• Alumni
  • Alumni

Integrasikan Perangkat Pembelajaran dan Budaya Lokal Sidoarjo, Tim Abdimas Umsida Lakukan ini

Umsida.ac.id – Tim Pemberdayaan Masyarakat Universitas Muhammadiyah (UMSIDA) mengadakan Workshop Pembuatan Bahan Ajar IPA Berbasis Kearifan lokal Sidoarjo. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan pada 18-19 Maret 2020 di SMP Negeri 2 Jabon kabupaten Sidoarjo.

Dengan mengusung tema Implementasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terintegrasi budaya lokal Sidoarjo, kegiatan ini menitik beratkan pada etnosains. Hal itu disampaikan oleh Ketua Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Jabon Noly Shofiyah, M.Pd, M.Sc.

“Kegiatan kita fokus pada etnosains, yang mengintegrasikan antara IPA dengan kearifan lokal Sidoarjo ” ungkap Noly Shofiyah, M.Pd, M.Sc saat dikonfirmasi pada Sabtu (16/5/2020).

Ada yang berbeda pada konsep yang diusung oleh tim Noly, pihaknya lebih konsen pada kompetensi pedagogik guru IPA pada aspek pembuatan perangkat pembelajaran dan implementasi pembelajaran IPA di kelas yang belum mengintegrasikan budaya lokal Sidoarjo ke dalam pembelajaran IPA.

“Bagi kami ini adalah inspirasi baru ya, setelah tim melakukan observasi kebutuhan SMPN 2 Jabon, setelah itu tim menemukan kebutuhan, perangkat pembelajaran dan implementasi pembelajaran IPA di kelas yang belum mengintegrasikan budaya lokal Sidoarjo” jlentreh dosen FKIP Pendidikan IPA tersebut.

Pihaknya juga menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut Meningkatkan pemahaman guru tentang konsep etnosains, kearifan local atau budaya local dan Meningkatkan keterampilan guru dalam pembuatan bahan ajar berabasis kearifan local.

Hasil dari kegiatan ini diharapkan, “pengetahuan guru-guru tentang pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal atau etnosains meningkat. Selain itu, guru-guru mampu membuat bahan ajar IPA berbasis kearifan lokal atau etnosains” harap Noly.

Sementara Nurul Huda, S.Pd, M.Pd Kepala Sekolah SMPN 2 Jabon menyampaikan, Guru diharapakan mampu membuat bahan ajar IPA materi gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton yang diintegrasikan dengan permainan tradisional Sidoarjo yaitu permainan engklek dan balap klompen. Bahan Ajar IPA materi Energi dan Perubahannya yang diintegrasikan dengan proses pembuatan ikan asap di Desa Permisan, Jabon Sidoarjo” ujar Nurul Huda

Leave a Reply