• Alumni
  • Alumni

Kaprodi MM Umsida Berikan Informasi Potensi Ekonomi Lokal Siodarjo

Umsida.ac.id – “Wilayah administrasi pemerintahanan Sidoarjo terbagi atas 18 kecamatan, 31 kelurahan, 332 desa yang sungguh sangat luar biasa untuk bisa dikembangkan potensi yang ada di Kabupaten Sidoarjo ini,” ungkap Dr Wahadiyah Fitria SE MSi saat mengisi acara seminar regional yang diselenggarakan oleh Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Program Studi S2 Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Selasa (19/01).

Kaprodi Magister Manajemen Umsida itu menyebutkan bahwa Kabupaten Sidoarjo kaya akan potensi dari berbagai sektor. Ia menyebutkan ada 8 sektor potensi yang dimiliki Kabupaten Sidoarjo, yaitu potensi pertanian, peternakan dan perkebunan, potensi perikanan dan kelautan, potensi industri dan perdagangan, potensi tenaga kerja, potensi pendidikan, potensi pariwisata, Bandara Internasional Juanda, dan Terminal Purabaya.

Ia menambahkan jika potensi di kabupaten Sidoarjo ini digali lebih dalam lagi, maka kita akan menemukan banyak sekali potensi-potensi yang ada berdasarkan ekonomi lokal di Sidoarjo. “Selain industri-industri besar, kita harus juga melihat kembali potensi-potensi lokal yang sebenarnya menjadi daya tarik, selain daya tarik ekonomi, bisa juga menjadi daya tarik wisata mengembangkan Kabupaten Sidoarjo ini bisa lebih dari Kabupaten-kabupaten lain di Jawa Timur,” ujar wanita lulusan S3 Universitas Airlangga Surabaya.

Ia memberi banyak contoh potensi tiap-tiap desa di Kabupaten Sidoarjo. Salah satunya, ia mencontohkan ada Sentra Industri Tas dan Koper di Desa Kludan, Kecamatan Tanggulangin yang sebenarnya sudah ada sejak lama, namun sangat perlu untuk dikembangkan kembali keberadaannya. Setelah itu ada Kampung Batik Jetis di Kecamatan Kota Sidoarjo, Kampung Kerupuk di Desa Kedung Rejo, Kecamatan Jabon, Kampung Kupang, dan lain-lain.

Ia berharap kedepannya Sidoarjo bisa lebih mengembangkan wisata lokal dan potensi perekonomian yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Ditulis : Angelia Firdaus

Edit : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI