pesan wakil ketua majelis dikti litbang wisuda ke-42

Prof Tobroni: Semoga Kalian Menjadi Sarjana yang Sujana

Umsida.ac.id – Prosesi wisuda sesi terakhir yakni sesi 4 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) ke-42 program diploma, sarjana, dan pasca sarjana menghadirkan Anggota Pleno Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, terlaksana pada Sabtu siang (18/11/2023).

Sambutan Anggota Pleno Majelis Dikti Litbang ini disampaikan oleh Prof Dr Tobroni MSi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

pesan wakil ketua majelis dikti litbang wisuda ke-42

Ucapan selamat dari Majelis Dikti Litbang

“Atas nama Majelis Dikti Litbang, saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan bapak ibu wali. Pada hari ini, kita menyaksikan bersama keberhasilan adik-adik semuanya dalam menjalankan studi di Umsida,” ujarnya.

Lihat juga: Pesan dan Kesan Wisudawan Umsida: Jika Ingin Berubah, Maka Harus Mau Berkembang

Selanjutnya, sambung Prof Tobroni, ucapan selamat disampaikan kepada Umsida yang telah mengelola perguruan tinggi dengan baik dan manajemen yang unggul. Karena dilihat dari pencapaian prestasi akademik maupun kelulusan tepat waktu yang rata-rata kurang dari 4 tahun, menggambarkan bahwa proses akademik yang diselenggarakan di Umsida berpredikat unggul.

Pencapaian ini memerlukan kerja keras yang terukur dan istiqomah dari semua pihak, baik dari pimpinan, dosen, mahasiswa, dan doa wali wisudawan. Dan yang ketiga menurut Prof Tobroni, dilihat dari akreditasi dan prestasi akademik maupun non akademik yang diraih, menggambarkan adanya sebuah continous improvement di mana dari waktu ke waktu terdapat peningkatan prestasi dan bidang lainnya.

Perwakilan dari Dikti Litbang tersebut melanjutkan, “Prestasi umsida yang luar biasa selanjutnya adalah didapatkannya izin operasional untuk Fakultas Kedokteran Gigi. Tentu tidak semuanya perguruan tinggi apalagi swasta, mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk mendirikan fakultas kedokteran,”.

Alasannya, kata Prof Tobroni, fakultas kedokteran memiliki standar mutu yang sangat ketat dan izin pembukaan fakultas kedokteran gigi memerlukan waktu dan kesabaran.

Harapan tentang progres Umsida

Prof Tobroni berharap agar akreditasi perguruan tinggi yang sekarang sedang dipersiapkan untuk 2024 bisa mendapatkan akreditasi unggul. Karena itu merupakan prasyarat diizinkannya Fakultas Kedokteran Umum. Jika nanti bisa terwujud, maka tentu Umsida akan sejajar dengan perguruan tinggi yang telah mendapatkan rekognisi nasional maupun regional.

Lihat juga: Wisudawan ini Buktikan Anak Buruh Serabutan Bisa Jadi Sarjana dan Berprestasi

Dibukanya Fakultas Kedokteran Umum juga merupakan gambaran kualifikasi tertentu dalam bidang manajemen, sarana prasarana, kepercayaan masyarakat, dan pemerintah.

pesan wakil ketua majelis dikti litbang wisuda ke-42

Lebih dari sarjana yang sujana dan tiga manfaat kuliah di Umsida

“Mewakili Majelis Dikti Litbang, saya berterima kasih kepada para orang tua wisudawan yang telah mempercayakan putra-putrinya Umsida. Saya mengamati ada tiga keuntungan ketika menyekolahkan putra putrinya di Umsida,” Tutur dosen Fakultas Agama Islam UMM tersebut.

Ia menjelaskan alasannya yang pertama yakni Insya Allah lulusan Umsida bukan hanya seorang sarjana yang sujana. Melainkan sarjana yang berakhlak mulia dan sekaligus sebagai waladun sholeh. Anak-anak yang sholeh dan senantiasa mendoakan kedua orang tuanya. Karena menurutnya menjadikan anak yang sholeh sholehah itu bukanlah pekerjaan yang ringan.

Manfaat menjadi lulusan Umsida yang kedua adalah, Muhammadiyah menyelenggarakan pendidikan yang bervisi, modernitas, dan berkemajuan. Karena itulah, tuturnya, sarjana yang dihasilkan Umsida merupakan sarjana yang memiliki pemikiran-pemikiran ke depan, inovatif, dan berkemajuan, yaitu senantiasa melakukan inovasi dan kerja keras sehingga keberadaannya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa.

Lihat juga: Tak Bisa Melihat Akibat Covid 19, Wisudawan Ini Tuntaskan Kuliah dengan Segudang Prestasi

Yang terakhir, menurut wakil ketua Majelis Dikti Litbang, biaya pendidikan di Umsida ini lebih murah daripada biaya tidak kuliah. Mengapa? Karena menurut profesor kelahiran tahun 1954 tersebut yakin dengan apa yang telah wali wisudawan berikan kepada anaknya. Umsida tidak hanya sekedar menarik biaya, tetapi biaya yang diberika wali wisudawan, akan menjadi amal jariyah.

“Muhammadiyah selalu amanah di dalam mengelola kepercayaan masyarakat. SPP dan uang sumbangan pembangunan yang telah bapak ibu berikan kepada Umsida sudah sangat nyata hasilnya. Baik berupa peningkatan kualitas dosen, peningkatan mutu pendidikan, dan juga fasilitas sarana dan prasarana yang terus dilengkapi dan Insya Allah tidak kalah dengan yang lain,” sambungnya.

Terakhir Prof Tobroni berpesan kepada wisudawan agar memetik makna dari surat Ad-Dhuha yang menjelaskan tentang dua kunci keberhasilan, yakni melaksanakan Qiyamul Lail Dhuha.

“Dengan dua modal ini, maka Insyaallah semuanya akan dekat dengan Allah. Mungkin kita tidak usah meminta, Allah akan memberikan yang terbaik sehingga sehingga capaian yang kalian peroleh akan membawa kebahagiaan dan kesejahteraan hidup,” pungkasnya.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

Edukasi UMKM Pentingnya HPP dan Fintech
Edukasi UMKM Pentingnya HPP dan Fintech
July 18, 2024By
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By