, jadi kami terpaksa tutup lebih awal” menurut salah satu narasumber.  Akibat penurunan omset dan pembatasan jam kerja itulah menyebabkan ketidak stabilan perokonomian. Dengan adanya model pemasaran baru yang diusulkan yaitu pembuatan toko online atau yang bisa disebut digital marketing ini diharapkan dapat membawa dampak baik bagi pelaku usaha dipasar kruwul.

Kegiatan ini tidak berhenti sampai dipembuatan toko online saja, namun masih banyak rangkaian kegiatan yang lain. Dimulai dari sosialisasi tentang gambaran umum serta cara pemasaran digital, dilanjutkan dengan rekap serta dokumentasi produk yang akan dijajahkan pada e-commerce yang dipilih (Shopee, Lazada, dan Marketplace Facebook), lalu pembuatan toko online pada beberapa e-commerce serta mengkatifkan whatsapp bussines untuk membuka layanan Cash On Delivery dan Drop Out untuk daerah sekitar, tak lupa dilakukan pendampingan dalam mengelola toko toko yang telah dibuat diberbagai e-commerce yang telah dipilih. Para pelaku usaha juga sangat antusias dan senang hati dalam mensukseskan kegiatan yang berlangsung. Dengan membawa harapan besar akan lahirnya solusi baru dalam perubahan perekonomian mereka menjadi lebih baik.

Penulis : Nuurin Lailatul Mufiddah

edit : ping darojat –

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI