• Alumni
  • Alumni

Jurnal Ilmiah PBI Umsida Terakreditasi Peringkat SINTA 2

ajax loader

Umsida.ac.id – Journal of English Educators Society (JEES) yang disusun tim Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terakreditasi peringkat 2 dalam Science and Technology Index (SINTA) oleh Kementrian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

SINTA merupakan lembaga pengindeks jurnal ilmiah di Indonesia yang terbagi menjadi 6 peringkat level akreditasi. “Dalam penyusunan jurnal PBI tersebut melibatkan P3I Umsida bersama tim prodi PBI dan fakultas FPIP, yaitu Pak Tanzil Multazam M Kn, Bu Yuli Astutik M Pd (Kaprodi), Dr Nur Effendi M Pd (Dekan FKIP) dan saya,” kata Editor in Chief, Fika Megawati M Pd, saat diwawancara Umsida.ac.id, Jumat (29/01).

WhatsApp Image 2021 02 01 at 08.51.30 1 1

JEES yang juga raih posisi teratas Se-Umsida dalam SINTA 2 memiliki cakupan yakni pendidikan, linguistik, dan literatur bahasa inggris. “Tujuan JEES sendiri sebagai wadah para akademisi untuk mempublikasikan artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review, atau brief report terutama di bidang English Language Teaching,” tutur Sekretariat Prodi PBI tersebut.

Ia mengatakan bahwa Keberhasilan JEES yang disusun sejak 2016 hingga proses pengajuan akreditasi 2019, tidak terlepas dari dukungan penuh tim editor managing dan reviewers. Dalam proses mencapai akreditasi tersebut, tim PBI mengupayakan berbagai strategi, diantaranya turut serta dalam workshop jurnal internal maupun eksternal, misalnya yang diselenggarakan oleh Relawan Jurnal Indonesia (RJI). “Lalu selektif dalam mencari artikel yang berkualitas, melakukan promosi Call for Paper baik nasional maupun internasional supaya menarik author dan reviewer dari luar negeri, serta aktif mengikuti komunitas pengelola jurnal dan koordinasi dengan P3I Umsida,” ujarnya.

Terakhir, Fika juga menyampaikan rencana JEES kedepan agar dapat melanjutkan reakreditasi dengan target SINTA 1 pada tahun 2023 dan peningkatan kualitas JEES yang baik dari segi pengelolaan manajemen sistem jurnal maupun kualitas paper yang dipublikasikan agar dapat dipublikasikan secara rutin dan tepat waktu. “Dengan demikian perlu adanya komitmen kuat serta kerjasama dari tim dewan redaksi JEES,” pungkasnya.

ditulis: Shinta Amalia Firdaus

Edit : Anis Yusandhita

Berita Terkini

Tingkatkan Kerjasama MBKM, Umsida Terima Kunjungan Kerja UBB
August 15, 2022
Umsida Launching Program ISS MBKM
August 12, 2022
34 Mahasiswa Umsida Lolos Program MSIB Batch 3 tahun 2022
August 10, 2022
Prodi PGMI Umsida Adakan Lokakarya Penyelarasan Kurikulum MBK
August 9, 2022
Pendaftaran Semnas Mutu Layanan Pendidikan dan Kesehatan di Indonesia
August 8, 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI