• Alumni
  • Alumni

KKN-P 62 Umsida Ubah Susu Sapi Jadi Dessert Sehat

Umsida.ac.id – KKN-P Umsida Kelompok 62 Desa Sidokepung membuat es krim rasa buah dari olahan susu sapi, Selasa (9/3). Hal ini dilakukan karena melihat banyak nya keberadaan peternakan sapi di Desa Sidokepung. Terdapat puluhan ekor sapi yang hasil susunya dijual hingga puluhan liter perharinya.

KKN-P Umsida kelompok 62 melihat potensi yang dimiliki oleh desa, mereka mengajak warga desa untuk meningkatkan perekonomian desa di masa pandemi Covid-19 ini. Salah satunya dengan cara mengolah hasil susu sapi menjadi es krim rasa buah.

Es krim sendiri merupakan jenis makanan beku yang disajikan sebagai hidangan penutup atau dessert sehingga banyak digemari. Es krim juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita. Sebagai sumber vitamin bagi tubuh berkat susu yang mengandung vitamin dan nutrisi seperti potasium, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Melihat kandungan nya yang sangat banyak, KKN-P kelompok 62 berinovasi membuat es krim dengan perasa buah alami. Tidak hanya menyegarkan tetapi juga menyehatkan karena mendapat kandungan nutrisi dari buah tersebut. Dengan adanya inovasi produk yang telah diolah kelompok 62, mereka berharap agar kegiatan UMKM di Desa Sidokepung dapat melahirkan lebih banyak lagi inovasi-inovasi baru.

Inovasi olahan susu sapi segar menjadi es krim dengan perasa buah alami tersebut di harapkan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi pemenuhan kebutuhan nutrisi yang cukup untuk para warga sekitar. Terbukti bahwa terdapat kandungan bahan- bahan alami yang ada di dalam es krim tersebut seperti perasa yang terbuat dari buah-buahan. Tak hanya itu inovasi olahan susu sapi segar menjadi es krim dengan perasa buah alami ini juga dapat menciptakan usaha mikro kecil menengah yang baru di Desa Sidokepung, sehingga di harapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi para warga sekitar.

Penulis : Zulfi Abdan HH

Editor : Ping Darojat Gumilang

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI