Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Umsida.ac.id– Dalam upaya mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menghadirkan karya monumental melalui buku ajar berjudul Manajemen Pelayanan Publik. Buku yang ditulis oleh dosen Prodi Administrasi Publik, Lailul Mursyidah MAP dan Ilmi Usrotin Choiriyah MAP tidak hanya menjadi referensi akademik, tetapi juga panduan praktis bagi masyarakat yang ingin memahami dan mengembangkan layanan publik berkualitas.

“Manajemen Pelayanan Publik adalah salah satu mata kuliah inti di program studi Administrasi Publik. Buku ini menjadi referensi penting bagi mahasiswa untuk memahami dasar-dasar dalam manajemen pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Lailul Mursyidah dalam Podcast Buku Ajar Dosen (Budosen) yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Umsida.

Menurut Lailul, paradigma administrasi publik mengalami perkembangan signifikan sejak tahun 2000-an. Topik manajemen pelayanan masyarakat menjadi salah satu kajian utama dalam program studi Administrasi Publik. Oleh karena itu, buku ini diharapkan mampu membantu mahasiswa dan masyarakat memahami perbedaan mendasar antara administrasi publik dan manajemen, serta konsep pelayanan publik yang lebih luas.

Baca juga: Rekam Jejak Dr Tarman Hingga Resmi Jadi Guru Besar Umsida

“Buku ini memuat dasar-dasar pengelolaan pelayanan publik, mulai dari definisi hingga kepemimpinan dalam layanan publik. Hal ini sangat penting bagi teman-teman yang belum banyak memahami Administrasi Publik sebagai kompetensi inti,” jelasnya.

Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Salah satu bahasan utama dalam buku ini adalah kualitas pelayanan bagi publik. Lailul menekankan bahwa selama ini banyak pihak lebih mengenal pelayanan di sektor bisnis dibandingkan pelayanan publik. Padahal, pelayanan kepada publik memiliki karakteristik dan indikator kualitas yang berbeda.

“Kami mengulas pengukuran kualitas pelayanan publik berdasarkan acuan dari Peraturan Menteri PANRB terkait survei kepuasan masyarakat. Ini sangat relevan bagi instansi pemerintahan sebagai penyelenggara pelayanan masyarakat,” tambahnya.

Rencana Penulisan Buku Inovasi Pelayanan Publik

Tidak berhenti pada buku ini, Lailul juga berencana menulis buku lanjutan yang membahas inovasi dalam pelayanan publik. Ia mengungkapkan bahwa inovasi, terutama yang berbasis digital, menjadi tren dalam peningkatan kualitas pelayanan.

Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

“Pelayanan berbasis digital kini menjadi prioritas, mulai dari desa hingga pemerintah daerah. Contohnya di Sidoarjo, kita memiliki aplikasi seperti Si Praja. Namun, inovasi pelayanan tidak hanya tentang digitalisasi, melainkan juga melibatkan masyarakat dalam proses pelayanan itu sendiri,” jelas Lailul.

Baca juga: Dalam Kurun Waktu 2,5 Tahun, Wakil Rektor 1 Umsida Berhasil Menjadi Guru besar

Manfaat Buku bagi Mahasiswa dan Masyarakat

Buku ini tidak hanya menjadi referensi akademik, tetapi juga panduan praktis bagi masyarakat yang ingin memahami dan terlibat dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Dengan memahami konsep-konsep yang dijelaskan dalam buku ini, pembaca dapat berkontribusi dalam menciptakan pelayanan yang lebih efektif dan efisien.

Peluncuran buku ini sekaligus menunjukkan komitmen Umsida dalam mendukung literasi akademik dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut, buku ini dapat diakses melalui press.umsida.ac.id atau simak perbincangan mereka dalam chanel youtube Umsida Library.

Dengan hadirnya buku ini, diharapkan mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum dapat lebih memahami pentingnya manajemen dan inovasi dalam pelayanan publik, sehingga mampu menciptakan perubahan positif di berbagai sektor.

Penulis: Rani Syahda

Berita Terkini

LKMM TL BEM Umsida 2025 3
LKMM TL BEM Umsida 2025, Bekal Mahasiswa Sebagai Pemimpin dan Mengabdi kepada Masyarakat
June 4, 2025By
Company Visit UKM KWU Umsida
Gelar Company Visit ke Industri Madu, UKM KWU Umsida Gali Banyak Ilmu Wirausaha
June 3, 2025By
sertifikat halal Perumda Delta Tirta
Perumda Delta Tirta Sidoarjo Kini Miliki Sertifikat Halal, Didampingi Oleh Halal Center Umsida
May 24, 2025By
kedokteran gigi andil di Kongres PDGI ke 28
Dosen dan Mahasiswa Kedokteran Gigi Umsida Meriahkan Kongres PDGI ke-28
May 23, 2025By
podcast kebijakan publik Umsida dan LHKP PWM Jatim
Podcast Literasi Kebijakan Publik, Sarana Strategis Umsida dan LHKP PWM Jatim Edukasi Masyarakat
May 22, 2025By
HIMPAUDI Jatim dan Umsida _11zon
HIMPAUDI Jatim Jalin Kerja Sama dengan Umsida, Tingkatkan Kualifikasi Guru PAUD
May 22, 2025By
penyerahan SK jabatan struktural fakultas dan prodi
Serahkan SK Jabatan Tingkat Fakultas dan Prodi Periode 2025-2027, Ini Pesan Rektor Umsida
May 21, 2025By
kerja sama Umsida dan DPD GRANAT Jatim2
Kerja Sama dengan DPD GRANAT Jatim, Cara Umsida Selamatkan Generasi Muda dari Narkoba
May 16, 2025By

Riset & Inovasi

Good Posture Jadi Fokus Fikes Umsida dalam Edukasi Pelajar SMA
Good Posture Jadi Fokus Fikes Umsida dalam Edukasi Pelajar SMA
June 3, 2025By
UMKM ikan Rangkah Kidul3
Dosen Umsida Dampingi UMKM Ikan Desa Rangkah Kidul yang Masih Terdampak Covid 19
June 1, 2025By
pendampingan bumdes Desa Jatiarjo3
Tingkatkan Ekonomi Desa Jatiarjo, Tim Abdimas Umsida Implementasikan SDGs 8
May 31, 2025By
inovasi biochar manfaatkan lumpur lapindo
Wujudkan SDGs 15 dan Manfaatkan Lumpur Lapindo, Dosen Umsida Buat Biochar Tongkol Jagung
May 30, 2025By
abdimas pengolahan sampah_11zon
Ajarkan Pengolahan Sampah Kepada Masyarakat, Dosen Umsida Wujudkan SDGs-13
May 28, 2025By

Prestasi

juara 3 Pilmapres 2025 2
Jadi Juara 3 Pilmapres PTMA, Mahasiswa Umsida Siap Lanjut ke Tingkat LLDIKTI
March 27, 2025By
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
March 25, 2025By
Umsida Bersinar! Cinthya Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
Umsida Bersinar! Cinthya Putri Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
March 20, 2025By
ASEAN Competition di Sabet Mahasiswa Umsida
Prestasi Gemilang! Aprilia Ayu Harumkan Umsida ke Panggung Internasional AEF 2025
March 10, 2025By
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
March 6, 2025By