Jalin Ukhuwah Internasional, Rektor dan BPH Umsida Kunjungi PCIM Malaysia

Penulis : umsidaj4y4 August 15, 2019 / Berita

Persyarikatan Muhammadiyah telah berkembang pesat secara internasional, salah satunya di negeri jiran, Malaysia. Dalam rangka memperkuat ukhuwah dan semangat dakwah Islamiyah internasional, Rektor dan pengurus Badan Pembina Harian (BPH) UMSIDA mengikuti rihlah PW Muhammadiyah Jawa Timur dengan melakukan kunjungan ke Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia di Kuala Lumpur, Malaysia pada 12-15 Agustus 2019.

Rombongan dari UMSIDA terdiri atas Rektor UMSIDA Dr. Hidayatulloh dan 4 orang pengurus Badan Pembina Harian (BPH) UMSIDA, Prof. Achmad Jainuri, MA,Ph.D., Drs. Nadjib Hamid, M.Si., Ir. Tamhid Masyhudi, dan Dra. Sri Asih, yang masing-masing sebagai Ketua, Sektetaris, Bendahara, dan Anggota. Secara keseluruhan, rombongan dari Jawa Timur ini berjumlah 28 orang dan dipimpipin langsung oleh Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur.

Kehadiran rombongan Muhammadiyah Jawa Timur ini disambut hangat oleh keluarga besar Muhammadiyah Malaysia yang dipimpin oleh Ketua PCIM Malaysia, Sonny Zulhuda. Tempat pertemuan tersebut di sekretariat Ranting Istimewa Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Kampung Pandan, yang merupakan ranting muhammadiyah terbaru di Malaysia.

Dalam sambutannya Sonny Zulhuda menyampaikan bahwa perkembangan Muhammadiyah di luar negeri, khususnya di Malaysia terbilang sangat cepat. Sonny menginformasikan bahwa jumlah anggota Muhammadiyah di Malaysia ini lebih dari 2000 an orang.

“Saat ini PCIM Malaysia telah memiliki 7 Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) dan 5 Pimpinan Ranting Istimewa ‘Aisyiyah (PRIA),” ujar Sonny yang juga sebagai Associate Professor di Interntational Islamic University Malaysia (IIUM) ini. “Yang terbaru adalah PRIM Kampung Pandan yg kita tempati ini,” ujar Sonny menambahkan.

Ketua PWM Jawa Timur, Dr. M. Saad Ibrahim, MA. dalam ceramahnya memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan PCIM Malaysia dalam mengembangkan gerakan Muhammadiyah di Malaysia. ”Semangat orang-orang Lamongan, Gresik, Tuban, dan beberapa dari daerah lain yang sedang bekerja dan kuliah di Malaysia ini luar biasa,” ujar pak Saad yang mengapresiai para pengurus dengan menyebut nama daerah asal pengurus yang penuh semangat mengembangkan persyarikatan Muhammdiyah di Malaysia.

Mengetahui pertumbuhan yang begitu cepat, pak Saad pun memberikan apresiasi yang besar kepada para pengurus Muhammadiyah di Malaysia. “Kita patut memberi apresiasi dan support kepada bapak, ibu, dan saudara-sausara kita yang ada di Malaysia ini,” ujar Pak Saad. “Untuk itu PWM Jawa Timur memberikan sumbangan kepada PCIM Malaysia sebesar 75 juta rupiah,” tegas Saad Ibrahim.

Selaku pimpinan salah satu Perguruan Tinggi Amal Usaha Muhammadiyah, Rektor UMSIDA Dr. Hidayatulloh M.Si pun mengapresiasi perjuangan orang-orang yang berada jauh dari kampong halaman itu. ”Mereka semua kelihatan sangat bahagia dengan kunjungan rombongan PWM Jawa Timur dan berharap di lain waktu bisa berjumpa lagi, selamat berjuang saudaraku dan bermuhammadiyah, semoga Allah meridlai langkah perjuangan kita,” ujar Pak Dayat.

Di samping mengadakan kegiatan pengajian dan sosial kemasyarakatan PCIM/A dan PRIM/A di Malaysia, juga mengembangkan  beberapa Amal Usaha Muhammadiyah di bidang Pendidikan TK dan TPQ

Dalam kesempatan yang sama UMSIDA juga menyerahkan bantuan dana untuk pengembangan TPQ yang baru berdiri di Kampung Pandan, secara simbolis bantuan diserahkan oleh istri rektor UMSIDA Erlida Rahmiani kepada pengelola TPQ. (dayat)

Related Post