halal center umsida

Halal Center Umsida Kembali Dipercaya PT CAS untuk Sertifikasi Halal Resto dan Gerai

Umsida.ac.id – Halal Center Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali dipercaya oleh PT Cipta Aneka Selera (PT CAS). Rabu (12/06/2024) bertempat di ruang rapat di Gedung Kuliah Bersama (GKB) 1 Umsida, Halal Center Umsida menerima tim PT CAS bidang sertifikasi halal. 

Baca juga: 9 Mahasiswa MBKM KKN-T Kembangkan Wisata Kampung Samiler dan Buat Sertifikat Halal untuk UMKM

Mereka melanjutkan kerja sama pendampingan sertifikasi halal resto dan gerai yang ada di Jawa Timur yang diperkirakan berjumlah 99 gerai dan 50 resto.

PT CAS adalah perusahaan yang bergerak di bidang food and beverage (FnB) yang memiliki konsep multi-brand sejak tahun 2011. Sebelumnya, Halal Center Umsida telah dipercaya PT CAS untuk melakukan pendampingan sertifikasi halal produk. Rencananya, ada dua resto yang akan diajukan untuk pendampingan halal, yaitu Yasaka dan C’Bezt. 

“Memang kami ingin menjual produk secara halal dan berkah. Kami tak hanya ingin memiliki sertifikat halal di kantor, tapi juga di resto dan gerai. Restonya tersebar dari Medan hingga Makassar, kami harap Umsida bisa mendampingi di wilayah Jawa khususnya Jawa Timur,” ujar Esti Rosiyati, pimpinan PT CAS.

Tak hanya itu, Esti juga berharap Umsida bisa mendampingi PT CAS untuk sertifikat halal di produk, resto, bahan, hingga packaging. PT CAS juga berencana untuk menambah produk yang akan disertifikasikan.

“Kami akan belajar banyak dari Umsida, apalagi kami juga belum memiliki unit tersebut secara internal. Setelah mendampingi kami tahun lalu, PT CAS telah memiliki kepercayaan kepada Umsida untuk mengaudit gerai kami,” jelas Esti.

Perusahaan pertama yang didampingi Halal Center Umsida

halal center umsida

PT CAS merupakan perusahaan pertama yang didampingi Halal Center Umsida. Kebanyakan, Umsida memang mendampingi UMKM saja. Berawal dari HRD PT CAS, Djohan, yang mendapatkan informasi dari kerabatnya, akhirnya tim sertifikasi halal PT CAS menemui lembaga ini untuk melakukan pendampingan sertifikasi halal produk. Pendampingan ini berlangsung sekitar satu tahun sejak Mei 2023.

“Selama ini kami masih bergerak di UMKM, belum pernah menangani perusahan besar. Mereka mengatakan bahwa mereka adalah anak perusahaan PT Japfa. Setelah kami datang ke sana, ternyata mereka adalah salah perusahaan yang menyuplai produk frozen food terbesar di Indonesia,” tutur Puspita Handayani SAg MPdI, kepala Halal Center Umsida.

Baca juga: Indonesia, Negara Berpenduduk Muslim Terbanyak Tapi Industri Halal di Peringkat 10 Dunia

Setelah mendampingi untuk sertifikasi halal produk, lanjutnya, tim halal center Umsida kembali dipercaya untuk mendampingi sertifikasi halal resto. Namun setelah dikomunikasikan lebih lanjut, ternyata masih ada beberapa bahan makanan yang belum tersertifikasi. Oleh karena itu, Puspita menyarankan agar PT CAS melakukan sertifikasi bahan produksi terlebih dahulu, kemudian restonya.

Berkaca dari pendampingan tahun lalu yang memakan waktu satu tahun, dosen prodi Manajemen ini menjelaskan bahwa proses sertifikasi halal memang  memakan waktu karena persyaratan yang cukup kompleks.

“Ritme pelaku usaha yang mengurus berkas sertifikasi juga mempengaruhi terbitnya izin halal. Dan kita benar-benar mendampingi, bukan makelar halal yang instan tersertifikasi. Karenanya, itu tahapnya lama,” lanjut Puspita.

Untuk itu, Umsida mengirimkan mahasiswa dalam program magang internal untuk membantu menyusun dokumen halal itu. Dengan hal tersebut, perusahaan terbantu dan lebih paham tentang pengurusan sertifikasi halal, dan Umsida memiliki ilmu baru dan informasi yang bisa disampaikan kepada pelaku usaha.

Menghandle perusahaan besar untuk pertama kalinya, Halal Center Umsida berencana untuk melebarkan sayap untuk mendampingi sertifikasi halal perusahaan namun juga tetap mendampingi UMKM.

halal center umsida

Puspita melanjutkan, “Dua jenis usaha tersebut sangatlah berbeda. Sepengalaman kami, UMKM lebih butuh pendampingan karena merak dari latar belakang yang berbeda-beda, terlebih mereka yang masih belum melek teknologi. Sedangkan perusahaan, mereka memiliki cakupan yang lebih besar dan memiliki tim sendiri. Jadi kami tinggal mengarahkan dan konsultasi saja,”.

Dari diskusi tersebut, Halal Center Umsida telah mendapat kepercayaan PT CAS untuk menghandle se-Indonesia. Namun karena lembaga ini memiliki cakupan masing-masing sesuai aturan Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halalan Thayyiban Pimpinan Pusat (LPH-KHT PP) Muhammadiyah, maka Umsida direncanakan akan mengurus resto dan gerai PT CAS di Jawa, khususnya Jawa Timur.

Baca juga: 3 Dosen Umsida Dampingi Sertifikasi Halal dan Keuangan Digital Bagi Wirausaha

“Yang pertama kita bangun adalah kepercayaan masyarakat. Melalui kerja sama perusahaan ini dan diterima dengan baik. Harapannya kami bisa memberikan kesan yang baik sehingga bisa dikenal lebih luas dan mengedukasi pentingnya sertifikasi halal, bukan hanya sekedar logo,” tutur Puspita.

Selain dengan PT CAS, saat ini Halal Center Umsida juga tengah mendampingi sertifikasi halal rumah sakit, yakni RS Siti Khodijah Sepanjang dan RS Fatimah Tulangan.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By