Kenneth Lee Tze Wui: Media Sosial dalam Industri Pariwisata

Umsida.ac.id – Dalam Seminar International Fellowship Program yang diselenggarakan Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Kenneth Lee Tze Wui MComm dari Universitas Tunku Abdul Rahman menyampaikan terkait The Role of Social Media in Tourism Marketing di Gedung Mini Teater Kampus 1 Umsida, Sidoarjo, Selasa (5/7).

Acara ini menghadirkan Rektor Umsida Dr Hidayatulloh MSi, Dekan FBHIS Wisnu P Setiyono SE MSi PhD, Wakil Dekan FBHIS Poppy Febriana SSos MMed Kom, Asst Prof Dr Anurat Anantanatern dari Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Politik dan Hukum Universitas Burapha, Kenneth Lee Tze Wui MComm dari Universitas Tunku Abdul Rahman, dan Ahmad Riyadh UB SH MSi PhD dari Umsida.

Pada kesempatan itu, Kenneth Lee Tze Wui memaparkan bahwa media sosial merupakan sarana yang dampaknya sangat besar dalam mendorong  dan menghubungkan masyarakat dengan sektor pariwisata. Tercatat di Indonesia sendiri pengguna media sosial mencapai 68,9%, Thailand 81,2%, dan Malaysia 91,7%. Berdasarkan data dari Statista tahun 2022, total seluruh pengguna media sosial mencapai 4,59 miliar orang di seluruh dunia. “Angka ini diperkirakan akan melonjak pada tahun 2027, lima tahun mendatang dari sekarang,” ujarnya.

Media sosial juga telah mengubah cara tradisional mempromosikan pariwisata menjadi lebih modern yakni secara online. Sehingga hal ini mempermudah dan mempercepat para turis menemukan tempat-tempat baru sesuai yang direkomendasikan oleh para turis lainnya melalui media sosial.  “Fakta bahwa ada banyak orang di seluruh dunia menggunakan media sosial, sehingga orang bisa membagikan banyak informasi dengan begitu cepat,”ujarnya.

Sementara itu dalam dunia industri, organisasi pariwisata sudah mulai memanfaatkan dan meingimplementasikan untuk bisnis marketing dan mengintegrasikannya ke dalam strategi komunikasi.  “Untuk pelaku industri, media sosial telah menjadi salah satu elemen kompetisi yang terkuat,” jelasnya.

Terkhir, Kenneth  juga menyebut konten media sosial dapat menumbuhkan keinginan  untuk berkeliling dan kesadaran akan berbagai keindahan dari tempat-tempat yang menarik. Campaign media sosial juga melibatkan para selebritis dan influencer sebagai strategi marketing. Selain itu, media sosial juga dapat menjadi perantara untuk membantu pelanggan mengatur perjalanan mereka, merencanakan dan memantapkan tanggal perjalanan mereka. “Pemesanan online bisa datang dari berbagai sumber, bisa dari halaman media sosial sampai online travel agents,” imbuhnya. (Shinta Amalia/Etik)

*Humas Umsida

Berita Terkini

dosen Umsida dan atlet sepatu roda 3
Dukung Semangat dan Performa Atlet Sepatu Roda, Dosen Umsida Gelar Skrining dan Sharing Session
January 11, 2025By
kerja sama UBS PPNI Mojokerto dan Umsida 1
Kerja Sama Akademik Umsida dan UBS Mojokerto Tingkatkan Mutu Kebidanan
January 9, 2025By
AUM Harus Berdaya Saing: Rektor Umsida Serukan Transformasi SDM
AUM Harus Berdaya Saing: Rektor Umsida Serukan Transformasi SDM
December 26, 2024By
KKN-P 2025 Umsida
975 Mahasiswa KKN-P Umsida Siapkan Diri untuk Mengabdi
December 24, 2024By
Si Lokananta 2024, peringatan hari ibu
Momen Haru Ratusan Anak Peringati Hari Ibu dalam Event Si Lokananta
December 23, 2024By
Comm Night Run
Perdana Digelar, Comm Night Run Diikuti Lebih dari 300 Peserta dari Berbagai Daerah
December 23, 2024By
rektor Umsida saat penguatan visi misi PPI AMF
Pesan Rektor Umsida untuk PPI AMF dalam Mewujudkan Pesantren Berkemajuan
December 21, 2024By
commsport 2024
Commsport 2024, 30 Tim Futsal Sekolah se-Jatim Meriahkan Event Tahunan Ikom Umsida
December 21, 2024By

Riset & Inovasi

Demi Ketahanan Pangan, Ini Inovasi Bertani Kreatif ala Dosen Umsida
Demi Ketahanan Pangan Berkelanjutan, Ini Inovasi Bertani Kreatif ala Dosen Umsida
January 5, 2025By
Empowering Womenpreneur: Umsida Dorong Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Rusunawa Pucang
Empowering Womenpreneur: Umsida Dorong Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Rusunawa Pucang
January 4, 2025By
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
September 16, 2024By
ekonomi sirkular
Dosen Umsida Beri Pelatihan Penerapan Manajemen Usaha Berbasis Ekonomi Sirkular pada Proses Produksi Pangan Halal
September 14, 2024By
Pembelajaran Melalui E-Modul (4)
Umsida Dorong Inovasi Pembelajaran Melalui E-Modul Literasi Berbasis Etnopedagogi
September 11, 2024By

Prestasi

Prof Sri, guru besar manajemen
Perjuangan Prof Sriyono Menuju Guru Besar di Bidang Manajemen Umsida
January 14, 2025By
Duta FPIP Umsida, Berprestasi dan Menginspirasi
Duta FPIP Umsida, Berprestasi dan Menginspirasi
January 13, 2025By
pojok statistik Umsida
Pojok Statistik Umsida Jadi Layanan Kinerja Tinggi 2024 dengan Skor 2,83 dari 3
January 9, 2025By
Unstoppable! Tapak Suci Umsida Torehkan Sejarah di UPSCC 2024
Unstoppable! Tapak Suci Umsida Torehkan Sejarah di UPSCC 2024
January 3, 2025By
Gelar Doktor dengan Fokus Halal Lifestyle
Lulus Cum Laude, Dosen Umsida Raih Gelar Doktor dengan Fokus Halal Lifestyle
December 30, 2024By