• Alumni
  • Alumni

Gelar Sekolah Literasi, HIMA PAI Umsida Tingkatkan Minat Baca – Tulis Mahasiswa

Umsida.ac.id – Rendahnya tingkat literasi di Indonesia  menjadi salah satu perhatian penting bagi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (HIMA PAI).  Bertempat di Aula Siti Khodijah Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo(6/01), para kader Himpunan Mahasiswa PAI ini mengikuti Sekolah Literasi. Acara yang digelar pada tanggal 4 hingga 5 Januari 2020 ini menghadirkan Muhammad Fajar Sidik, S Pd M Pd Ch Cht pemilik pondok Pesantren Al –Ikhlas sebagai pemateri. Dalam sambutannya. Ketua Pelaksana kegiatan Muhammad Ridho Adzani mengucap syukur atas terselenggarakannya acara ini. Sebab tidak dapat dipungkiri, selain menjadi menjalankan tugas sebagai mahasiswa yang aktif dalam perkuliahan para mahasiswa ini juga aktif dalam organisasi dan sebagian lainnya juga  bekerja.

Dalam kesempatannya,Muhammad Fajar Sidik, S Pd M Pd Ch Cht memberikan materi tentang dasar dasar penulisan hingga macam macam dan gaya penulisan. Sebagai pembuka, para peserta diajak untuk merenungi kembali kenangan kenangan yang pernah dialami oleh para peserta lalu menuliskan perasaannya dalam secarik kertas. Selain itu, para peserta sekolah literasi yang berasal dari kader HIMA PAI ini diajak untuk melakukan permainan susun kata.  Hal ini bertujuan untuk mengasah perasaan para peserta, sebab selain niat, untuk mengasilkan karya tulis diperlukan perasaan dalam menyusunnya. Muhammad Fajar Sidik mengatakan, “Tidak hanya cerpen, puisi dan lain sebagainya. Membuat skripsi, yang mana skripsi ini termasuk karya tulis kan. Itu diperlukan perasaan dalam menyusunnya, jika tidak dijamin Uwangel temen,” ujarnya dengan santai dan disambut gelak tawa para peserta.

Muadz Ahmad Faruq Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam mengaku bangga atas antusiasme para mahasiswa untuk mengikuti sekolah literasi, “Jadi kegiatan ini merupakan bagian dari follow up teman teman kader Hima yang baru dalam membuat suatu acara. Nantinya, dilain kesempatan kami akan mengajak seluruh teman teman dari Umsida khususnya FAI untuk mengikut sekolah literasi ini. Tentunya setelah melalui beberapa evaluasi dan Inovasi,” ujarnya.

Penulis : Realita Tataguna CB

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI