• Alumni
  • Alumni

Cegah Bullying, Dosen UHT Surabaya Ungkapkan Pentingnya Wellbeing Education

Umsida.ac.id – “Beragam konsep yang menjelaskan faktor internal & eksternal pada bullying memiliki pengaruh terhadap siswa,” ungkap Lutfi Arya M Psi, Dosen Psikologi Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya dalam seminar FPIP Fair yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (BEM FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) di Auditorium KH Ahmad Dahlan, GKB 2, Kampus 1, pada Sabtu (14/03)

Dalam sesi ini, pria yang akrab disapa Lutfi menjelaskan bahwa generasi alpha sekarang banyak menghadapi tindak Bullying di berbagai daerah. “Banyak perilaku kekerasan sesama teman di sekolah dan menjadi fenomena miris yang terjadi pada akhir-akhir ini,” jelasnya.

“Perilaku Bullying ini dapat mempengaruhi kondisi psikis terhadap anak terutama menyebabkan menurunnya prestasi dan potensi anak,” sambung Lutfi.

Lebih lanjut, Lutfi mengungkap, kita harus mengenal betapa pentingnya Wellbeing Education untuk menghindari tindak pembulian. “Semakin tinggi Wellbeing Education maka tindakan agresifnya akan menurun,” terangnya.

Lutfi menambahkan, “Hendaknya kita selalu waspada terhadap tindakan bullying yang terjadi pada generasi Alpha ini.”

Pada generasi Alpha ini, anak cenderung lebih cepat mengenal gadget dan menganggap media sosial serta teknologi hanya sebagai sebuah eksistensi, “Generasi Alpha sekarang anak lebih pandai menggunakan teknologi gadget yang berbasis audio visual,” tutur Lutfi.

Dalam tantangan dunia pendidikan ke depan, Lutfi mengimbuhkan, “Kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman sehingga siap menghadapi tantangan pendidikan yang berbasis IPTEK.”

Di akhir sesinya, Lutfi memberikan pesan untuk mencegah perilaku bullying. “Kita bisa mengupayakan dengan berbagai macam tindakan positif, seperti melakukan permainan yang berhubungan dengan literasi. Sekolah tidak hanya sebagai tempat belajar, tetapi bisa juga tempat berbagi pengalaman apapun,” pungkasnya.

Reporter: Anis Yusandita

Editor: Erika Mulia Arsy

Leave a Reply