Gelar Reuni Emas, Fikes Umsida Launching S1 Pendidikan Profesi Bidan

Penulis : umsidaj4y4 July 1, 2019 / Berita

UMSIDA.AC.ID – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) memiliki sejarah panjang selama 50 tahun berkiprah mengabdi kepada ummat. Ya, pengabdian itu telah memasuki tahun emas, dan akan terus berkiprah demi ummat dan bangsa.

Fakultas yang mengabdi di dunia kesehatan ini, pada awal berdirinya pada tahun 1968 bernama Sekolah Bidan Siti Khodijah di daerah Sepanjang, Taman-Sidoarjo. Namun kemudian mengalami berbagai metamorfosis penyempurnaan. Dari Sekolah Bidan, pada tahun 1980 dikonversi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Siti Khodijah. Tujuh tahun kemudian membuka D2 Program Pendidikan Bidan (P2B) Siti Khodijah.

Proses evolusi berlanjut, terhitung sejak tahun 1998 berubah menjadi Akademi Kebidanan Siti Khodijah Muhammadiyah. Dan Baru pada tahun 2013, Akademi Kebidanan Siti Khodijah Sepanjang resmi bergabung ke dalam Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dan menjadi Prodi Ilmu Kebidanan D3.

Dengan bergabungnya Akademi Kebidanan Siti Khodijah Sidoarjo ke Umsida, maka terbentuklah Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes). Kesimpulan besar dari semua transisi pendidikan bidan ini adalah dari Muhammadiyah untuk Bangsa dan sudah 50 tahun (setengah abad) kita bersama. Sejarah panjang tersebut diuraikan oleh Dekan Fikes Umsida SMF Hanum S ST, MM, M Kes saat membuka acara Reuni Akbar yang bertema “50 tahun berbakti untuk negeri” pada Sabtu (29/06/19), di Aula K.H Mas Mansyur Gedng E Kampus 1 Umsida.

Dalam reuni ini, hadir alumni dari berbagai generasi mulai dari alumni Sekolah Bidan, Program Pendidikan Bidan (P2B), Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), D3 kebidanan Siti Khodijah Sepanjang dan D3 Kebidanan Fikes Umsida. Tidak hanya alumni, para dosen, karyawan dan pimpinan periode terdahulu juga turut meramaikan acara ini.

Konsep reuni kali ini, selain bertujuan tujuan untuk saling melepas rindu, mengenang kenangan masa lalu, dengan teman, sahabat dan bapak ibu pimpinan maupun guru tetapi juga ada tujuan yang lebih penting yaitu Launching Program Studi S1 Pendidikan Profesi Bidan di Fikes Umsida.
“kami mengharapkan saudara-saudara yang ada disini untuk menjadi saksi evolusi sekolah kita yang berdiri sejak tahun 1968, saat ini telah menjadi S1 pendidikan profesi bidan. Sehingga, agar bapak ibu bisa menyaksikan perubahan sekolah kita dari masa ke masa, maka pada reuni ini juga ada launching S1 pendidikan profesi bidan.” Tutur Hanum.

“Harapan kami adalah agar upaya untuk mengembangkan peran serta alumni dalam meningkatkan kualitas pendidikan perlu terus ditingkatkan. Dan tidak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada bapak ibu pimpinan dan karyawan terdahulu atas jasa dan karyanya sehingga pendidikan kebidanan Siti khodijah yang saat ini menjadi Umsida tetap eksis di masyarakat.” Kata Hanum menambahkan.

Untuk meningkatkan peran alumni kepada almamaternya, dalam rapat panitia reuni memutuskan untuk mengangkat beberapa nama alumni untuk menjadi pengurus Ikatan keluarga Pendidikan Kesehatan dan Kebidanan Siti khodijah dan Umsida. Dan dalam reuni akbar ini, Surat Keputusan Pengangkatan Pengurus tersebut diserahkan langsung oleh Dekan Fikes kepada Umi Kalsum, Amd Keb Ketua Pengurus Alumni.

Acara mulai tampak meriah saat Wakil Rektor 3 Eko Hardi Ansyah M Psi Psikolog bersama Dekan Fikes melaunching prodi S1 Pendidikan Profesi Bidan dengan menekan tombol sirine yang memunculkan video launching dan serentak diikuti tepuk tangan meriah dari para audience.

Rangkaian acara menarik lainnya yakni pemilihan pimpinan, guru/dosen dan karyawan kebidanan inspiratif yang dilakukan dengan polling online saat itu juga oleh audience yang hadir. Hasil polling menunjukkan Pimpinan inspiratif dimenangkan oleh Djauharoh SST M.Kes, guru / dosen Inspiratif SMF Hanum SST MM Mkes, dan karyawan inspiratif oleh Ahmad Yusuf Hariadi.

Sertifikat penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Rektor 3 kepada para pemenang dan penghargaan Alumni Inspiratif diberikan kepada Yosi Rizky Amd Keb, alumni D3 Kebidanan Siti Khodijah angkatan 2010 yang pernah dinobatkan sebagi bidan teladan kabupaten banyuwangi.
Suasana semakin mencair dengan acara hiburan dari mahasiswa dan tampilan spontanitas dari para almuni yang dipandu MC Basori S Psi Mantan karyawan akademi kebidanan Siti Khodijah Sepanjang. (hesty)

Related Post