branding desa Sumberjati

Makin Dikenal! KKNP 61 Umsida Latih Branding Desa Sumberjati Dengan Cara Ini

Umsida.ac.id – Mahasiswa KKNP 61 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan workshop bertajuk Branding Desa Sumberjati melalui Media Sosial pada Jumat, (07/02/2025). 

Lihat juga: KKNP 53 Umsida Desa Dilem dan BBK Unair Kontribusi di Kegiatan Rutin PKK

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu perangkat desa dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi yang lebih efektif.  

Sejak pukul 12.30 WIB, peserta sudah mulai berdatangan ke lokasi workshop yang bertempat di balai desa Sumberjati. 

Salah satu perangkat desa, Rahmad, menyatakan bahwa selama ini masih bingung dalam menggunakan media sosial. 

“Saya tidak tahu cara menggunakan media sosial untuk promosi. Tapi setelah mendapatkan materi tadi, saya akan jadi lebih paham dan ingin mencoba menerapkan ilmu yang didapat,” katanya.  

4 Sesi Workshop Branding desa Sumberjati

branding desa Sumberjati

Dalam workshop ini, mahasiswa KKN membagi materi ke dalam beberapa sesi. Di sesi pertama, mereka Pengenalan Branding dan Pentingnya Media Sosial. Di sini mahasiswa KKNP Umsida menjelaskan konsep dasar branding serta peran media sosial dalam memperkuat citra bisnis. 

Peserta memahami bagaimana brand yang kuat dapat meningkatkan daya tarik dan kepercayaan pelanggan. 

Sesi kedua yakni membangun Identitas Digital. SSesi ini membahas cara menciptakan identitas digital yang konsisten, mulai dari pemilihan nama, logo, warna, hingga gaya komunikasi di media sosial agar mudah dikenali dan relevan dengan target audiens. 

Lalu di sesi ketiga, peserta diberikan pemahaman tentang strategi dalam mengelola media sosial, termasuk pemilihan platform yang tepat, pembuatan konten menarik, serta cara meningkatkan interaksi dan jangkauan secara organik maupun berbayar. 

Sesi yang terakhir adalah praktik. Peserta diajak untuk menerapkan materi yang telah dipelajari dengan membuat dan mengelola akun media sosial mereka sendiri. 

Workshop ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Desa Sumberjati. Para peserta, yang terdiri dari perangkat desa dan pelaku UMKM, mulai dari pemilik usaha keripik singkong, keripik pisang, jamu, tape, hingga online shop tampak antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh mahasiswa. 

Lihat Juga :  UMKM Kerupuk Puli Udang di Desa Padi Kantongi Sertifikat Halal Bersama KKNP 55 Umsida

Mereka menyadari pentingnya media sosial dalam meningkatkan visibilitas produk dan layanan mereka. 

Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, pemasaran melalui media sosial menjadi kebutuhan yang tidak bisa diabaikan.  

Beberapa Tantangan yang Dihadapi

branding desa Sumberjati

Meskipun kegiatan ini berjalan dengan baik, terdapat beberapa kendala yang dihadapi selama pelaksanaan workshop

Salah satunya adalah keterbatasan waktu. Banyak warga yang ingin mengikuti workshop namun tidak dapat hadir karena waktu yang kurang pas, mengingat banyak dari mereka masih harus bekerja atau mengurus usaha mereka.  

Selain itu, kendala lain yang cukup signifikan adalah masalah jaringan internet. Beberapa peserta mengaku kesulitan mengakses media sosial karena daerah mereka memiliki sinyal yang kurang stabil. 

“Di desa ini, jaringan internet sering bermasalah. Tadi saat mencoba mengunggah foto, saya mengalami kendala karena sinyalnya lemah,” ujar Rina, salah satu pelaku UMKM setempat.  

Menanggapi kendala tersebut, mahasiswa KKN membuka sesi konsultasi bagi peserta yang ingin mendapatkan pendampingan lebih lanjut dalam mengembangkan strategi branding usaha mereka.    

Salah satu mahasiswa KKNP 61 Umsida, Firza Farizan Aulia menyampaikan,“Kami ingin masyarakat di sini lebih melek teknologi, terutama dalam hal pemasaran produk. Semoga setelah workshop ini, mereka bisa lebih percaya diri dalam menggunakan media sosial untuk mengembangkan usaha mereka.”

Ia berharap workshop ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat desa Sumberjati. Dengan semakin berkembangnya era digital, pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran menjadi hal yang penting bagi UMKM agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas.

Sementara itu, kepala desa Sumberjati, Siti Silvia, juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKNP 61 Umsida. Ia berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan semakin banyak pelaku UMKM yang mendapatkan manfaatnya.

Lihat juga: Warnai Posyandu Desa Sumberjati, Mahasiswa KKNP 61 Kolaborasi dengan Kader dan Tenaga Medis

“Kami berterima kasih kepada mahasiswa Umsida yang telah berbagi ilmu dengan masyarakat kami. Semoga kerja sama ini dapat terus terjalin di masa depan,” tuturnya.  

Penulis: Selly Agustin

Penyunting: Romadhona S.

Berita Terkini

SDGs Center Umsida
SDGs Center Umsida Dorong Hilirisasi Riset untuk Pembangunan Berkelanjutan Jawa Timur
November 20, 2025By
Apresiasi sekolah partnership Umsida
Umsida Beri Apresiasi untuk Sekolah Partnership yang Berkontribusi dalam Penerimaan Mahasiswa Baru
November 20, 2025By
kick off penerimaan mahasiswa baru Umsida 4_11zon
Umsida Resmi Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2026/2027
November 19, 2025By
magister ilmu komunikasi Umsida 1
Launching Magister Ilmu Komunikasi Umsida, Pendaftaran Sudah Dibuka!
October 28, 2025By
muhammadiyah
Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 2026 pada 18 Februari
October 23, 2025By
S2 Ilmu Komunikasi Umsida
S2 Ilmu Komunikasi Umsida Sudah Buka, Siap Cetak Pakar New Media
October 13, 2025By
prodi sains data
Umsida Resmi Buka S1 Sains Data, Siap Buka Peluang Data Analyst
October 11, 2025By
pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By

Riset & Inovasi

abdimas Umsidaa desa Gendro 5
Petani dan Peternak Desa Gendro Lebih Maju dengan Pendampingan Umsida
November 14, 2025By
posyandu remaja
Umsida dan Umla Gelar Posyandu Remaja, Pasar Gizi, dan Pencatatan Digital Kohort di Balungtawun Lamongan
November 11, 2025By
Science Techno Park Desa Gendro 2
Desa Gendro Jadi Prototipe Science Techno Park Pertanian Inovatif oleh Dosen Umsida
November 10, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
Program Action FPIP Umsida
Action, Abdimas Gagasan Mahasiswa FPIP Umsida yang Pedulikan Pendidikan Anak Desa
November 1, 2025By

Prestasi

capaian Simkatmawa Umsida
Umsida Raih Predikat Unggul di SIMKATMAWA 2025, DKA: Capaian Ini Milik Mahasiswa
November 25, 2025By
perjalanan juara 1 pilmapres jadi lulusan berprestasi
Perjalanan dari Juara 1 Pilmapres PTMA Hingga Jadi Wisudawan Berprestasi
November 25, 2025By
mahasiswa MIK angkat isu kesehatan mental
Angkat Isu Kesehatan Mental, Mahasiswa MIK Umsida Juara 3 Tingkat Nasional
November 25, 2025By
mahasiswa IMEI jadi lulusan berprestasi
Dari Mahasiswa Kupu-Kupu, Hingga Jadi Wisudawan Berprestasi Bersama IMEI Team
November 24, 2025By
mahasiswa MIK Umsida juara 1 cerdas cermat 1
Mahasiswa MIK Umsida Juara 1 Cerdas Cermat Competition Tingkat Nasional
November 23, 2025By