• Alumni
  • Alumni

Guru Besar UNS Ajak Mahasiswa Umsida Kreatif Lewat Technopreneur

Umsida.ac.id – Dari adanya Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Prof Dr Triyono ST MT menjadi narasumber dalam acara Seminar Online Kewirausahaan Dan Technopreneur dengan mengusung tema Membangun Jiwa Kewirausahaan Dan Technopreneur Pada Mahasiswa, yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), pada Minggu (10/10).

Guru besar Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) itu menjelaskan Technopreneur. “Pengertiannya diambil dari kata techno yang berarti teknologi, dan entrepreneur yang berarti kewirausahaan, jenis kewirausahaan ini cocok untuk orang yang cerdas, inovatif, paham teknologi, dan bersemangat dalam perhitungan resiko,” ujarnya.

Mahasiswa harus kreatif dalam mengembangkan ide. “Kemudian mahasiswa umsida harus membangun ide dengan cara memiliki produk atau jasa yang akan dijual, lalu melihat bagaimana produk itu dijual, kemudian kepada siapa produk itu dijual, dan kebutuhan pelanggan mana yang akan dipenuhi, jadi itu semua harus beriringan,” jelasnya.

Ide bisnis yang baik adalah sesuatu ide yang lulus tahap pemilahan dan pengujian ide. “Setelah itu kita harus memilah ide tersebut dengan kemampuan dan kapasitas yang kita miliki, baru dilanjutkan dengan menguji ide, artinya menggungakan SWOT yaitu Strength, Weakness, Opportunity, Threat, dari mulai dampak positif dan negatif bisnis, kemudian hal-hal yang ada di masyarakat yang mempunyai pengaruh positif maupun negatif,” imbuh Triyono.

Ia berharap mahasiswa Umsida mampu membuat karya ide bisnis Technopreneur. “Saya berharap, atas apa yang saya sampaikan bisa memotivasi dan mahasiswa mampu membuat ide bisnis sebagai acuan perkembangan generasi di Indonesia dengan keadaan atau perkembangan zaman,” pungkasnya.

Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

Leave a Reply

Berita Terkini

Tekuni Bidang Fotografi dan Videografi Antarkan Mahasiswa Umsida Jadi Wisudawan Berprestasi
October 28, 2021
Aktif PSM Mahasiswa PAI Berhasil Raih Wisudawan Terbaik
October 28, 2021
Mahasiswa Prodi AP Berikan Tips Lolos Magang BRIN
October 28, 2021
Tujuh Dosen Umsida Berhasil Lolos Hibah Program Riset 2021
October 27, 2021
Potensi Pengembangan Kecerdasan Buatan Untuk Kemajuan Indonesia
October 27, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI