• Alumni
  • Alumni

Iwan Junaidi: Sekolah Yang Bagus Adalah Sekolah Yang Mampu Menjadi Penggerak

Umsida.ac.id- Hadir dalam acara seminar nasional bertema Wellbering Education Untuk Generasi Alpha di Era Revolusi 4.0, Iwan Junaidi Ssi Mpd paparkan pentingnya merdeka belajar cetusan mentri Nadiem Makarim pada (14/03). Di Aula Auditorium GKB 2, Kampus 1 Umsida  Iwan menyatakan bahwa merdeka belajar yang dicetuskan pada Desember 2019 lalu telah memasuki edisi ke-4 di bulan Maret 2020 ini.

“Sebenarnya program besar pendidikan nasional terhenti karena banyak hal. Program-program itu antara lain, program Sekolah Standar Nasional (SSN), RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional), dan lainnya,” ujar dosen S2 Universitas Negeri Semarang tersebut.

Bukan hanya itu, Iwan juga menjelaskan bahwa peran terpenting dalam sebuah pendidikan dalam sekolah tak lain adalah peran kepala sekolah dan pengajar. Sebab, merekalah yang akan membantu langsung dalam mengembangkan sekolah. Oleh karena itu menurutnya  setiap sekolah membutuhkan guru atau dosen yang kreatif sehingga bisa membuat interaksi yang nyaman terhadap murid atau mahasiswanya.

 Lelaki yang juga bertugas di Dinas Pendidikan Jawa Tengah ini juga menegaskan bahwa sekolah-sekolah yang bagus atau cukup memenuhi standar harusnya juga bisa membantu sekolah lain sebagai sekolah penggerak. Salah satu ciri sekolah penggerak ialah sekolah yang memiliki fasilitas memadai. Sebab setelah kebutuhan kepala sekolah dan pengajar, fasilitas sekolah menjadi kebutuhan bagi setiap siswa. Termasuk pentingnya pendidikan agama yang juga diutamakan selain ilmu pendidikan lainnya.

“Jangan sampai pendidikan agama lepas dari pendidikan nasional,” tegasnya.

Penulis : Angelia Firdaus

Editor: Lintang Dyah Puspita

Leave a Reply