Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Umsida.ac.id– Dalam upaya mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menghadirkan karya monumental melalui buku ajar berjudul Manajemen Pelayanan Publik. Buku yang ditulis oleh dosen Prodi Administrasi Publik, Lailul Mursyidah MAP dan Ilmi Usrotin Choiriyah MAP tidak hanya menjadi referensi akademik, tetapi juga panduan praktis bagi masyarakat yang ingin memahami dan mengembangkan layanan publik berkualitas.

“Manajemen Pelayanan Publik adalah salah satu mata kuliah inti di program studi Administrasi Publik. Buku ini menjadi referensi penting bagi mahasiswa untuk memahami dasar-dasar dalam manajemen pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Lailul Mursyidah dalam Podcast Buku Ajar Dosen (Budosen) yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Umsida.

Menurut Lailul, paradigma administrasi publik mengalami perkembangan signifikan sejak tahun 2000-an. Topik manajemen pelayanan masyarakat menjadi salah satu kajian utama dalam program studi Administrasi Publik. Oleh karena itu, buku ini diharapkan mampu membantu mahasiswa dan masyarakat memahami perbedaan mendasar antara administrasi publik dan manajemen, serta konsep pelayanan publik yang lebih luas.

Baca juga: Rekam Jejak Dr Tarman Hingga Resmi Jadi Guru Besar Umsida

“Buku ini memuat dasar-dasar pengelolaan pelayanan publik, mulai dari definisi hingga kepemimpinan dalam layanan publik. Hal ini sangat penting bagi teman-teman yang belum banyak memahami Administrasi Publik sebagai kompetensi inti,” jelasnya.

Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Salah satu bahasan utama dalam buku ini adalah kualitas pelayanan bagi publik. Lailul menekankan bahwa selama ini banyak pihak lebih mengenal pelayanan di sektor bisnis dibandingkan pelayanan publik. Padahal, pelayanan kepada publik memiliki karakteristik dan indikator kualitas yang berbeda.

“Kami mengulas pengukuran kualitas pelayanan publik berdasarkan acuan dari Peraturan Menteri PANRB terkait survei kepuasan masyarakat. Ini sangat relevan bagi instansi pemerintahan sebagai penyelenggara pelayanan masyarakat,” tambahnya.

Rencana Penulisan Buku Inovasi Pelayanan Publik

Tidak berhenti pada buku ini, Lailul juga berencana menulis buku lanjutan yang membahas inovasi dalam pelayanan publik. Ia mengungkapkan bahwa inovasi, terutama yang berbasis digital, menjadi tren dalam peningkatan kualitas pelayanan.

Ini Solusi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

“Pelayanan berbasis digital kini menjadi prioritas, mulai dari desa hingga pemerintah daerah. Contohnya di Sidoarjo, kita memiliki aplikasi seperti Si Praja. Namun, inovasi pelayanan tidak hanya tentang digitalisasi, melainkan juga melibatkan masyarakat dalam proses pelayanan itu sendiri,” jelas Lailul.

Baca juga: Dalam Kurun Waktu 2,5 Tahun, Wakil Rektor 1 Umsida Berhasil Menjadi Guru besar

Manfaat Buku bagi Mahasiswa dan Masyarakat

Buku ini tidak hanya menjadi referensi akademik, tetapi juga panduan praktis bagi masyarakat yang ingin memahami dan terlibat dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Dengan memahami konsep-konsep yang dijelaskan dalam buku ini, pembaca dapat berkontribusi dalam menciptakan pelayanan yang lebih efektif dan efisien.

Peluncuran buku ini sekaligus menunjukkan komitmen Umsida dalam mendukung literasi akademik dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut, buku ini dapat diakses melalui press.umsida.ac.id atau simak perbincangan mereka dalam chanel youtube Umsida Library.

Dengan hadirnya buku ini, diharapkan mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum dapat lebih memahami pentingnya manajemen dan inovasi dalam pelayanan publik, sehingga mampu menciptakan perubahan positif di berbagai sektor.

Penulis: Rani Syahda

Berita Terkini

SDGs Center Umsida
SDGs Center Umsida Dorong Hilirisasi Riset untuk Pembangunan Berkelanjutan Jawa Timur
November 20, 2025By
Apresiasi sekolah partnership Umsida
Umsida Beri Apresiasi untuk Sekolah Partnership yang Berkontribusi dalam Penerimaan Mahasiswa Baru
November 20, 2025By
kick off penerimaan mahasiswa baru Umsida 4_11zon
Umsida Resmi Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2026/2027
November 19, 2025By
magister ilmu komunikasi Umsida 1
Launching Magister Ilmu Komunikasi Umsida, Pendaftaran Sudah Dibuka!
October 28, 2025By
muhammadiyah
Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 2026 pada 18 Februari
October 23, 2025By
S2 Ilmu Komunikasi Umsida
S2 Ilmu Komunikasi Umsida Sudah Buka, Siap Cetak Pakar New Media
October 13, 2025By
prodi sains data
Umsida Resmi Buka S1 Sains Data, Siap Buka Peluang Data Analyst
October 11, 2025By
pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By

Riset & Inovasi

abdimas Umsidaa desa Gendro 5
Petani dan Peternak Desa Gendro Lebih Maju dengan Pendampingan Umsida
November 14, 2025By
posyandu remaja
Umsida dan Umla Gelar Posyandu Remaja, Pasar Gizi, dan Pencatatan Digital Kohort di Balungtawun Lamongan
November 11, 2025By
Science Techno Park Desa Gendro 2
Desa Gendro Jadi Prototipe Science Techno Park Pertanian Inovatif oleh Dosen Umsida
November 10, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
Program Action FPIP Umsida
Action, Abdimas Gagasan Mahasiswa FPIP Umsida yang Pedulikan Pendidikan Anak Desa
November 1, 2025By

Prestasi

mahasiswa lolos 3 pendanaan besar
3 Pendanaan Besar Antarkan Mahasiswa Ini Jadi Wisudawan Berprestasi
November 22, 2025By
pesan menyentuh wisudawan
Dari Jerih Payah Sang Bunda, Tumbuh Wisudawan Umsida yang Pantang Menyerah
November 17, 2025By
Riset dan Abdimas Umsida raih klaster mandiri
Riset dan Abdimas Umsida Masuk Klaster Tertinggi Perguruan Tinggi Nasional 2026
November 13, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
inovasi laboran MIK Umsida
Inovasi Augmented Reality Laboran MIK Umsida Antarkan Prestasi Gemilang
October 28, 2025By