Umsida dan UnisZA : Revolusi Pendidikan 4.0 Sinergikan Sains dan Agama

Penulis : umsidaj4y4 June 30, 2019 / Berita

Umsida.ac.id – (28/6) fakultas agama islam umsida kembali menggandeng universitas luar negeri untuk memberikan pengalaman perkuliahan yang beda dari biasanya. Kali ini bersama Universiti Zainal Abidin Malaysia, para peserta seminar dibuat kagum dengan pemamaparan dari Rektor Umsida Dr Hidayatullah Msi dan Timbalan Naib Conselor (Akademik dan Antarbangsa) dari Unibersiti Sultan Zainal Abidin Malaysia, Prof Dr Kamarul Shukri bin Mat Teh di Aula Mas Mansyur Umsida.

Dalam kesempatannya, Prof Dr Kamarul Shukri bin Mat Teh menjelaskan tentang fungsi pendidikan bagi kehidupan. Ia mengatakan, “Setidaknya pendidikan digunakan untuk 4 perkara,sebagai penambah ilmu, penyelesaian masalah, penambahbaikan amalan serta penambahbaikan dasar,” ujarnya dengan logat Melayu yang khas.

Akibat revolusi Industri 4.0, menurutnya iklim pendidikan sedikit banyak juga turut berubah. Jika zaman dahulu pendidikan identic dengan ceramah dan mencatat atau dapat disebut era pendidikan 1.0 yang identic dengan lecture and memorization. Kemudian seiring berkembangnya zaman, iklim pendidikan naik tingkat menjadi era pendidikan 2.0 dimana pendidikan sudah menggunakan internet enabled learning, kemudian naik lagi menjadi era pendidikan 3.0 yang identic dengan knowledge producing education dan sampailah pada saat ini, era pendidikan 4.0 yang mana sangat dekat dengan innovative producing education. “Maka di era inilah, pendidikan bagi anak anak kita haruslah pendidikan yang holistic, menyeluruh, serta dapat mensinergikan Sains dan Agama. Inilah yang harus selalu di terapkan di Umsida dan di UnisZA,” imbuhnya.

Meski begitu, Prof Dr Kamarul Shukri Bin Mat Teh juga tak menampik jika Era Pendidikan 4.0 juga memberikan dampak yang patut diwaspadai. Sebab anak anak sangat mungkin menjadi lebih individualistic dan ketergantungan pada digital yang tentunya berdampak negative bagi kesehatan dan mental. “Oleh karena itu, sinergi Ilmu dan Iman menjadi satu kesatuan penting dalam pendidikan sebagaimana dalam Surat Al Alaq 1 sampai 5,” tuturnya. (Real)

Related Post