• Alumni
  • Alumni

Inovasi di Tengah Pandemi, Mahasiswa Umsida Buat Wastafel Touchless

umsida.ac.id – Era new normal telah merubah tatanan kebiasaan yang ada di masyarakat. Termasuk kebiasaan masyarakat untuk melakukan
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal ini membuat Elga Oktavia salah satu anggota kelompok 3 KKN-T UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) membuat wastafel touchless, minggu
(6/10). Bertempat di Desa Sawohan RW 3 Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat bisa cuci tangan tanpa menyentuh wastafel.


Elga menjelaskan latar belakang pembuatan alat tersebut. “Kurangnya kesadaran warga akan hidup sehat, karena di masa pandemi sekarang setidaknya harus disediakan tempat cuci tangan didepan rumah,” ujarnya. Penggunaan wastafel otomatis ini dianggap memudahkan masyarakat ketika melakukan cuci tangan. “Sebab warga tidak perlu menyentuh wastafel ketika akan cuci tangan, jadi lebih meminimalisir penyebaran bakteri dan virus,” imbuhnya saat dihubungi jurnalis web umsida via whatsapp.

proses pembuatan wastafel otomatis oleh salah satu anggota KKN-T Umsida

Proses pembuatannya sangat sederhana, dimulai dengan menyediakan media yaitu bak air, pompa dan selang. Bak air yang dimodifikasi dengan mesin pompa air. Kemudian, bak air tersebut digunakan sebagai wadah yang berfungsi untuk menenggelamkan mesin pompa air yang sudah diberi sensor otomatis, lalu diiris secukupnya pada bagian tutup bak agar bisa dengan mudah mengisi bak air dengan selang sehingga tidak perlu membuka tutup bak air.

Dengan kemudahan pembuatan alat tersebut, Ia berharap masyarakat bisa menerapkan PHBS di lingkungannya. “Dengan alat ini kita bisa tetap melakukan gaya hidup bersih dan sehat, sesuai dengan tatanan new normal tanpa menyentuh bagian kran air. Itulah yang menjadi keunggulan dari produk inovasi ini,” pungkasnya.

Ditulis oleh: Fiki Pamelasari

Edit : Etik Siswati Ningrum

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI