Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Umsida.ac.id– Dalam upaya mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menghadirkan karya monumental melalui buku ajar berjudul Manajemen Pelayanan Publik. Buku yang ditulis oleh dosen Prodi Administrasi Publik, Lailul Mursyidah MAP dan Ilmi Usrotin Choiriyah MAP tidak hanya menjadi referensi akademik, tetapi juga panduan praktis bagi masyarakat yang ingin memahami dan mengembangkan layanan publik berkualitas.

“Manajemen Pelayanan Publik adalah salah satu mata kuliah inti di program studi Administrasi Publik. Buku ini menjadi referensi penting bagi mahasiswa untuk memahami dasar-dasar dalam manajemen pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Lailul Mursyidah dalam Podcast Buku Ajar Dosen (Budosen) yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Umsida.

Menurut Lailul, paradigma administrasi publik mengalami perkembangan signifikan sejak tahun 2000-an. Topik manajemen pelayanan masyarakat menjadi salah satu kajian utama dalam program studi Administrasi Publik. Oleh karena itu, buku ini diharapkan mampu membantu mahasiswa dan masyarakat memahami perbedaan mendasar antara administrasi publik dan manajemen, serta konsep pelayanan publik yang lebih luas.

Baca juga: Rekam Jejak Dr Tarman Hingga Resmi Jadi Guru Besar Umsida

“Buku ini memuat dasar-dasar pengelolaan pelayanan publik, mulai dari definisi hingga kepemimpinan dalam layanan publik. Hal ini sangat penting bagi teman-teman yang belum banyak memahami Administrasi Publik sebagai kompetensi inti,” jelasnya.

Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Salah satu bahasan utama dalam buku ini adalah kualitas pelayanan bagi publik. Lailul menekankan bahwa selama ini banyak pihak lebih mengenal pelayanan di sektor bisnis dibandingkan pelayanan publik. Padahal, pelayanan kepada publik memiliki karakteristik dan indikator kualitas yang berbeda.

“Kami mengulas pengukuran kualitas pelayanan publik berdasarkan acuan dari Peraturan Menteri PANRB terkait survei kepuasan masyarakat. Ini sangat relevan bagi instansi pemerintahan sebagai penyelenggara pelayanan masyarakat,” tambahnya.

Rencana Penulisan Buku Inovasi Pelayanan Publik

Tidak berhenti pada buku ini, Lailul juga berencana menulis buku lanjutan yang membahas inovasi dalam pelayanan publik. Ia mengungkapkan bahwa inovasi, terutama yang berbasis digital, menjadi tren dalam peningkatan kualitas pelayanan.

Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

“Pelayanan berbasis digital kini menjadi prioritas, mulai dari desa hingga pemerintah daerah. Contohnya di Sidoarjo, kita memiliki aplikasi seperti Si Praja. Namun, inovasi pelayanan tidak hanya tentang digitalisasi, melainkan juga melibatkan masyarakat dalam proses pelayanan itu sendiri,” jelas Lailul.

Baca juga: Dalam Kurun Waktu 2,5 Tahun, Wakil Rektor 1 Umsida Berhasil Menjadi Guru besar

Manfaat Buku bagi Mahasiswa dan Masyarakat

Buku ini tidak hanya menjadi referensi akademik, tetapi juga panduan praktis bagi masyarakat yang ingin memahami dan terlibat dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Dengan memahami konsep-konsep yang dijelaskan dalam buku ini, pembaca dapat berkontribusi dalam menciptakan pelayanan yang lebih efektif dan efisien.

Peluncuran buku ini sekaligus menunjukkan komitmen Umsida dalam mendukung literasi akademik dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut, buku ini dapat diakses melalui press.umsida.ac.id atau simak perbincangan mereka dalam chanel youtube Umsida Library.

Dengan hadirnya buku ini, diharapkan mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum dapat lebih memahami pentingnya manajemen dan inovasi dalam pelayanan publik, sehingga mampu menciptakan perubahan positif di berbagai sektor.

Penulis: Rani Syahda

Berita Terkini

workshop open data Jawa Timur
Open Data Jadi Kunci Analisis Berbasis Bukti dalam Workshop Statistik Sektoral Seri 11
August 25, 2025By
Umsida dan Pemkab Sidoarjo
Pertemuan Umsida dan Pemkab Sidoarjo, Bahas Kolaborasi Strategis dalam Pengembangan Potensi Daerah
August 20, 2025By
Fikes Expertise
FIKES Xpertise, Program Fikes Umsida Edukasi Kesehatan Remaja
August 19, 2025By
BPH Umsida dan BPH Umri
BPH Umsida Sambut Kunjungan BPH Umri, Bahas 3 Topik Ini
August 19, 2025By
Edukasi Kesehatan Reproduksi Fikes Umsida
Fikes Umsida Galakkan Edukasi Kesehatan Reproduksi di SMA An Nur Malang
August 18, 2025By
petugas upacara Umsida di HUT RI ke-80 2
Jadi Petugas Upacara HUT RI ke-80, Mahasiswa Umsida Tunjukkan Semangat Nasionalisme
August 18, 2025By
kesejahteraan Indonesia 1
80 Tahun Indonesia Merdeka dan Kesejahteraan Masih Menjadi Persoalan, Ini Langkah Solutifnya
August 17, 2025By
upacara HUT RI ke 80 Umsida
Upacara HUT RI ke-80, Momen Penguatan Semangat Persatuan dan Kedaulatan
August 17, 2025By

Riset & Inovasi

inovasi bell kuis
Bell Kuis, Inovasi Tim PKM Umsida Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah 5 Porong
August 14, 2025By
pendampingan UMKM Opak Samiler-min
Tingkatkan Optimasi Produksi Opak Samiler, Tim Abdimas Umsida beri Bantuan Mesin
August 13, 2025By
SFMS dosen Umsida
Dosen Umsida Kenalkan SFMS di ITBAD Lamongan, Permudah Manajemen File
August 8, 2025By
alat pasteurisasi susu
Alat Pasteurisasi Susu, Inovasi Dosen dan Mahasiswa Umsida Bantu Mudahkan Peternak
July 31, 2025By
riset dan inovasi DRPM Umsida
Umsida Kembangkan Riset dan Inovasi Melalui Seminar, Pameran, dan Diseminasi dengan 3 Kampus
July 16, 2025By

Prestasi

mahasiswa Umsida juara 2 pencak silat nasional
Raih Juara 2 Nasional, Mahasiswa Ini Tak Hanya Tanding Silat, Tapi Juga Kepemimpinan
August 15, 2025By
Umsida Perguruan Tinggi Swasta Terbaik
Mengenal Umsida, Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Sidoarjo dan Jawa Timur
August 12, 2025By
mahasiswa FPIP Umsida sabet emas pencak silat 6
2 Mahasiswa FPIP Umsida Sabet Emas di Kompetisi Bela Diri Nasional
August 9, 2025By
prestasi atlet psikologi Umsida
Capaian Prestasi Bertambah, Mahasiswa Psikologi Umsida Juara 1 IPSI Malang Championship
August 1, 2025By
FAI Umsida borong juara Malang Championship
3 Mahasiswa FAI Umsida Sabet Juara di Ajang Malang Championship 5
July 30, 2025By