• Alumni
  • Alumni

Jalin Kerja Sama PT Permata Desa Indonesia, Umsida Kembangkan Tanaman Hias Komoditi Eksport

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) sepakat menjalin kerjasama dengan PT Permata Desa Indonesia dalam rangka peningkatan prosepek tanaman hias untuk ekspor, Rabu (17/11).

Hasan Ubaidillah SE MM, direktur pengembangan bisnis Umsida mengapresiasi positif perjanjian kerja sama ini. “Selain kita bisa melihat peluang bisnis dari pasar tanaman hias yang menjadi primadona di kalangan masyarakat, dengan adanya kerjasama ini diharapkan bisa menambah soft skill mahasiswa prodi agroteknologi dalam pengembangan produksi tanaman,” ujarnya.

Langkah pertama pengembangan ekspor tanaman hias ini adalah dengan pengiriman 200 Bibit tanaman hias ke Umsida. Melalui riset dan pengembangan di green house prodi Agroteknologi Umsida, diharapkan dalam waktu seminggu pertumbuhannya membaik, sehingga nantinya akan dikirim sebanyak 1700 an lebih bibit tanaman hias.

M. Abror SP MM Kaprodi Agroteknologi mengatakan selain untuk kebutuhan eksport, keberadaan bibit tanaman hias ini bisa membantu mahasiswa agroteknologi dalam mempraktikkan teori yang mereka dapatkan selama kuliah. “Harapannya mahasiswa bisa menggunakan green house ini semaksimal mungkin untuk praktik kultur jaringan tanaman,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Muh Irfan Nugroho, direktur PT Permata Desa Indonesia, Selain untuk kebutuhan dalam negeri, pengembangan tanaman hias juga punya peluang sebagai komoditas ekspor.

Tanaman hias termasuk salah satu jenis komoditas hortikultura yang perannya berbeda dengan komoditas buah-buahan dan sayuran.

Komoditas buah dan sayuran dikonsumsi untuk pemenuhan kebutuhan jasmani, terutama sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat, sedangkan tanaman hias digunakan konsumen untuk memenuhi kebutuhan rohani.

Sesuai fungsinya sebagai pemenuhan kebutuhan rohani, hampir semua lapisan masyarakat ingin menikmatinya. Oleh karena itu prospek pengembangan usaha tanaman hias terbuka lebar untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Peningkatan kebutuhan tanaman hias sejalan dengan kesadaran masyarakat untuk mencintai lingkungan yang indah, kondisi perekonomian, pembangunan pemukiman, gedung-gedung perkantoran, dan sektor pariwisata. Tingginya permintaan tanaman hias dari pengembang perumahan dan apartemen baru di kota-kota besar menjadi salah satu pendorong perkembangan bisnis tanaman hias.

Di antara tanaman hortikultura yang dikembangkan secara komersial adalah florikultura yang memiliki potensi ekspor sangat tinggi karena saat ini preferensi pasar internasional mulai berubah ke arah tanaman hias tropis.

Di tengah Pandemi Covid 19, pertumbuhan ekspor komoditas pertanian menjadi penyumbang pertumbuhan tertinggi untuk perekonomian Indonesia sehingga sektor pertanian memiliki kekuatan yang sangat besar dan paling siap untuk menunjang pertumbuhan ekonomi makro. 

*Humas Umsida

 

Leave a Reply

Berita Terkini

Umsida Kirim Relawan Psikososial Bantu Pengungsi Semeru
January 18, 2022
Umsida Lepas Mahasiswa Peserta Program Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound
January 18, 2022
Kadin Jatim Tanda Tangani MoU Kerjasama dengan Umsida
January 17, 2022
Siapkan Kompetensi Lulusan, Umsida Launching Lembaga Sertifikasi Profesi
January 17, 2022
Perkuat Kerjasama Umsida dan Um Palembang Tanda tangani MoU Catur Dharma Perguruan Tinggi
January 14, 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI