Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Umsida.ac.id– Dalam upaya mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menghadirkan karya monumental melalui buku ajar berjudul Manajemen Pelayanan Publik. Buku yang ditulis oleh dosen Prodi Administrasi Publik, Lailul Mursyidah MAP dan Ilmi Usrotin Choiriyah MAP tidak hanya menjadi referensi akademik, tetapi juga panduan praktis bagi masyarakat yang ingin memahami dan mengembangkan layanan publik berkualitas.

“Manajemen Pelayanan Publik adalah salah satu mata kuliah inti di program studi Administrasi Publik. Buku ini menjadi referensi penting bagi mahasiswa untuk memahami dasar-dasar dalam manajemen pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Lailul Mursyidah dalam Podcast Buku Ajar Dosen (Budosen) yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Umsida.

Menurut Lailul, paradigma administrasi publik mengalami perkembangan signifikan sejak tahun 2000-an. Topik manajemen pelayanan masyarakat menjadi salah satu kajian utama dalam program studi Administrasi Publik. Oleh karena itu, buku ini diharapkan mampu membantu mahasiswa dan masyarakat memahami perbedaan mendasar antara administrasi publik dan manajemen, serta konsep pelayanan publik yang lebih luas.

Baca juga: Rekam Jejak Dr Tarman Hingga Resmi Jadi Guru Besar Umsida

“Buku ini memuat dasar-dasar pengelolaan pelayanan publik, mulai dari definisi hingga kepemimpinan dalam layanan publik. Hal ini sangat penting bagi teman-teman yang belum banyak memahami Administrasi Publik sebagai kompetensi inti,” jelasnya.

Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Salah satu bahasan utama dalam buku ini adalah kualitas pelayanan bagi publik. Lailul menekankan bahwa selama ini banyak pihak lebih mengenal pelayanan di sektor bisnis dibandingkan pelayanan publik. Padahal, pelayanan kepada publik memiliki karakteristik dan indikator kualitas yang berbeda.

“Kami mengulas pengukuran kualitas pelayanan publik berdasarkan acuan dari Peraturan Menteri PANRB terkait survei kepuasan masyarakat. Ini sangat relevan bagi instansi pemerintahan sebagai penyelenggara pelayanan masyarakat,” tambahnya.

Rencana Penulisan Buku Inovasi Pelayanan Publik

Tidak berhenti pada buku ini, Lailul juga berencana menulis buku lanjutan yang membahas inovasi dalam pelayanan publik. Ia mengungkapkan bahwa inovasi, terutama yang berbasis digital, menjadi tren dalam peningkatan kualitas pelayanan.

Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

“Pelayanan berbasis digital kini menjadi prioritas, mulai dari desa hingga pemerintah daerah. Contohnya di Sidoarjo, kita memiliki aplikasi seperti Si Praja. Namun, inovasi pelayanan tidak hanya tentang digitalisasi, melainkan juga melibatkan masyarakat dalam proses pelayanan itu sendiri,” jelas Lailul.

Baca juga: Dalam Kurun Waktu 2,5 Tahun, Wakil Rektor 1 Umsida Berhasil Menjadi Guru besar

Manfaat Buku bagi Mahasiswa dan Masyarakat

Buku ini tidak hanya menjadi referensi akademik, tetapi juga panduan praktis bagi masyarakat yang ingin memahami dan terlibat dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Dengan memahami konsep-konsep yang dijelaskan dalam buku ini, pembaca dapat berkontribusi dalam menciptakan pelayanan yang lebih efektif dan efisien.

Peluncuran buku ini sekaligus menunjukkan komitmen Umsida dalam mendukung literasi akademik dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut, buku ini dapat diakses melalui press.umsida.ac.id atau simak perbincangan mereka dalam chanel youtube Umsida Library.

Dengan hadirnya buku ini, diharapkan mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum dapat lebih memahami pentingnya manajemen dan inovasi dalam pelayanan publik, sehingga mampu menciptakan perubahan positif di berbagai sektor.

Penulis: Rani Syahda

Berita Terkini

Kebijakan Prof Mu'ti untuk guru
Hadir di Umsida, Prof Mu’ti Jelaskan 5 Kebijakannya untuk Meningkatkan Kualitas Guru
May 10, 2025By
program studi baru Umsida3
Mendikdasmen Luncurkan 2 Program Studi Baru Umsida, Siap Bantu Pemerintah dalam Mencerdaskan Bangsa
May 10, 2025By
KWU Fest 2025_
KWU Fest 2025, Bentuk Generasi Wirausaha Tangguh di Era Industri 4.0
May 4, 2025By
halbil PWM Jawa Timur 2
Jadi Tuan Rumah Halalbihalal PWM Jawa Timur, Umsida Luncurkan UCS
April 26, 2025By
Dr Alfan lulusa S3 cum laude
Dr Alfan Selesaikan Studi S3 dengan Predikat Cum Laude di Tengah Tugas Struktural
April 24, 2025By
Fakultas Kedokteran UMMAT dan Umsida
Fakultas Kedokteran Lahir Beriringan, UMMAT Berkunjung ke Umsida
April 23, 2025By
strategi branding lembaga oleh Umsida
Kasi Branding Umsida Beri Tips Branding Lembaga Pendidikan di Era Digital
April 23, 2025By
halalbihalal IMM Sidoarjo 4
Halalbihalal IMM Sidoarjo, Rektor Umsida Beri 5 Makna Fastabiqul Khoirot
April 22, 2025By

Riset & Inovasi

Lupa Kata Saat Pidato Bahasa Inggris? Dosen Umsida Kini Punya Strategi Circumlocution
Lupa Kata Saat Pidato Bahasa Inggris? Dosen Umsida Kini Punya Strategi Circumlocution
May 9, 2025By
SAMR Jadi Andalan Umsida Cetak Guru Milenial yang Siap Hadapi Dunia Pendidikan Digital
SAMR Jadi Andalan Umsida Cetak Guru Milenial yang Siap Hadapi Dunia Pendidikan Digital
May 2, 2025By
Kanker Serviks Bisa Dicegah Lebih Dini, Jangan Abaikan!
Kanker Serviks Bisa Dicegah Lebih Dini, Jangan Abaikan!
April 19, 2025By
Trichoderma, Penyelamat Tembakau dari Serangan Layu Bakteri
Trichoderma, Penyelamat Tembakau dari Serangan Layu Bakteri
April 16, 2025By
Tennis Elbow Bukan Lagi Momok, Fikes Umsida Punya Solusinya!
Tennis Elbow Bukan Lagi Momok, Fikes Umsida Punya Solusinya!
April 14, 2025By

Prestasi

juara 3 Pilmapres 2025 2
Jadi Juara 3 Pilmapres PTMA, Mahasiswa Umsida Siap Lanjut ke Tingkat LLDIKTI
March 27, 2025By
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
March 25, 2025By
Umsida Bersinar! Cinthya Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
Umsida Bersinar! Cinthya Putri Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
March 20, 2025By
ASEAN Competition di Sabet Mahasiswa Umsida
Prestasi Gemilang! Aprilia Ayu Harumkan Umsida ke Panggung Internasional AEF 2025
March 10, 2025By
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
March 6, 2025By