Kenneth Lee Tze Wui: Media Sosial dalam Industri Pariwisata

Umsida.ac.id – Dalam Seminar International Fellowship Program yang diselenggarakan Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Kenneth Lee Tze Wui MComm dari Universitas Tunku Abdul Rahman menyampaikan terkait The Role of Social Media in Tourism Marketing di Gedung Mini Teater Kampus 1 Umsida, Sidoarjo, Selasa (5/7).

Acara ini menghadirkan Rektor Umsida Dr Hidayatulloh MSi, Dekan FBHIS Wisnu P Setiyono SE MSi PhD, Wakil Dekan FBHIS Poppy Febriana SSos MMed Kom, Asst Prof Dr Anurat Anantanatern dari Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Politik dan Hukum Universitas Burapha, Kenneth Lee Tze Wui MComm dari Universitas Tunku Abdul Rahman, dan Ahmad Riyadh UB SH MSi PhD dari Umsida.

Pada kesempatan itu, Kenneth Lee Tze Wui memaparkan bahwa media sosial merupakan sarana yang dampaknya sangat besar dalam mendorong  dan menghubungkan masyarakat dengan sektor pariwisata. Tercatat di Indonesia sendiri pengguna media sosial mencapai 68,9%, Thailand 81,2%, dan Malaysia 91,7%. Berdasarkan data dari Statista tahun 2022, total seluruh pengguna media sosial mencapai 4,59 miliar orang di seluruh dunia. “Angka ini diperkirakan akan melonjak pada tahun 2027, lima tahun mendatang dari sekarang,” ujarnya.

Media sosial juga telah mengubah cara tradisional mempromosikan pariwisata menjadi lebih modern yakni secara online. Sehingga hal ini mempermudah dan mempercepat para turis menemukan tempat-tempat baru sesuai yang direkomendasikan oleh para turis lainnya melalui media sosial.  “Fakta bahwa ada banyak orang di seluruh dunia menggunakan media sosial, sehingga orang bisa membagikan banyak informasi dengan begitu cepat,”ujarnya.

Sementara itu dalam dunia industri, organisasi pariwisata sudah mulai memanfaatkan dan meingimplementasikan untuk bisnis marketing dan mengintegrasikannya ke dalam strategi komunikasi.  “Untuk pelaku industri, media sosial telah menjadi salah satu elemen kompetisi yang terkuat,” jelasnya.

Terkhir, Kenneth  juga menyebut konten media sosial dapat menumbuhkan keinginan  untuk berkeliling dan kesadaran akan berbagai keindahan dari tempat-tempat yang menarik. Campaign media sosial juga melibatkan para selebritis dan influencer sebagai strategi marketing. Selain itu, media sosial juga dapat menjadi perantara untuk membantu pelanggan mengatur perjalanan mereka, merencanakan dan memantapkan tanggal perjalanan mereka. “Pemesanan online bisa datang dari berbagai sumber, bisa dari halaman media sosial sampai online travel agents,” imbuhnya. (Shinta Amalia/Etik)

*Humas Umsida

Berita Terkini

FPIP dan FBHIS Umsida siapkan mahasiswa ke dunia kerja 1
Bekali Mahasiswa Sebelum ke Dunia Kerja, FPIP dan FBHIS Umsida Gandeng WIJABA
July 7, 2025By
medical check up FK Umsida
Gelar Medical Check Up di CFD, Kontribusi FK Umsida Bantu Masyarakat Deteksi Dini Penyakit
July 5, 2025By
ide bisnis himaksida 2
Ide Bisnis Kreatif Para Pelajar Tampil Menginspirasi di Kompetisi Himaksida 2025
July 4, 2025By
Prof Hana dan Para Lulusan FPIP
Para Lulusan FPIP Dapat Wejangan dari Warek 1 Umsida, Siap Menyongsong Masa Depan
July 3, 2025By
yudisium FPIP Umsida
Yudisium FPIP Umsida Periode I 2025, Lulusan Siap Terjun ke Dunia Profesional
July 2, 2025By
lomba matematika Himaksida
Lomba Matematika dan Akuntansi Satukan Logika dan Analisis di Ajang AMC 2025
July 1, 2025By
pembekalan mahasiswa Umsida
Calon Mahasiswa Umsida Lulusan 2025 Dibekali Seminar dan Pendampingan Eksklusif
July 1, 2025By
MoU Umsida dan Pengadilan Agama Sidoarjo 4
MoU Pengadilan Agama Sidoarjo dan Umsida, Sinergi Kembangkan Pendidikan Hukum
June 27, 2025By

Riset & Inovasi

pentingnya keamanan pangan 1
Ajak Melek Literasi Keamanan Pangan, Warek 1 Umsida Andil di Pendampingan PSAT
June 30, 2025By
pemeriksaan gigi 1
Gelar Pemeriksaan Gigi Bumil, FKG Umsida Edukasi 22 Ibu untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut
June 24, 2025By
tanaman pionir Lumpur Sidoarjo 3
Peneliti Umsida Manfaatkan Tanaman Pionir Sebagai Agen Fitoekstraksi di Lumpur Sidoarjo
June 12, 2025By
FKG Umsida aktif di abdimas 1
Peran Aktif FKG Umsida Kepada Para Lansia, Edukasi Kesehatan Gigi di Usia Senja
June 12, 2025By
potensi Lumpur Sidoarjo 2
Temukan Potensi di Lumpur Sidoarjo, Peneliti Umsida Kolaborasi dengan PPLS
June 11, 2025By

Prestasi

Ikom Umsida juara Silat Apik
Tak Hanya Delegasi Mahasiswa, Ikom Umsida Juga Raih 2 Juara Ini di SILAT APIK PTMA 2025
July 4, 2025By
ikom Umsida potret masyarakat Cirebon
Potret Masyarakat Cirebon dalam Audio Visual, 4 Mahasiswa Ikom Borong Prestasi Silat Apik 2025
July 3, 2025By
ikom Umsida silat apik 3
Ikom Umsida Borong 11 Prestasi di Silat Apik UM Cirebon 2025
July 2, 2025By
Umsida Kampus Islami Terbaik III_11zon
Umsida Jadi Kampus Islami Terbaik III pada Muhammadiyah Higher Education Awards 2025
June 30, 2025By
mahasiswa Administrasi Publik Umsida
Mahasiswa Administrasi Publik Juara 1 Kumite +84 Kg Senior Putra Piala Guberur Jatim Cup
June 28, 2025By